/ -->

5 Ekstensi Google Chrome Paling Berguna Bagi Blogger

Konten [Tampil]
5 Ekstensi Google Chrome Paling Berguna Bagi Blogger


Linimasaade.com - 5 Ekstensi Google Chrome Paling Berguna Bagi Blogger - Google Chrome semakin ta kesini semakin canggih ya. Kenal Google Chrome saat kuliah. Browser terkenal zaman dulu kalau enggak pakai opera mini ya pakai Mozila Firefox. Mozila Firefox Itu loh yang ikonnya gambar serigala api yang mengelilingi bumi. Kalau opera mini ikonnya angka nol warna merah. Udah nggak asing lagi ya.

Kembali lagi ke Google Chrome. Nah, setelah kenal Google Chrome, ternyata browsernya enak juga buat berselancar di internet. Dan akhirnya pakailah Google Chrome sampai sekarang. Entah kenapa ya Google Chrome Kece banget sekarang. Bukan hanya berfungsi sebagai browser, tetapi ada beberapa tambahan namanya Ekstensi (Extention). Aku juga sampai install beberapa plugin a.k.a Ekstensi Google Chrome yang membantu banget para developer atau para teknisi untuk mencari informasi dengan ekstensi ini. 

Setelah berkecimpung di dunia blogger, dari yang gak banyak tahu jadi tahu. Blog Linimasaade ini sebenarnya dibuat dari tahun 2017, hanya baru menggunakan domain pada tahun 2018. Beli domainnya di Exabytes sampai sekarang lancar jaya. Loh kok nyambung ke domain kenapa? Hanya sekadar informasi aja. 

Ekstensi Google Chrome sangat membantu banget nih. Install sesuai kebutuhan. Biasalah SEO.Tapi, jangan terlalu banyak ya soalnya berat loh kalau misalnya install 100 hahaha. Soalnya Google Chrome emang sudah terkenal memakan memori gede. Jadi perlu diperhatikan juga. Misalnya seminggu sekali hapusin cachenya. 

Baiklah tidak perlu basa-basi, aku akan kasih beberapa rekomendasi Ekstensi Google Chrome Blogger Starter Kit yang menurutku membantu banget. Apa aja? baca dulu artikel ini oke. 

1. SEO META in 1 CLICK 

Ekstensi Google Chrome Blogger





Jujur, aku baru tahu SEO META in 1 Click dari salah satu kelas SEO MOM Basic. Saat di cek, ternyata struktur blogku masih berantakan. Di Google chromenya juga udah banyak  user yang pakai lho.  Coba lihat di gambar ya. Di gambar Title dan deskripsinya udah hijau tandanya memenuhi syarat. Sebelum aku tahu plugin Google Chrome ini, ternyata masih kurang lho. Masih pada merah-merah. Saat praktek juga ada beberapa Blogger yang masih warna merah. 

Mungkin faktornya dari templatenya, mau tidak mau harus di buka secara langsung di edit html kalau di blogger ya. Kan biasanya bisa tuh di pengaturan tinggal isi aja title dan deskripsinya. Oh Iya aku juga mau kasih tahu bagi teman-teman blogger yang masih merah nanti coba di benahi title dan deskripsinya secara kan SEO On Page basic banget. 

Dalam SEO  META 1 in Click ada beberapa fitur diantaranya:

Summary
Title: Maksimal 60 kata
Description:  Maksimal 150 kata
Keyword: tergantung Blognya ya
URL: link blog sendiri
Canonical: Url yang di indeks itu sesuai dengan keinginan kita
Robot Tag
Author: nama yang punya blog
Publisher: Linimasaade seperti di contoh
Lang: Meta content language bahasa yang digunakan di blog

Saat cek beberapa blog orang, rata-rata author, publisher, robot tag, dan lang-nya ada keterangan .... is missing. Itu meta contentnya belum terisi atau tidak ada. Nah untuk mengatasinya khusus blogger coba isi meta contentnya seperti ini. 

Untuk struktur web itu sederhananya seperti ini. Setiap kode mempunyai pasangan masing-masing.
 
