/

Jangan Remehkan Kekuatan Doa



Jangan Remehkan Kekuatan Doa - Doa itu bermanfaat terhadap apa-apa yang telah turun dan yang akan turun. Maka hendaklah kalian beribadah kepada Allah dengan berdoa. (HR. Hakim dan Ahmad)
Doa adalah senjata kita. Sarana komunikasi dan berinteraksi dengan sang Pencipta. Daripada mengeluh atau meratapi kemalangan kita, alangkah baiknya jika kita menengadahkan kedua tangan memohon pertolongan kepada sang Pemilik Hidup. Bukankah Allah SWT adalah sebaik-baiknya pelindung?

Kehidupan memang tidak mudah. Kehidupan selalu tak pernah lepas dari penderitaan. Siapa pun Anda, seberapa kaya pun Anda, atau seberapa pun tinggi jabatan Anda, pastilah pernah menemui kesulitan. Terkadang kesulitan datang alam kadar yang ringan. 

Dengan sedikit upaya, kesulitan itu pun pergi dengan sendirinya. Namun di lain waktu. Kesulitan datang alam kadar yang sangat berat. Saking beratnya, kita pun merasa tak akan mampu menyelesaikan masalah itu. Seperti layaknya kebanyakan manusia, kita pun mulai mengeluh.

Penderitaan hidup dan masalah-maslah yang kita hadapi sesungguhnya merupakan perwujudan rasa sayang Allah kepada mahluk-Nya . Allah SWT hendak memberi peringatan kepada kita agar jangan jauh dari Allah, agar kita selalu meminta pertolongan kepada Allah. Jika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka ia akan mengujinya.

Hidup itu memang susah. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al- Balad:4) yang artinya:”Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam keadaan susah payah.”

Pertanyaannya, mengapa Allah menciptakan manusia dalam keadaan susah? Jawabannya ada pada surat al-insan :2 dan 3:” Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari setetes ai mani yang bercampur yang kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu kami jadikan dia mendengar dan melihat. Sesungguhnya kami telah menunjukinya jalan yang lurus, ada yang bersyukur dan ad apula yang kafir.”

Disebutkan pada ayat diatas, Allah menciptakan kita karena hendak menguji seberapa taat kita pada Allah sang Pencipta. “Dan kami uji kamu dengan sedikit ras atakut, haus, kekurangan makanan, kematian dan kekurangan buah-buahan ( agar kami melihat apakah kamu bersabar atau tidak) dan berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang bersabar.” (Q.S Al-Baqarah:155)


Coba bayangkan jika manusia tidak di beri kesusahan, maka pastinya jauh akan dari Allah, lupa dengan Allah. Adapun masalah–masalah yang kita hadapi, Allah telah menjanjikan, tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita. Dan apabila kita merasa masalah kita hadapi teramat berat, ingatlah dengan firman Allah engan artinya:” Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu.” (Q.S Ghafir:60)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Jangan Remehkan Kekuatan Doa "

  1. Beruntung sekali bisa membaca tulisan ini, bisa membuat kita semakin ingat dan tunduk kepada Allooh SWT.

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel