/ -->

51 Panggilan Paman Bibi Berbagai Bahasa Daerah dan Dunia

Konten [Tampil]
51 Panggilan Paman Bibi Berbagai Bahasa




51 Panggilan Paman Bibi Berbagai Bahasa Daerah dan Dunia - Panggilan atau sebutan dari berbagai dunia itu unik-unik ya. Postingan sebelumnya mengenai panggilan Ayah dan Ibu di dunia Ada beberapa negara hampir sama dalam penyebutannya. Misalnya Norwegia, Spanyol dan Portugal. 

Kesamaan itu dari beberapa aspek salah satunya saat penjelajahan ke berbagai penjuru dunia bawa bahasa, kultur dan lain-lain. Kaya keanekaragaman. 

Setelah membuat postingan tentang panggilan ayah dan ibu, penasaran juga dengan panggilan bibi dan paman di berbagai daerah di indonesia hingga mancanegara. Bagi teman Linimasaade penasaran juga, silakan cek dibawah ya.

 
No Nama Bahasa Paman Bibi
1 Sunda Amang Bibi/Ateu
2 Betawi Encang Encing
3 Jawa Pak Le Bu Lek
4 Batak Tulang Nantulang
5 Sasak (NTB) Tuak Saik
6 Aceh Pak Cut Mak Cut
7 Bali Iwa/Ajung Iwa Iwa/Byang Iwa
8 Bugis Unda/Amure Bonda/Inaure
9 Lampung Kemaman/Mamak Keminan/Minan
10 Melayu Bapa Saudare Ibu Saudare
11 Madura Anom Nyannyah
12 Makassar Purina Purina
13 Manado Tua' Tua'
14 Minang Pak Uo/Pak Etek Mak Uo/Mak Etek
15 Papua Om Tante
16 Jepang Oji Oba
17 Cina Shu shu ayi
18 Belanda Oom Tante
19 Turki Amca (Amja) Hala
20 Portugis Tio Tia
21 Hindi Chaachee Chaacha
22 Vietnam Chú 
23 Malaysia/Melayu Bapak Emak
24 Thailand ลุง Lung ป้า P̂ā
25 Serbia Otac Majka
26 Belarusia бацька baćka маці maci
27 Spanyol Tio Tia
28 Rusia дядя dyadya тетя tetya
30 Filipina Tiyo Tiya
31 Prancis Oncle Tante
32 Georgia ბიძა bidza დეიდა deida
33 Serbia ујак ujak тетка tetka
34 Italia Zio Zia
35 Korea 숙부 Sugbu 이모 imo
36 Persia عمو عمه
37 Bulgaria чичо chicho леля lelya
38 Ceko strýc teta
39 Polandia wujek ciotka
40 Jerman Oom Tante
41 Swedia Farbror Moster
42 Norwegia Onkel Tante
43 Arab اخو الام عمة
44 Swahili Mjomba Shangazi
45 Denmark Onkel Tante
46 Indonesia Om Tante
47 Finlandia setä täti
48 Rumania unchiul mătuşă
49 Ukrania дядько dyadʹko тітка titka
50 Yunani θείος θεία
51 Hungaria nagybácsi néni
52 Lituania dėdė teta
53 Somalia adeer Eedo

Gimana teman Linimasaade setelah mengethaui panggilan bibi dan paman dari berbagai daerah hingga dunia? Unik-unik ya. 

Nah yang bikin kaget ternyata tante itu bukan hanya dari Indonesia saja ternyata beberapa negara seperti Belanda, Denmark dan Jerman juga menggunakan kata Tante.

Favorit nomor berapa nih? Kalau punya keponakan boleh dong yaa panggilannya agak beda. Pakai bahasa negera lain. 

9 Responses to "51 Panggilan Paman Bibi Berbagai Bahasa Daerah dan Dunia"

  1. Nyari panggilan "bibi" dalam bahasa Palembang nggak ada haha. Di sini penyebutannya cukup banyak. Paling sering dipake itu bicik (bibi kecik/bibi kecil). Kalau bibi besar/tua, biasanya dipanggil wakcak (uwak besak/uwak besar).

    Cuma ada juga panggilan jujuk/bibi kecil tapi ini dia bungsu di keluarga. Menarik sih ya emang keberagaman bahasa ini :)

    ReplyDelete
  2. Orang Indonesia manggil paman dan bibinya sebagai oom dan tante karena kelamaan dijajah Belanda. Niru-niru Belanda manggil oom dan tante, maka jadi keterusan setelah merdeka pun tetep panggil oom dan tante.

    ReplyDelete
  3. Aku membiasakan pakai budhe dan pakpoh juga kok kak hehehee.

    Tapi ada juga yang dipanggilnya tante dan om.

    Kalo di keluarga besar ibu dan bapak beda. Orang madura masih pakai bibik atau rama

    ReplyDelete
  4. Lha oom dan tante tu dari Belanda. Kalau di Madura emang Anom dan Nyanynyah. Aku biasa panggil om dan bibiku dengan sebutan itu di Madura. Keberagaman itu unik ya.

    ReplyDelete
  5. Aku tadi mikir, panggilan "paman" di Jawa kok Pak Le yaa..?
    Hihi~
    Baru inget, ternyata Paklek, karena orang Jawa tuh pada medhok gitu..

    Dan kaget pas baca Bahasa Jerman, kok familiar yah..

    ReplyDelete
  6. Favorit saya jepang sama italia karena suka banget sama dua negara tersebut, eh pelafalannya jg mirip ya dua negara ini .. kalo di keluarga saya pake panggilan om tante pake de bu de atau paklik bulik..

    ReplyDelete
  7. kirain bakal ada bahasa Banjar ternyata nggak ada. Kalau bahasa Banjar paman dan bibi dipanggil amang dan acil. Nah kalau paman bahasa korea kukira Samchon tapi kayaknya ada panggilan lain ya?

    ReplyDelete
  8. Wahhh ternyata banyak banget yaa, bahasa di dunia ini memang unik-unik dalam menyebutkan sebuah panggilan.. Paling enak emang bahasa jawa sih Pak Le dan Buk Le.. xixi

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata onkel itu bahasa Norwegia ya? Sering denger tuh di keluarga-keluarga yang kekinian, nyebut paman as onkel.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^