Monday, 15 January 2018

Review : Resensi Novel Seruni Karya Almas Sufeeya

Baca Juga

Novel Seruni


                                                            Judul Buku    : Seruni
                                                            Penulis           : Almas Sufeeya 

                                                            Penerbit         : Republika Penerbit 
                                                            Cetakan         : Cetakan Ke-1 
                                                            Tahun Terbit  : Februari 2017 
                                                            Halaman        : 239 Halaman 
                                                            ISBN             : 978-602-0822-39-6 


Seruni tak menyesal meninggalkan segala hal yang menjadi tumpuan hidupnya selama bertahun-tahun di negeri sakura. Karena ia sudah berjanji pada dirinya sendiri, ia tidak akan menunda atau menunggu untuk bisa kembali ke Indonesia demi seseorang yang amat dirindukan. Meskipun harus menempuh jalan yang panjang, sukar, dan terjal. Ia siap menanggung segala konsekuensi asalkan bisa bertemu dengan orang itu. 
*** Ada sebuah misi besar yang membuat Seruni jauh-jauh datang ke Indonesia. Ia tahu bahwa tindakannya ini bisa menghancurkan dirinya, tapi Seruni sudah siap menanggung segala risiko. Tak ada jalan kembali. Rahasia, luka, dendam, dan kebohongan yang terkubur selama bertahun-tahun pelan-pelan akan terkuak. Lalu, sebuah hal yang tak diduga terjadi dan meluruhkan seluruh tekad Seruni, memaksanya untuk mundur. Lalu, apa yang akan dilakukan Seruni? Menuntaskan misi atau menundanya? Atau justru menghentikannya saat itu juga?

Ini novel membuat aku nangis bombay, aslinya . Novelnya mengisahkan tentang seorang anak yang bernama krisan yang menyamar sebagai orang lain yaitu seruni. tema novel ini bertemakan tentang keluarga. Perceraian keluarga dan perselingkuhan yang mengakibatkan klimaks yang memuncak. perselingkuhan ayahnya dengan wanita / mamahnya taro dan krisan juga korban dari perceraian mamah dan ayahnya. Yang mengakibatkan mamahnya terus menerus sakit akibat ulah ayahnya. Tidak hanya itu akibat kaburnya krisan dari rumah membuat kakaknya terus menyalahkan diri sendiri sehingga tak pernah berkomunikasi sama sekali hanya ingat dengan krisan (seruni). Namun aster di urus oleh adik tirinya bernama Ana. Pertemuan Ana dan Seruni itu adalah awal jalan ceritanya dan membongkar semua rencana krisan yang sudah lama dia lakukan. 

Kejadiannya sangat apik dan tidak bisa ditebak jalan ceritanya. Penulis membungkus ceritanya dengan rapi dan pembaca pun tidak bisa di tebak  Kalu yang belum baca cepat deh baca . Novel yang sangat di rekomendasikan. 
Novel ini bukan hanya bertemakan keluarga namun ada kisah romantis antra seruni dan rifat. Namun keduanya sama-sama malu kucing . Jadi masih tanggung dalam jalan ceritanya. 


"Kamu menjalani hidup seperti ini karena kehilangan seseorang? Aku yakin, jawaban sebenarnya adalah tidak. Kehilangan sebenarnya adalah kehilangan semangat hidup. Ya, semangat hidup kamu sudah mati, sementara kamu masih tetap hidup. Karena itu, kamu menjalani hari-hari seperti mayat hidup." (Hal. 86)

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terimakasih
EmoticonEmoticon