/ -->

Semuanya Akan Berakhir 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Kajian

Konten [Tampil]
Semuanya Akan Berakhir 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Kajian



Semuanya Akan Berakhir 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Kajian - Bismillah izinkan saya resume materi yang saya dapat dari kajian Ustaz Syafiq  Riza Basalamah dengan judul kajian Semuanya akan Berakhir. Saya sangat suka kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Untuk itu, saya bagikan apa yang saya dapat. Semiga menjadi wasilah dan menjadi amal jariyah aamiin yaa rabb.

Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, jangan sampai mengalahkan kebesaran Allah Azza Wa Jalla. Tatkala melihat langit gelap hujan lagi aduh apa yang menghalangi kita untuk mengingat Allah? Semuanya akan berakhir akan sirna. 

Covid-19 akan berakhir semua javatan akan ada akhiran. Kenapa seperti itu? Karena Allah tidak menjadikan keabadiaj di bumi ini. Kullu nafsin dzaa iqotul maut. Semua akan merasakan mati. Semuanya akan mati. Barang siapa yang dijauhkan ke neraka dan di dekatkan surga maka akan sukses. 

Karir sebenarnya kebaiakn apa yang harus berlomba-lomba l. Manusia memandang keberuntungan itu harta, tahta secara materi. Contoh qorun dia berlimpah hartanya tapi dia tenggelam dengan segala hartanya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menggambarkan orang yanh paling senang tapi dia di celup satu celupab di neraka lalu di keluarkan. Apakah akan melihat kenyamanan pada diri? . Duni adalah kenikmatan yang menipu. 

Gunakan 5 perkara sebelum 5 perkara

5 perkara sebelum 5 perkara


1. Masa muda sebelum masa muda 

Gunakan masa muda dengan sebaik-baiknya. Dunia ini terlaknat kecuali bagi orang yang terlaknat. Masa muda adalah masa yang cemerlang. Maka manfaatkan waktu. Di hari kiamat ditanya masa mudamu di pakai apa. Jangan mau di tipu oleh iblis. Jangan bilang entar ajalah masih muda kok. Ibadahnya nanti kalau udah tua. Muda foya-foya. Padahal masa muda itu produktif. 7 Golongan yang mendapatkan naungan salah satunya adalah anak muda. 

2. Sehat sebelum datang sakit 

Sudah takdir ilahi. Tidak akan sehat terus-menerus. Semua ada masanya. Sakit itu penghapus dosa. Ketika usia 33 tahun sehat ketika ibadah haji pun kurang sempurna. Maka dari itu gunakan sebaik-baiknya kesehatan sekarang sebelum sakit. 

3. Masa kaya sebelum datang miskin 

Jangan menunda-nunda shodaqoh. Segerakan. Berinfaqlah dari apa yang sudah Allah berikan. Jangan bilang ini adalah usahaku dan keuletanku. Tanpa Allah kamu bukanlah siapa-siapa. 

Contoh qorun dia mengatakann "Aku yang usaha yang dapatkan.  Seksrang bagaimana nasibnya? Akibatnya qorun di tenggelamkan dengan hartanya.  Jangan nunggu kaya baru ingin berbagi. 

Para sahabat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam pun berlomba-lomba dalam kebaikan. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam memberikan doa Subhanallah walhamdulilah walaa ilaaha illallah Allahu akbar. Berapa banyak orang yang gigih? Yang kaya jangan tunggu kemiskinan. 

Yang kamu pakai, yang kamu shodaqohkan. Beramalah dengan harta. 

4. Masa luangmu sebelum datang waktu sibuk 

Manfaatkan waktu luang untuk yang bermanfaat di masa kamu menanti. Tapi, gunakan untuk beramal untuk dunia dan akhirat. Terkadang waktu luang untuk liburan kadang kala q lembar pun AlQur'an pun tidak dibuka. Masa luang ada yang dipakai main, nonton, dan lain sebagainya. Penuhi waktu menunggumu untuk istirahat. 

5. Masa hidupmu sebelum kematianmu 

Kematian tidak kenal umur. Jangan berpikir usia tua merupakan rawan kematian. Tidak. Swmua bisa mati tanpa pandang usia. Siapkan terus. Persiapkan hari menuju kematian. Ketika kematian datang,  keluargamu akan mengingatkan sebentar. 

Maka sebelum berakhir, perbaiki ibadah. Jika ibadahnya sudah baik, maka lebih baik lagi tingkatkn lagi amalan sebelum meninggalkan dunia ini. Persiapkan bekal. 

Pertanyaan tentang 5 Perkara Sebelum datang 5 Perkara


1. Salah satu golongan yang mendapatkam golongam naungan di surga adalah masa muda. Berapa batasan usianya? 


Masa muda dimulai dari baligh  -33 tahun. Pumya masa muda 40 tahun. Ada yang bertaubat usia 30 tahun tapi tumbuh fase muda. Masa kesempurnaan 40 tahun. Sebagian orang diisi umurnya untuk kemaksiatan sebagian lagi diisi dengan ketaatan. 

2. Apakah boleh mendoakan keburukan suka memperolok? 


Boleh aja. Akan tetapi tatkala mendapstkan kebaikan hidayah akan lebih indah. Allah tidak suka ucapan yang tidak baik kecuali orang yang di dzolimi. Semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka. 

Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam pernah meminta doa kepada Allh mana yang lebih baik untuk agama ini dari 2 orang Umar bin Khattab atau Abu Jahal yang Allah cintai. Allah pilih Umar bin Khattab. 

3. Agar amalan kita diterima Allah, meskipun amalan sunnah berbeda 

Allah hanya akan menerima dari ibadah orang yang bertaqwa. Syarat diterima ibadah adalah yang pertama harus ikhlas. 

Memurnikan niat karena Allah. Kedua ibadah sesuai dengan sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Adapun ketika pemahaman yang berbeda 

4. Bagaimana islam mengajarkan masa akhir jabatan? 


Bermuhasabahlah menghisab diri sendiri. Hisablah diri sebelum dihisab. Akhir jabatan adalah amanah. Meminta maaf jika ada kesalahan atau dzalim kepada anak buah/karyawan. Persiapkan amalan. Perbanyak bekal dan hisab diri pakah ibadah yang selama ini bakal diterima sama Allah apa tidak.



0 Response to "Semuanya Akan Berakhir 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Kajian"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^