<html lang='indonesian' >
<head>
<title>
</title>
Meta content isinya disini

<meta content='Ade Lisna' name='Author'/>
<meta content='Linimasaade.com' name='Publisher'/>
<meta content='Index, Follow' name='Robots'/>


</head>
<body>
isi konten
</body>
<html>


Maka, setelah meta content-nya dibenahi maka yang missing tadi akan terisi deh.  Jangan lupa ya sebelum </head>. 

Header
Heading 1
Heading 2
Heading 3
Heading 4
Heading 5
Heading 6
Rata-rata sampai heading 3 sih. Pastikan struktur heading berurutan tidak H2,H1,H4,H3. Pastikan juga H1 nya ada satu ya. 

Image
Pastikan ya alt dan title di gambar diisi jangan sampai kosong

Link 
Kalau link biasanya isinya tulisan halaman  (ancor text) yang disisipkan url 

Social  Boleh dicek blog masing-masng 
Tools Ini tambahan tools dari sana ya. toolsnya sangat teknisi banget dan membantu. Seperti Cek blog kita apakah mobile friendly atau tidak. Bahkan ada GT-Metrix juga. 

2. Ubersuggest

Ekstensi Google Chrome Blogger


Emang top banget nih namanya Ubersuggest. Dulu sih Ubersuggest gratis tanpa tapi. Pemiliknya juga bukan Neil Patel. Tapi sekarang sudah dibeli sama Neil Patel dan tentunya ada versi gratis dan berbayar. Meskipun terbatas, tapi sangat membantu sekali dalam mencari keyword yang berpotensi berdasarkan volume pencarian. Bisa di webnya atau pun pakai ekstensi Google Chrome.Contohnya seperti digambar kalau sudah install ekstensi Ubersuggest.

3. Pinterest

Ekstensi Google Chrome Blogger


Pinterest merupakan jejaring social media a.k.a bookmark terbesar  untuk menyimpan foto dan video dari berbagai sumber. Pasalnya, Pinterest ini menjadi  salah satu cara mendatangkan visitor organik  setelah google, twitter dan facebook ke blog. Jadi, kalau sudah publikasi artikel, aku langsung pin board gambar artikel yang di buat. Contohnya diatas ya. Aku pilih Pinterest Bisnis dibandingkan yang biasa kenapa? karena yang versi bisnis ada data perbulannya yang mengunjungi dan impresinya juga. 
Ekstensi Google Chrome Blogger
Sebenarnya yang versi ekstensi Google Chrome lebih ke pin board aja. Untuk melihat data bisa di aplikasi atau di situsnya langsung. Hanya saja, yang ekstensi kelebihannya dapat menyimpan  beberapa foto sekaligus lebih dari 10 foto. jadi tidak satu-satu begitu.


4. WhatFont

ekstensi Google Chrome Blogger


Siapa nih yang suka ganti font diblogya? Cung hahaha. Emang pas awal  ngeblog, selain demen ganti template, suka ganti font juga yang lucu-lucu. Jadi tobat sekarang lebih fokus font system-ui. Oh iya, bagi teman-teman yang ingin tahu font situs orang lain, bisa nih pakai WhatFont ya. Terlihatkan digambar?

5. bit.ly

Selain di aplikasi dan web, versi ekstensi juga ada loh.  bit.ly udah familiar ya mengenai memperpendek url. Selain praktis juga sangat membantu banget. Kalau menggunakan bit.ly tergantung situasi aja.Biasanya buat memperpendek pendaftaran webinar, sertifikat bahkan artikel buat lomba. Kalau artikel organik aku menggunakan link bawaannya aja. 


Nah itu mungkin ya bisa aku informasikan. Ada sih 5 lagi, seperti mozbar yang suka DA PA TF DR , Keyword everywhere, Seo Minion, Evernote. Tapi semuanya udah terwakili hehe. Mungkin teman-teman blogger ada ekstensi yang paling favorit? Boleh dong informasikan di komentar ya. 




