/ -->

7 Manfaat Menjaga Lingkungan Sekitar Nyaman dan Sehat

Konten [Tampil]
7 Manfaat Menjaga Lingkungan Sekitar Nyaman dan Sehat



7 Manfaat Menjaga Lingkungan Sekitar Nyaman dan Sehat - Saat masih di bangku sekolah dasar, setiap hari jumat selalu ada jadwal jumsih alias jumat bersih. Saat bersih-bersih, semua siswa wajib membersihkan lingkungan sekolah baik di ruang kelas maupun luar kelas. Biasanya saat jumat bersih guru, siswa semua kompak menjaga lingkungan sekolah. 

Di kelas pun semua siswa kompak. Ada yang sapu-sapu angkut kursi ke meja tahukan posisinya dibalik agar saat menyapu mudah. Ada yang kebagian ngepel ruang kelas biasanya lelaki yang kebagian ini tapi kadang ada juga yang tidak mau. Mau tidak mau perempuan.

Manfaat yang saya dapatkan menjaga lingkungan sekitar terasa bersih dan nyaman. Di kelas pun jadi betah. 

Meskipun bersih gotong royong hari Jumat saja, tetapi setiap hari selalu bersih- bersih kok sesuai dengan jadwal. 


Kenapa saya menceritakan tentang menjaga kebersihan saat sekolah dasar? Pasalnya menerapkan pola hidup sehat kepada siswa sangat penting. Bukan hanya menjaga kebersihan tetapi membentuk karakter anak sejak dini. 

Lalu apa saja manfaatnya menjaga lingkungan sekitar agar tetap nyaman dan sehat?

Manfaat Menjaga Lingkungan Sekitar

1. Tempat menjadi rapi bersih dan nyaman

Coba perhatikan saat lingkungan bersih. Indah dipandang bukan? Tertata rapi buang sampah pada tempatnya tidak sembarangan. Ada tempat sampah khusus organik dan anorganik. Bikin betah.

2. Terhindar dari penyakit menular

Biasanya penyakit malaria diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya nyamuk. Nyamuk tempat tinggalnya dimana? Di tempat yang lembab dan kotor. 

Itulah sebabnya nyamuk berkembang biak dan senang dengan genangan air yang kotor. Maka dari itu lingkungan bersih akan terhindar dari penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

3. Lebih Produktif Semangat dalam Menjalani Aktivitas

Emang bisa produktif saat lingkungan kotor? Oh no. Oh no. No no no. Saya merasakan kalau lingkungan kurang rapi tidak fokus. Menjaga lingkungan berarti menjaga produktivitas.

4. Sehat jasmani dan rohani

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Di dalam mood yang positif terdapat energi bahagia. 

Benar gak? Sudah disebutkan di poin-poin penting sebelumnya. Lingkungan sehat pastinya meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.

5. Sirkulasi udara terhindar dari Polusi udara

Perhatikan jika lewat jalan raya. Polusi udara dimana-mana. Apalagi lingkungan tidak didukung. 


Sempurnalah. Bikin pengap ya? Iya. Coba bandingkan jika lingkungan bersih mengurangi polusi udara. Menghirup udara segar dan sehat.

6.  Lingkungan sehat air pun bersih

Air yang jernih membuat tubuh lebih sehat. Jaga lingkungan hidup sekitar dapat melestarikan air yang bersih. Tidak terkontaminasi zat-zat yang berbahaya terhinda dari penyakit juga. 

7. Meningkatkan rukun tetangga dan masyarakat

Lingkungan yang sehat meningkatkan kerukunan antar tetangga terawat. Kenapa bisa? Karena tidak sedikit kemungkinan gara-gar lingkungan kotor bisa jadi omongan orang lain. 

Penting sekali bagi kita untuk menjaga lingkungan sekitar. Yuk selalu menjaga lingkungan. Sayangi dan rawat lingkungan kita. Dari hal kecil begitu berarti. 



0 Response to "7 Manfaat Menjaga Lingkungan Sekitar Nyaman dan Sehat"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^