/ -->

Begini Cara Menulis Artikel SEO Bagi Blogger

Konten [Tampil]
Begini Cara Menulis Artikel SEO Bagi Blogger



Begini Cara Menulis Artikel SEO Bagi Blogger- Menulis memang suatu kegiatan yang menyenangkan bukan? Ada sebagian yang menyebut ya dan tidak. Tergantung hihi. 

Awal-awal saya menulis artikel di blog, asal tulis aja. Yang penting tulisannya jadi mau berapa kata juga terserah. Ternyata apa yang terjadi? Tulisan yang saya tulisan minim pembaca. Saya pun bertanya-tanya kenapa tulisannya tidak dibaca padahal sudah di publikasi agak lama. 

Ternyata saya tidak menerapkan kaidah penulisan artikel seo. Beda menulis biasa seperti di buku free writing dengan menulis di dunia digital.  Jadi, apa yang harus saya lakukan dan bagaimana caranya agar artikel yang di publikasi banjir trafik. 

Disclaimer dulu ya. Ilmu seo itu sangat luas, mungkin apa yang saya paparkan ini hanya sebagian kecil saja. Jadi, jika ada sudut pandang yang berbeda, saling menasihati bukan saling menghujat ya. Terima kasih.

Apa itu SEO ?

Kalian pernah dengar kata seo? Untuk para penggiat internet, tidaklah asing dengan kata seo. Apakah Anyeongseo? Hehehe bukan itu sapaan Korea. Seo merupakan singkatan dari Search  engine optimization atau sering kita singkat menjadi Seo. 

Seo ini merupakan mesin pencari yang di optimasi. Kita bisa cari apa saja dengan menggunakan mesin pencari. 

Apa gunanya seo? banyak sekali gunanya salah satunya agar artikel yang kita buat bisa menjadi terdepan di halaman google. Kebanyakan orang mengoptimasi artikel dengan seo. 

Kenapa SEO sangat penting bagi Blogger?

Ada yang ingin menjawab tidak penting? Kurasa semua akan jawab kompak sangat penting.  Pertama dari biaya Seo itu gratis. Kedua dengan menggunakan Seo akan mendapatkan trafik organik. Ketiga baik untuk blog kita karena website mudah terindeks oleh mesin pencari selain dengan menggunakan seo membangun brand awareness dan kepercayaan. 

Nah jadi sekarang sudah paham bukan? Masih belum? baik dijelaskan lagi cara gampangnya begini bayangkan Seo itu seorang wanita/ lelaki. Bagaimana agar hati wanita/ pria bisa kita miliki? Caranya banyak cara. Atau analoginya seperti ke restoran. Sebenarnya istilah itu banyak dan tidak akan bisa habis dibahas dari waktu ke waktu.

Hanya yang saya tahu mengenai Seo yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang blog dengan Seo on page dan Seo Off page. Kalau yang teknik-teknik lain biarkan saja hanya sebatas wawasan bagi saya pribadi.  Terus hubungannya tulis artikel dengan Seo apa? 

Ada hubungannya untuk menulis artikel Seo istilahnya namanya Seo on page. Kita optimasi artikel dengan rumus-rumus Seo untuk artikel. Mulai dari riset kata kunci, berapa kata minimal artikelnya, judul, meta deskripsi, foto, permalink, 

Struktur artikel SEO yang perlu kamu ketahui

Berdasarkan struktur artikel seo bersifat teknis dan artikel konten. Sebelum ke struktur, pastikan sudah setting tag robot khusus pada Blogger. 


Struktur artikel Seo On Page 

Keyword/ Kata kunci yang tepat

Menulis dulu atau mencari keyword dulu? Kedua-duanya boleh saja. Tapi, saya lebih memilih kata kunci mana yang akan saya jadikan kunci utama. 

