/ -->

13 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membuat Website

Konten [Tampil]
13 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membuat Website



13 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membuat Website - Di era sekarang segalanya melakukan aktivitas serba digital. Apapun dan siapaun latar belakang profesimu baik itu fotografer, umkm, make up artist, Blogger, dan jenis profesi lainnya lebih memilih meluaskan pengunjung secara daring/online. Pada dasarnya membawa kesuksesan yang lebih. Untuk memikat pengunjung melalui mesin pencari tidak lain harus mempunyai website. Jika kamu ingin memulai, alangkah baiknya mencari tahu bagaimana cara membuat website yang benar. 

Seseorang bijak mengatakaan bahwa persiapan yang tepat mencegah kinerja yang buruk. Memang benar kalau mau melakukan suatu hal pasti membutuhkan persiapan. Seperti persiapan membuat website. Gak tiba-tiba sat-set-set jadi. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website. simak baik-baik ya agar tidak ketinggalam informasinya.


Hal Penting yang Perlu dipertimbangkan dalam Membuat Website


1. Tujuan Membuat Website

Dalam membuat website, yang perlu ditanyakan adalah apa tujuannya membuat website? Misalnya bisnis kamu ingin punya website. Apakah hanya menampilkan galeri, profil com perusahaan atau hanya produk saja? Pastikan tujuannya harus jelas tidak membuat bingung melangkah selanjutnya. Contohnya lagi kalau Blogger tujuannya membuat konten artikel. Maka setelah tahu tujuannya akan terarah. 

2. Nama Domain

Nama domain dikenal sebagai alamat situs. Pastikan ejaannya mudah diingat, hindari kata yang mengandung sara, merk hak dagang, hindari angka simbol. Pastikan sesingkat mungkin. Makin pendek makin mudah diingat. 

Agar pengujung mudah mengetikkan nama domain di mesin pencari. Selain itu pastikan domainnya pakai ekstensi top level domain yang dikenal dengan tld domain. Tld domain banyak macam. Mungkin saran gunakan .com atau .id. contohnya seperti apaaja.com.

3. Seo Friendly

Seo kepanjangan dari Search engine optimazation. Bahkan sekarang orang-orang lebih suka menyebutnya search experience optimazation. Seo sangat membantu agar website terindeks dan terlihat oleh pengguna. Bayangkan, di internet setiap hari bermunculan website baru dan jumlahnya setiap bulan bahkan setiap tahun akan terus bertambah . 

Makanya manfaatkan seo untuk menjadi di halaman pertama mesin pencari. Mengoptimasi Seo tidak mudah. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Seo lebih mengacu pada pemilihan kata kunci, Websitenya tidak loading, optimalkan code websitenya, Menggunakan SSL, internal link, sitemap, gsc, GA, websitenya yang mobile friendly artinya bisa digunakan diperangkat smarphone. dan lain-lainnya. 

4. Keamanan 

Keamanan di dunia online sangatlah penting apalagi membuat website. Pastikan dalam memilih provider selalu tanyakan apakah menggunakan ssl atau tidak dan selalu waspada terhadap kejahatan di internet. 

5. Branding 

Coba tengok website-website yang sudah punya nama. Apapun yang mereka jual pembeli akan  mengantri untuk mendapatkan produknya. Branding sangat penting untuk bisnis apalagi dalam membuat website. Ketika sudah punya branding, Orang-orang saat mencari produ cukup ketik di mesin pencari. Bukan hanya branding saja tetapi loyalitas dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan. 

Bagaimana sih cara website yang sudah dibuat lebih telihat "aku banget". Yaitu pemilihan warna, font yang akan dipakai, favicon, dan logo. Desain itu penting banget dalam website. 

6. Teknologi yang digunakan

Setelah mengetahui tujuan dan nama domain, pastikan memilih teknologi atau platform apa yang akan digunakan. Kalau gratis hostingnya pakai Blogger, tapi kalau ingin menyewa hosting, gunakan wordpress, jooomla, drupal dan platform lain yang mendukung pembutan website.

7. Konten

Konten sangat penting karena memberikan informasi kepada pengguna. Untuk membuat konten, biasanya berupa artikel yang berkaitan dengan bisnis atau informasi produk. Contohnya menjual tas, maka untuk konten bisa membuat cara memilih tas kw atau tas asli, nama-nama bahan tas dan lain sebagainya. 

8. Audiens

Dalam pembuatan website, pastikan target audiensmu tepat. Jangan sampai berpikiran ah aku mau jangkau kesemua segmentasi. boleh aja tapi yang  baik lebih spesifik targetkan secara geografis atau demografiny ya. 


9. Mudah digunakan/ Usebility

Saya pernah melihat website yang tampilannya tidak ramah banget buat mata., Dari segi font, warna hingga tata letaknya tidak beraturan. Contoh seperti website dari negara Norwegia.


contoh website yang buruk
Screenshot pribadi

Gimana setelah melihat tampilan yang gak mendukung kemudahan bagi penggunaya. Dipastikan langsung enyah dari situs tersebut. Tapi, uniknya website ini masih eksis sampai sekarang. Dulu saat di bangku kuliah, website ini jadi contoh hehehe. Maka dari itu, penting banget untuk memntingkan desain, tampilannya, warna yang senada, navigasi menu, search bar dan bahkan kontaknya untuk memudahkan. Benar gak? 

11. Link Media Sosial

Biasanya dibagian bawah artikel suka ada tombol media sosial. Nah itu maksudnya memudahkan pengguna untuk membagikan konten ke berbagai sosial media. bisa juga sebelum membuat website, punya sosial media official terlebih dahulu. saling melengkapi. 

12. Pemeliharaan Website

Membuat website sudah, tapi pemeliharaannya membutuhkan usaha yang ekstra. Setiap tahun misalnya selalu membayar domain maupun hosting. Pemeliharaan disini dalam arti datanya segala teknik-teknik dan perintilannya. Jangan sampai kita lupa memperpanjang domain eh domainnya malah kadaluarsa.

13. Pasang Google Search console dan Google Analytic

Yang terakhir paling penting karena kita bisa tahu data mulai dari pengguna hingga pageview. Sangat membantu banget untuk mengukur performa. Apalagi kalau jualan bisat di set dari pengunjung yang sekina yang checkout produk berapa. Enak bangetkan? Soalnya ini gratis lho. 

14. Gunakan Jasa Pembuat Website

Gak perlu pusing-pusing sekarang membuat website dari nol, tinggal kontak jasanya mudah. Seperti Desty app melayani pembuatan website sesuai yang kamu inginkan. 


Apakah Punya Saran Lain? Gimana teman Linimasaade, Sekarang gak khawatir lagi kan membuat website. Buat yang gak mau ambil pusing buat website, gunakan jasa pembuat website yang tepercaya dari segi harga, pengalaman dan teknis sangat mendukung untuk performa website.  


0 Response to "13 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membuat Website "

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^