69 Responses to "5 Ekstensi Google Chrome Paling Berguna Bagi Blogger"

  1. saya mau copy htmlnya tapi ternyata ga bisa dicopy hahaha harus ketik ulang :( padahal saya masukin kodenya untuk melengkapi SEO di blog saya

    ReplyDelete
  2. ternyata seru2 banget ya ekstensi di Google chrome ini
    berguna banget buat para content creator
    jadi semangaat ngulik dan ngoprek nih

    ReplyDelete
  3. Ilmunya bagus ini. Mba, aku izin bookmark ya. Mau aku aplikasikan buat blog aku. Makasih sharingnya ya Mbaa :)

    ReplyDelete
  4. Paling saya suka pakai Pinterest, Mbak. Suka lihat foto-foto di sana. Pada bagus-bagus fotonya

    ReplyDelete
  5. Familiar dengan semuanya, apalagi kalo SEO udah pekerjaan sehari-hari 10 tahunan ini.
    Malah di blogku jarang diterapkan, ngurusin yg orang lain aja hahahaaa.

    Tapi ku lebih tertarik Pinterest , mata berasa dimanjakan, dengan poto2 syantik.

    ReplyDelete
  6. suka banget buat tulisannya, apa lagi bagian pinterest :) gambar-gambarnya mantep-mantep dan caranya tinggal pin aja :) musti beli versi bisnis nih

    ReplyDelete
  7. yg pinterest aku belum paham2 amat benefitnya. dah sering sih pin gbr artikel tp kok blm keliatan ya hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benefit yang aku dapatkan yaitu visitor mbak.

      Delete
  8. Berguna semua ya Mbak Ade tapi saya belum pernah pake Whatfont adahal suka juga lihat font lucu-lucu.

    ReplyDelete
  9. Wah iya..bagus-bagus memang ya.. Aku blm gunakan semua sih, baru akses bbrp saja. Thx sharing ya ya mba..

    ReplyDelete
  10. Google Chrome menurutku lebih enak dipakai saat ini mbak...dan aku juga pakai ini tapi belum menerapkan SEO di blog sendiri...bener2 masih berantakan blogku terutama menerapkan H1,H2,H3 dst....terimakasih pencerahannya...pengen bookmark kode nya buat blogku.


    ReplyDelete
  11. kalau bikin form biasanya saya share link pakai bit.ly enak soalnya lebih singkat dan bisa dinamain sendiri linknya

    ReplyDelete
  12. hampir semuanya aku pakai juga dan beneran membantu sekali. Tapi yang ubbersuggest belakangan aku ganti dengan google trend.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsinya sama beda beberapa fitur unggulan ya mbak.

      Delete
  13. Tuh kan aku jadi makin pengin donk ikutan SEO mom basic. Banyak ilmu banget di sana ya, mbak. Dan makasih banyak nih, dikau sudah mau berbagi ilmu kece yang dikau punya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan mbak banyak tercerahkan dan lebih terarah tujuan blog sebenarnya.

      Delete
  14. Saya jarang ganti template atau apapun di blog utama sih, tapi saya juga pakai Whatfont itu hehehe.
    Hampir semuanya udah sering saya gunakan, meski yang pinterest sih jarang, dan ubbersuggest jadi jarang juga saking sekarang terbatas :)

    ReplyDelete
  15. Ekstensi No. 1 untuk yang fungsinya sama, saya biasanya pakai SEO Minion, untuk ngecek struktur heading artikel dan meta apakah sudah cocok atau belum.
    Dari semua daftar di atas, favorit saya adalah Ubersuggest. Kalau pakai ekstensi ini bisa unlimited makainya, ketimbang harus ke situsnya langsung. Hehe..

    ReplyDelete
  16. hhihih setuju chrome memang terbaik apalagi ketika menggunakan akun2 google. termasuk blogger.com . thankyou sharing ingonyaa.. aku baru tau masalah ekstensi ini..

    ReplyDelete
  17. Hihi..bunda yang udah lama berkecimpuna di dunia online teuteup aja jadi Newbie juga berpendapat pake CHROME itu asyik, gak pernah ada masalah. Tapi tentang yang lain-lain, huhuhu....bunda belum pernah coba.

    ReplyDelete
  18. waaah makasih bangeeet bun iinfo kece nyaaaa, dari 5 itu yang sering ujame pake biasnaya bitly hahhaah padahal punya pinterest juga tapi cuma buat cari referensi design biasanya nexxt posting jga deh di pinterest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil mbak aja mbak, belum nikah 😂 siap mbak semoga bermanfaat.

      Delete
  19. waaa terima kasih info dan sharingnya ya mbaaak, ada beberapa yang udah aku pake dan instal, ada juga yang belum , mau instal juga aah biar semakin mudah hihihi

    ReplyDelete
  20. kalo dari di atas aku pake Pinterest Save Button dan Ubersuggest. Selain itu, aku juga menambahkan ekstensi chome: Evernote Web Clipper, AdBlock dan SEO Minion ^^

    ReplyDelete
  21. Aku baru tau deh yang seo meta nanti mau cobain juga deh, ini tools resmi dari google berarti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ada developer juga yang upload pluginnya seperti di wordpress ada beberapa developer yang buat plugin secara gratis.

      Delete
  22. Waaaah, thanks Mbak Ade, selama ini suka pakai ext Moz di chrome. Pengen nambahin yang bit.ly sesuai rekomendasi Mbak Ade ni....

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat aku pinteres yang mangklrak mba eheheh. Saking banyaknya medsos. Itu meta click tampilan Blogspot ya Mba? Kok aku malah ga pernah liat hiks jarang utak atik akunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai lirik pinterest mbak karena Kumaha buat visitor. Iya mbak meta content itu salah satu seo on Page.

      Delete
    2. Ralat wkwkwk *lumayan bukan kumaha

      Delete
  24. loh loh aku baru tauu dan belum punya semua asliiik.. makasih banget infonya mbak, langsung aku bookmarked hihi

    ReplyDelete
  25. Owalah mereka itu masih bagian dari GC to? Aku baru tahu haha emag gk seberapa paham juga sih. Pdhl sering pakai juga.
    Jd keinget aku sampai skrng lupa password pinterest pengen share2 lagi postinga blog via situ hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Google extension itu kumpulan plugin yang di upload sama developer mbak. Ada store-nya gitu.

      Delete
  26. Malu sebenarnya...
    karena aku baru tau beberapa web diatas dan memanfaatkannya.
    Ada perasaan tertekan gak siih...kak Ade, kalau mau menulis yang SEO.
    Huhuu...((tertekan))

    ReplyDelete
  27. Mbak aku juga masalah nih dengan H1 yang ada dua, meskipun gak terbaca sih karena 0 tapi agak gimana gitu karena dapat warning, H1 harus 1 doang. Ada saran mbak? gimana cara menyimpan logo agar tidak ditandai H1 ya?

    ReplyDelete
  28. Jaman dulu suka pakai bit.ly, kalo yang lainnya tuh masih aku pakai sampai sekarang Pinterest. Yang belum pernah malah punya Neil Patel

    ReplyDelete
  29. Dari semua ekstensi google chrome di atas, saya baru pernah coba Pinterest dan Bit.ly. Mungkin karena emang jarang juga pakai browser Google Chrome~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata bitly dan pinterest yang udah coba ya.

      Delete
  30. Google memanjakan banget sebenernya yaa.. jadi enak banget buat blogger.
    Aku paling suka pake pinterest sih. bit.ly belum pernah nyobain

    ReplyDelete
  31. Penasaran nih dengan yang SEO Meta in 1 click, mau oprek blog sendiri. Selama ini taunya ya nulis doang soalnya. :)

    ReplyDelete
  32. Tulisan yang menarik, ternyata aku belum mengioptimalkan fitur dari google chrome dengan baik, baru bitly aja hahaha. Mau coba praktekin ah abis ini.

    ReplyDelete
  33. Waaah berguna banget nih Mba informasinya buat saya yang baru belajar SEO. Izin share ya di Twitter heehhe

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih


data-full-width-responsive="true">