Kalau mencari keyword, saya tidak mencari volume yang besar-besar banget, karena tahu kan ya pesainganya bukan hanya Blogger aja sekarang portal-portal berita online. Cara menghitungnya dengan golden ratio apa hayo? 

Berdasarkan jenis keyword  sesuai tujuan dari pengguna(user)

1. Information keyword contoh keywordnya teknik seo footprint
2. Transaction keyword contohnya jual sepeda lipat
3. Navigation keyword contohnya Daftar Google Analytics

Terus cara mencari keyword menggunakan Tools apa? Bisa pakai Ubersuggest, Ahrefs, Google itu sendiri, Google Trends, KW Suffer, KW Finder dan lain sebagainya. 

Biasanya sebagian besar Blogger menggunakan information keyword. Untuk meletakan kata kunci sebaiknya ada di judul, awal paragraf, subheading dan akhir paragraf.


Page Title/ Judul  

Salah utama seo adalah page title/judul. Pada bagian page title, kita fokus pada kata kunci yang kita bidik misalnya tentang hosting. 

Dalam Dalam page title kita harus fokus pada keyword yang di bidik kemudian penyebutan keyword pada paragraf pertama. 

Yang perlu kalian tahu, setidaknya batasan untuk page title sekitar 60 karakter. Itu salah satu pengalaman dari Linimasaade. Format penulisan judul kata kunci+kata penjelas. Pastikan judulnya unik beda dari yang lain. Judul bukan asal judul tapi bisa menjadi solusi bagi pengguna. 

Kalau diluar sana ada plugin-plugin untuk melihat judul artikel yang dibuat sesuai dengan tampilan serp agar tidak ada titiknya. Nah kebetulan saya menggunakan web serp generator silakan cari di mesin pencari gratis kok.

Struktur konten artikel ada Heading

Jangan lupa dalam menerapkan judul harus punya Heading 1. Heading 1 tidak lain judul artikel itu sendiri. Selain itu ada Sub-judul H2, H3 sampai heading 6. Tapi kebanyakan sampai Heading 3. 

Meta Description? Deskripsi 

Kalau meta description bagaimana? Sama saja harus fokus sama keyword yang dibidik dan tidak kurang tidak lebih penambahan deskripsinya sebanyak 150 karakter di Blogger.

100 Kata Pertama

Maksudnya gimana? Menulis paragraf pertama dengan memasukan kata kunci utama yang dibidik. Jangan semuanya keyword isinya. Gak boleh. Seenak dibaca aja. 

Permalink 

Untuk permalink, usahakan linknya mengandung kata kunci. Kadang judulnya panjang suka kepotong otomatis. Minimal 3 atau 5 kata.

Maka custom sendiri.  Misalnya judul artikel 30 Dekorasi kamar Korea Aesthethic Kekininan permalinknya menjadi linimasaade/dekorasi-kamar-korea-aesthetic. 

Kalau prinsip saya kata kuncinya diawal. Pastikan url bersifat human-readable dan simple.

Ada Internal Link dan Outbound Link 

Suka baca artikel dalam artikelnya ada warna teks tertentu. Misalnya nih saya sedang buat artikel tentang seo maka saya akan mengaitkan lagi dengan artikel yang sama dengan artikel sebelumnya tentang seo. Itulah yang dinamakan internal link. Link antar artikel yang sama pembahasannya. Kalau outbound Link, lebih ke link ke luar. 

Contoh dalam artikel saya belum ada yang bahas tentang hosting, maka saya akan menautkan  kata hosting ke salah website luar sebagai rujukan. 

Atau menulis ulang kalimat dari artikel lain serta menyertakan sumbernya link itu sendiri. 

Boleh gak dalam artikel tidak ada internal link? Sebaiknya ada walaupun 1 nanti akibatkan jadi article page orphan alias tidak punya internal link. 

Gunakan Alt Tags  dalam Gambar 

Biasanya saat upload gambar di Blogger, suka ada tulisan alt text ya. Alt text kepanjangan dari Alternative Text. Jangan lupa isi dengan judul atau kata kunci. Pastikan mengandung keyword.

Jangan plagiat

Jangan sampai artikel yang dibuat plagiat. Sebelum publikasi, saya cek artikel di https://1text.com apakah plagiat atau tidak. Kalau 100% berarti murni tidak plagiat. Kalau  plagiat, biasanya ada link sumber lain bahwa ada beberapa tulisan yang sama persis. Untuk cek artikel maksimal 1000 kata di situsnya.

Artikel minimal 500 kata maksimal 2000 kata

Seo on page tidak akan bisa digunakan tanpa ada artikel. Setelah semuanya siap, saatnya menulis kata kunci yang sudah di bidik tadi. Ini kan versi saya mengenai artikel minima 500 kata dan 2000 kata. Soalnya dilihat dari data, kebanyakan artikel yang muncul di Google 500 kata keatas.


Nah begitu kira-kira cara menulis artikel seo. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau menambahkan, dengan senang hati saya terima. Di kolom komentar ya. 
 







42 Responses to "Begini Cara Menulis Artikel SEO Bagi Blogger"

  1. Secara definitif, SEO itu kayaknya gampang banget ya. Tapi begitu terjun, owalah ternyata lumayan ruwet juga dan mesti trial & error.
    Aku akhirnya berencana ngambil kelas SEO biar bisa belajar lebih dalem lagi masalah SEO ini.

    Makasih yaa, lumayan dapet banyak pencerahan dari post ini.

    ReplyDelete
  2. Menerapkan SEO kedalam sebuah konten artikel yang ada di blog memang bisa membawa keuntungan yang bagus, apalagi jika konten tersebut dikolaborasikan lagi dengan konten evergreen yang selamanya akan selalu ada dan dibutuhkan oleh orang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menerapkan SEO dalam artikel sangat penting ya Mas.

      Delete
  3. Untuk yang alt tag di gambar itu sebelumnya udah pernah denger. Tapi sekarang jadi lebih paham setelah membaca paparanmu mbak.

    Saat ini saya juga lagi latihan untuk menulis menggunakan kaedah SEO On Page tanpa mengurangi keterbacaannya bagi pengunjung blog saya.

    Thanks sharingnya ya.

    ReplyDelete
  4. walau sudah tahu dasarnya, tetap saja membaca ini tuh penting. kayak mengulang lagi hafalan-hafalan penting. Hehehe. terbantu banget nih para blogger pemula yang baca artikelnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mengulang adalah hal yang penting ya Mbak.

      Delete
  5. Sekarang penulisan artikel blog otu sebaiknya minimal 500 kata ya. Nah, kan maksimal 2000 kata. Misalnya lebih, bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja mbak tapi pembacanya mau tidak baca lebih 2000 kata hehe.

      Delete
  6. Sudah sering banget dapat materi SEO tapi konsisten buat nerapinnya masih minim jadi aku masih tim suka2 hatiku dalam menulis hahaha padahal nagrep banget pengen tulisannya pejwan :p

    ReplyDelete
  7. Iya ya. SEO tu ilmu yang luas. Apa yang kita pahami belum sama dengan pemahaman orang lain. Makanya sering juga ya menemukan adanya perbedaan pendapat tentang SEO ini. Dan kita nggak harus mencari mana yang salah dan benar. Karena masing-masing bisa jadi benar untuk ruang lingkupnya sendiri.

    ReplyDelete
  8. Mini-fact mengenai SEO yang harus blogger ketahui.
    Rekues bikin artikel serupa yaa, kak Ade.
    kalau disuapin dikit-dikit begini, aku jadi bisa langsung praktek saat menulis blog yang SEO friendly.

    ReplyDelete
  9. Wah, paparannya tentang seo enak banget dibaca. Saya pelan-pelan sudah mulai menerapkan kaidah ini semoga bisa mulai memetik hasil

    ReplyDelete
  10. Udah ngeblog sejak 2010-an tapi baru terjun ngulik SEO di 2020 kemarin soalnya gabut aja hihi.

