/ -->

Panduan Membuat Blog Untuk Pemula Khusus Blogger

Panduan Membuat Blog Untuk Pemula Khusus Blogger- Sebetulnya saya malu harus membahas tentang membuat blog. Kenapa? Karena ilmu saya masih minim banget. Berhubung semakin majunya teknologi, semakin berminatnya orang membuat blog pribadi. Tak jarang mereka sulit darimana harus memulai. Mungkin setidaknya saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi bagaimana perjalanan menbuat blog hingga seperti ini.

Membuat Akun Email

Mungkin sebagian orang membuat akun gmail adalah hal mudah, tetapi sebagian orang lagi sulit bagaimana cara membuat akun gmail di komputer atau di hp. 

Sebelum membuat akun gmail, alangkah lebih baik mengetahui pengertian email. Email merupakan kepanjangan dari electronic-mail jadi disingkat email. 
Menurut kbbi surat elektronik disingkat menjadi surel. 

Untuk mendapatkan akun gmail, cukup membuat akun Gmail di websitenya. 

Memilih Niche Blog

Saat terjun ke dunia blog, pilihlah salah satu Niche yang ingin kamu buat di blog. Blog Linimasaade nichenya gado-gado mungkin kedepannya di fokuskan lagi ke lifestyle blogger meskipun lifestyle banyak turunannya. 

Contohnya bila kamu membuat blog ingin fokus ke tanaman hias atau dekorasi maka bisa ambil dengan nama area tanaman.blogspot.com atau sivadekorasi.blogspot.com. Namanya bebas. 

Perlu diingat saat memilih terjun ke dunia blog, tidak serta Merta asal-asalan pasti ujung-ujungnya ingin menjadi Profesional. 

Daftar Blog di Blogger

Setelah daftar email, tentunya kamu sudah melangkah satu kedepan untuk membuat blog sendiri secara gratis.

Daftar blog kamu perlu ke website www.blogger.com
Pilih sign in (karena sudah punya email)
Masukkan email dan password yang sudah dibuat.
Setelah itu selamat kamu sudah masuk ke dashboard blogger Setelah itu ngapain lagi?

Jika tujuan blog jangka panjang, maka pilihlah nama blog yang keliatan aku banget gitu biar beda sama yang lain. Jika tujuan ngeblog jangka panjang, saat itu juga buat blog sekaligus ganti menjadi domain menjadi  namablogkamu.com (ini hanya contoh) bukan namawebsitekamu.blogspot.com. Kenapa sih pemula harus beli domain dulu tidak langsung nulis aja? 

Sesuai pengalaman nih ya ternyata kerja dua kali itu capek. Mendingan ketika memulai blog, udah diberikan petunjuk bangun pondasi dulu agar kedepannya tinggal menulis belajar menulis konsistennya dan belajar teknik yang perlu-perlu aja. 

Terus caranya bagaimana agar blognya ada . com di belakangnya? Untuk mendapatkan tld .com tidak didapatkan cuma-cuma ya. Awal-awal harus mengeluarkan biaya untuk domain. Tidak perlu pusing, jika kamu fokus, pasti job blogger akan menghampiri.  

Jika berniat ingin mengganti menjadi .com, Linimasaade menggunakan provider dari Exabytes seharga Rp.89000/ tahun. Bagi teman-teman yang ingin menggunakan Exabytes boleh  klik disini menggunakan link referal. Enggak tahu sekarang berapa mungkin naik sedikit. 

Mengganti Template 

Mengganti template dalam arti bukan ganti template dari bawaan blogger. Secara template di blogger  kurang mendukung mobile. Maka carilah template yang mobile friendly. Penggunaan perangkat kebanyakan pengguna smartphone dengan operating System Android.

Bagaimana caranya agar dapat template dengan tampilan bagus  tapi gratis? Tidak perlu khawatir cukup download di Gooyabi template atau themexpose atau di Sora template secara gratis. Ingin template Premium rekomendasi beli di Sugeng id, igniel, arlina, dan dunia blanter.

Untuk rekomendasi template, saya tidak di endorse. Benar-benar murni. Sebab, Blogger menyukai template yang saya sebutkan diatas. Dari segi harga, seo friendly memudahkan banget. 

Sebelum ganti template, hapus-hapusin dulu widget alay bawan dari Blogger hehe. Soalnya nanti dapat mengganggu kecepatan website. Ya sebutuhnya ada kalau widget. Biasanya untuk peletakan adsense, afliate, label, arsip blog. 3 juga cukup. Jangan semuanya dipasangin. Pengunjung itu hanya butuh konten artikel bukan melihat widget yang bagus unyu-unyu. 

Saat pertama kali buat blog, dengan bangganya mempunya javascript cctv dan salju turun wkwk. Kalau sekarang dipikir-pikir ngapain juga gitu. Ya sekarang tampilan blog Linimasaade agak rapi. Balik lagi ke laptop jadi curhat kan. 

Daftar Google Analytics

Sempat bertanya-bertanya Google Analytics dan GSC dulu? Sepengalaman saya dalam dunia blog dan mengikuti beberapa course, kebanyakan menyarankan Google Analytics dulu. 

Nah berhubung baca ngeblog untuk pemula di Linimasaade, jadi ikuti step by stepnya ya. Karena setiap yang saya tuliskan tidak ada maksud menipu. Hanya berbagi agar mudah diaplikasikan. Karena tulisan ngeblog ini iatilah cara cepat hihi biar tidak cari artikel sana sini. Saat membuat blog Linimasaade, ada perjalanananya juga. Bagaimana pengalaman ngeblog dari nol hingga sekarang.

Langsung daftar ke Google Analytics dengan email yang sudah dibuat ya. Jangan sampai lupa. 

Daftar Google Search Console

Dulu GSC dikenal dengan nama Google Webmaster. Nah namanya sekarang jadi Google Search Console. Kenapa harus menggunakan Google Search Console padahal saya kan baru memulai ngeblog. Kenapa harus direpotkan dengan hal teknikal? 



0 Response to "Panduan Membuat Blog Untuk Pemula Khusus Blogger"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^