/ -->

Tips Rahasia Menulis Novel Ala Najhaty Sharma

Konten [Tampil]
Tips Rahasia Menulis Novel Ala Najhaty Sharma



Tips Rahasia Menulis Novel Ala Najhaty Sharma - Mbak Najhaty merupakan penulis novel Dua Barista. Menurut Mbak Najhaty, ada 2 hal yang penting dalam menulis novel konstruksi cerita dan marketing. 

Kekuatan sebuah cerita

Sebelum nulis harus fokus dengan konstruksi sebuah tulisan. Konstruksi cerita dibangun seperti bagaimana penokohannya, latar agar feelnya dapat untuk pembaca bukan hanya angan-angan. 

Kalau bisa ditonjolkan misalnya latar yang  itu saja. Terkait latar luar negeri nanti kalau ada kritikan dan masukan karena tidak sesuai dan tidak menguasai jadi sebuah pr  jadi pilih latar yang mudah. 


Selain itu membuat konstruksi bercerita, bayangkan tokoh-tokoh itu benar-benar ada. Kenapa karena penokohan sangat penting. Dengan penokohan ini membuat pembaca menyelesaikan cerita dari paragraf pertama sampai paragraf terakhir. 

Ini kan berbicara tulisannya beda cerita kalau video. Kalau video itu bisa viral tapi sifatnya hanya sementara. Misalnya orang 1- 5 menit ya tentunya masih menyimak dan selanjutnya mengabaikan. 

Nah kalau tulisan kaitannya dengan halaman misalnya 500 halaman. Jadi kita tidak bisa membuatnya secara dadakan kayak tahu bulat ada langkahnya karena sifatnya ada beberapa part pastinya orang penasarankan yah. 

Apalagi zaman sekarang tulisan itu banyak. Orang kalau ingin baca tulisan gratis sekarang ada wattpad pokoknya platform yang menyediakan.

Jadi bersaing dengan para penulis itu. Maka dari itu harus mempersiapkan dulu. Karena semua orang  sudah mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarya. 

Selanjutnya setelah tokoh terbentuk pahami karakternya. Memahami agar feel dapat. Meresapi karakter. 

Latar sebisa mungkin  yang kita tunjukkan bahwa latar itu benar-benar ada. Lalu resapi konfliknya mau seperti apa. Komflik sudah dibuat maka dibuatkan solusi. 

Belajar dari sudut pandang pribadi misalnya melihat sekitar bagaimana sesorang itu menyelsaikan masalah dengan solusi ini. Dengarkan petuah-petuah hingga baca motivasi terlebih penting belajar dari kehidupan sendiri dalam mencari solusi. 

Setiap kali bertemu dengan orang baru kita ambil hikmahnya lalu dituangkan ke dalam cerita. Jadi ya tidak bisa dadakan. Saat konstruksi sudah dibangun  kita perlu latihan . Seandainya menulis di power point perlua latihan bertahun-tahun kalau fokus teori aja kayaknya gak mungkin harus seimbanh dengan praktek. 

Menurut mbak Najhaty yang penting menulis aja. Sekarang kan kebanyakan teori dulu praktek terbengkalai. Karena dengan nanti seringnya menulis kita akan menemukan teori-teori yang orang lain pun gak mesti punya. Karena sering dilatih.

Dengan berlatih akan muncul ilmu sendiri yang kita punya. Bahasa anak artikel amati tiru modifikasi.  Nanti akan menerka-nerka dan sadar oh ternyata saya senangnya begini. Oh ternyata cara menulis mengalir ala saya misalnya harua gini. Karena setiap penulis itu berbeda pengalamannya dalam mencari tulisannya. 

Ingat bangun konstruksi cerita. Agar tulisannya tamant enggak menggantung ditengah jalan. Bisa selesai tapi selesainya aneh. Ternyata setelah dicari permasalahannya kontruksi cerita yang tidak matang. Sinkronkan plot 1 dan plot 2. 

Perbedaan plot dan alur. Tapi untuk para pencerita yang detail plot dan alur itu perbedaannya kalau plot itu berkesinambungan antara part 1 dan part 2. Tidak tumpang tindih. 

Nah kalau alur mengalir begitu saja tanpa ada kaitannya dengan part 1 dan part 2. Tapi tetap dimasukkan. Selain itu pelajari agar pembaca tidak mudah bosan. 

Misalnya jika ada plot twist, alur yang mengagetkan itu dibuat diakhir part. Itu sangat berpengaruh. 

Kalau plot twistnya dikeluatkan pada awal cerita nanti akan biasa aja. Terlebih komentar di facebook para pembava yang memberikan kritik dan saran. Itu membantu sekali dalam membuat sebuah cerita.


Kekuatan Marketing

Zaman serba mudah ada kalanya kalau promosi ada istilah marketing organik dan non-organik. 
Kalau lebih tepatnya  seperti seo dan sem begitu. Kalau bicara marketing bolehlah pakai ads gitu tapi kurang orginalitasnya gitu. Kalau pakai natural alias natural lebih ke human friendly dibandingkan pakai ads. 

Mbak Najhaty promosi pakai facebook. Setiap sosial media punya karakter masing-masing. Kenapa pakai facebook? Karena sebagian dari segmentasi usia mayoritas ibu-ibu. Perhatikan target promosi. Jangan sampai salah promosi. Apakah buku untuk ibu-ibu atau anak muda. Tes pasar juga. 

Networking itu penting. Membuat relasi alias tim. Gunakan cover selling. Mbak pertama share novel di facebook. Agar teman-teman menikmati cerita. Kalai bahasa gampangnya tes ombak. 

Masukin feelnya para pembaca. Tidak menyuruh orang menjual tapi malah orang membeli. Mbak Najhaty menerbitkan buku memggunaka self publishing. 





0 Response to "Tips Rahasia Menulis Novel Ala Najhaty Sharma"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^