    Ternyata emang banyak yg perlu dipelajari, tulisan2 lama saya masih terus dipermak biar SEO on page makin oke.

    ReplyDelete
  11. kalo sudah paham tentang seo ini banyak banget manfaatnya buat blog ya. Tapi utk pemula, susah2 gampang ya... Makasih infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dipaksakan untuk mendapatkan hasilnya mbak.

      Delete
  12. Terima kasih Mba, bermanfaat sekali artikelnya.. mau saya terapkan insyaAllah semoga berhasil hehe.. saya sudah beberapa kali ikut seminar-seminar SEO ini. Sudah coba dipraktikan, tp masih sepi juga..berarti harus lebih gigih nih usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak buat Targetan dicoba agar pas ujungnya berikan reward diri sendiri untuk ajak target selanjutnya heheh.

      Delete
  13. Makasih banget tipsnya Mba, lagi belajar konsisten menerapkan segala macam per SEO an kalau nulis, meski ya kadang memang nulis SEO itu jadi salah satu writer block juga hihihi.
    Tapi kalau dibiasain, lama-lama jadi terbiasa ya.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih tips2ny mba..saya lagi belajar menulis sesuai SEO terutama yg on page. Masih keteteran memilih keyword nih..haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk riset keyword pakai spreadsheet mbak dengan kolom keyword utama, volumenya, kompetitor ditulis juga dan target buat masuk Page one. Semoga berhasil.

      Delete
  15. Jadi diingatkan lagi nih kalau baca tentang Seo. Pingin sekali-sekali bisa sempatkan untuk optimasi Seo blog saya. Semoga bisa. Makasih tips nya, Mbak. Jadi makin tergambar tentang optimasi SEO

    ReplyDelete
  16. Lagi PR banget nih benerin template blogku mba. Judul artikel mosok ga masuk di H1 cobaaa... duh langsung mumet deh mau benerinnya hehehee

    ReplyDelete
  17. Ingin sekali bisa menerapkan SEO di setiap post, tapi kadang suka ada aja langkah yang terlewat, abis baca ini semoga bisa konsisten

    ReplyDelete
  18. Gampang-gampang susah menerapkan artikel SEO di blog inih. Butuh perjuangan dulu nyari keyword yang pas. Meski susunan udah benar tapi kalau keywordnya pencariannya sedikit susah juga dapat trafik, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau susah bisa pakai tools Kakak. Bisa juga dilihat dari data artikel yang paling banyak di lihat. Bisa dikembangkan lagi dengan keyword itu.

      Delete
  19. Aku masih belum ngerti yang heading. Gak bisa ngutak-atik codingnya nih. Kalau tips yang lain, udah dipraktekkin kadang-kadang. Nyari kw di google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heading itu judul artikel Mbak. Di buku seperti judul daftar isi ada judul dan sub-bab judul.

      Delete
  20. terima kasih mba, aku ijin save ya, soalnya selama ini cuma nulis aja, ga paham SEO2an aku tuh hahahaa

    ReplyDelete
  21. menerapkan SEO ini memang penting banget karena sangat membantu kita agar tulisan lebih dikenali oleh search engine.
    kalau menulis just for fun, dan masa bodoh mau dapat pembaca atau gak sih, tidak menerapkan SEO juga tak masalah :D

    ReplyDelete
  22. Kak Ade, kalau link keluar itu wajib kah kalau ingin terbaca bagus di SEO?
    Sama kadang galau melihat judul drama korea yang panjang. Jadi kudu di short kan atau gimana ya..?
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link ke luar optional Mbak Lendy kalau saya. Asal internal link wajib ada. Kalau judul harus disesuaikan dengan yang ada Mbak paling di bagi part-nya misalnya. Daftar pemain User not found lengkap

      Delete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^