/

Apa, Kenapa dan Dimana Aku Menulis?

Apa, Kenapa dan Dimana Aku Menulis?



Apa, Kenapa dan Dimana Aku Menulis? - Menulis? mungkin kedengarannya tidak aneh di telinga. Menulis adalah sesuatu hal yang menyenangkan setelah saya temui. Yang awalnya malas banget sama nulis pada akhirnya jatuh cinta sama sunia menulis. Lantas apa aja alasan kuat serta kenapa harus menulis. Lalu dimana Linimasaade menulis?

Apa itu Menulis?

Sebelum beranjak ke kata-kata lain, alangkah kita tahu makna dasar menulis itu apa. Menurut Wikipedia pengertian menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif (hieroglyph) pada zaman Mesir Kuno.

Bagaimana menurut KBBI? menulis/me·nu·lis/ v 1 membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya): anak-anak sedang belajar ~; melukis baginya merupakan kesenangan yang dimulai sebelum ia belajar ~; 2 melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan: ~ roman (cerita), mengarang cerita; ~ surat membuat surat; berkirim surat; 3 menggambar; melukis: ~ gambar pemandangan; 4 membatik (kain): lebih mudah mencetak daripada ~ kain;

Secara garis besar menulis meurpakan suatu kegiatan tulis menulis baik itu di media kertas maupun digital ang di imbangi dengan rasa, ekspresi penulis itu sendiri dengan gaya bahasa sendiri. asi 

jadi kita sudah tahu apa itu menulis. Kata paling luar biasa menurut saya. Karena banyak sekali orang yang terinspirasi karena tulisan tangan seorang penulis. Dari tangannyalah melahirkan karya-karaya yang dapat menginspirasi orang lain. Salah satu contoh. tulisan dari buku sebuah seni bodo amat dari Mark Manson. Mark Manson membagikan perihal keadaan sekarang. Dan bukunya Best seller berdasarkan New York Times. 

Nah kembali lagi. Apa tujuan menulis?Untuk tujuannya tergantung beda-beda yah ada yang mengadu nasib dengan tulisan, ada yang mengisi waktu dengan tulisannya. dan masih bayak lagi. 


Kenapa harus menulis?

Kenapa orang harus menulis? Apakah ada manfaatnya?Baiklah. Jujur saja. dalam 3 tahun ini kegiatan saya tidak pernah terlelpas dari namanya nulis. Hingga sautu hari kenapa saya sadar bahwa menulis itu penting? Seperti di tampar siang hari, bahwa saya mendapatkan isnpirasi degan kalimat seperti ini:" Manusia yang paling baik adalah yang paling banyak bermanfaatnya bagi sesama". Apakah kita tidak berpikir kesitu? Coba renungkan. 

Imam Syafi'i berkata :“Ilmu itu bagaikan hasil panen/buruan didalam karung, menulis adalah ikatannya”  dan Ali bin Abi Thalib menjelaskan bahwa Ikatlah ilmu dengan menulis. Apakah kita tidak terlalu peduli dengan kalimat ini? sungguh benar-benar bermanfaat. 

Dimana/ Media apa saja untuk menulis? 

Menulis banyak sekali manfaatnya. Tapi dimana media untuk menulis?. Era teknologi sekarang tidak sulit untuk menulis. Misalnya di platform  web 2.0. Yang suka menulis fiksi bisa di wattpad. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa, Kenapa dan Dimana Aku Menulis?"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel