/ -->

Kegiatan Saat Puasa di Rumah Aja

Konten [Tampil]
Kegiatan Saat Puasa di Rumah Aja



Kegiatan Saat Puasa di Rumah Aja - Apa yang saya lakukan saat puasa di rumah aja? Tentunya tidak setiap hari di rumah aja. 

Ada hari-hari dimana waktunya cukup di rumah saja. Seperti hari minggu. Saya memanfaatkan waktu meskipun di rumah aja. 

Ya kadang ada orang yang bosan dengan rutinitas di rumah. Kalau saya justru betah banget kalau berada di rumah. Soalnya kayak mengisi energi gitu. 

Bisa kebayang kalau di luar rumah sapa orang banyak tanpa ada me time buat sendiri fiuh.. Capek banget heheh.


Oh iya apa saja yang saya lakukaan saat puasa di rumah aja?

1. Saya menyuci pakaian hingga beres-beres rumah. Menyuci baju dimulai pagi hari biasnaya jam 7 pagi. Soalnya jam 5:30-07:00 WIB ikutan kajian online kayak kuliah subuh selama ramadan. Pembicaranya itu setiap hari berbeda-beda banyak insight yang bisa didapatkan. Swmoga bisa selalu di aplikasikan. 

2. Belanja ke pasar untuk beli kebutuhan buka puasa nanti. Belanja di pasar tumpah. Gak jauh dari rumah. Jadi jalan kaki. Biasanya beli ikan tongkol buat kucing hingga sayuran buat di masak. Kadang gak di masak juga soalnya suka beli ke warteg. Paling beli wortel di makan mentah atau brokoli di kukus diyambah tahu kukus dan kecap rasanya enak banget.

3. Baca buku. Kalau bulan puasa saya khususkan baca buku shirah nabawiyah judulnya mentari kasih sayang dari penulis Turki udah diterjemahkan. Bukunya bagus menurutku. Saat di bab awal aja ada part yang bikin saya nangis. Ketika Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam ke Thaif. 

Tak disangka warga Thaif menolak kedatangan Nabi Shalallahu 'alaihi wasalam. Mereka melempar batu hingga darh suci beliau keluat dari wajahnya. 

Jadi  malaikat Jibril turun dan malaikat penjaga dua gunung pun  tidak tega melihat Rasulullah diperlakukan seperti itu. Tapi Rasulullah tidak membalas dengan keburukan. Doa beliau sangat indah. Ya allah ku mengadu atas lemahnya diriku... masya allah pengin nangis jadinya. 

4. Tadarus. Baca Alquran biasanya dilakukan selepas salat. Baca Alquran sembari di baca artinya. Tapi, beuntungnya saya sudh belajar yamyiz metode menerjemahkan Alquran. Jadi kalau baca alquran itu ada beberapa ayat uang bikin air mata turun betapa luasnya kasih sayang Allah terhadap manusia. Allah itu sangat membela manusia dan snagat memuliakan manusia. 

Tahukan pas Nabi Adam As diciptakan Allah memerintah semua mahluk untuk beesujud kecuali Iblis. Dia enggan. Dia merasa bahwa dia sudah banyak pahalanya karena beribadah selama ribuan tahun. 

Nabi Adam As, manusia pertama yang baru diciptakan Allah. Mungkin iblis hanya melihat kacamata dzohir saja. Padahal Allah sematkan unsur-unsur manusia diantaranya jasad, ruh, nafsu, nafs, lathoif, sir, nur, dzat, akal, qalbu,  dan akal. Berasa merinding ketika ayat demi ayat di baca dipahami di tadaburi. 

5. Ikut webinar. Webinar online yang berkaitan dengan digital marketing. Waktu webinar sesudah tarawih jam 8 malam hingga jam 09:30 wib. 

6. Melihat performa blog dengan cek Google Search Console maupun Google Analytic

7. Membaca berita hari ini. Suka lihat berita kabar terbaru hari ini apa. Lihat di media online seperti Tempo dan Kompas.

8. Tidur siang sebelum salat dzuhur. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam menganjurkan tidur siang. Minimal 15 menit sebelum salat dzuhur. Biar tidak pusing. Karena ada banyak manfaat saat tidur siang walaupun hanya sebentar.

9. Membuat konten untuk Pinterest dan Instagram. Berhubung konten di Pinterest berkembang dan bertumbuh, saya lebih fokus mengembangkan konten di Pinterest. Kalau di Instagram interaksinya tidak seperti di Pinterest. . Saya merasa cocok konten di Pintersest. Karena orang-orang mencari ide dan hal-hal baru di sana. Pinterest saya Linimasaade.


10. Dan lainnya

Itu sebagian besar kegiatan yang saya lakukan saat bulan puasa meskipun di rumah. Tidak jadi bosen pokoknya harus produktif walaupun di hari libur. 

Saat menjelang berbuka puasa, biasanya lihat Kajian live streaming yang ada. Sampai nunggu bedug. Malamnya ya buka puasa tarawih tadarus hingga tidur. 

0 Response to "Kegiatan Saat Puasa di Rumah Aja"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^