/ -->

Hikmah yang Dapat di Petik Dari Pandemi Corona

Konten [Tampil]
Hikmah yang Dapat di Petik Dari Pandemi Corona



Hikmah yang Dapat di Petik Dari Pandemi Corona  -  Corona, yang lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan wabah yang bermula dari negeri tirai bambu tepatnya di kota Wuhan. Dari situ Corona bermula. 

Semua orang panik dengan wabah ini. Dari penjuru negeri mulai was-was dengan ini. Bukan hanya di Tanah Air saja, tapi di seluruh negara. Tidak ada manusia yang tidak histeris dan merasa takut akan datangnya wabah ini. Tidak bisa diprediksi. Semua resolusi 2020  yang akan dijalankan tidak sesuai schedule

Manusia hanya berencana, Allah yang berkehendak. Sebagai manusia yang tidak lain diciptakan untuk beribadah kepadaNya. Kadang kita merasa lupa dan tidak sadar akan awal penciptaan itu. 

Merasa di dunia ini hanya aku dan aku bukan karena Allah. Namun, sekarang kita tersadarkan. Bukan Allah tidak sayang sama kita tapi Inilah tanda bahwa Allah sayang sama kita sebagai manusia. Jangan sampai kita luput sama namanya dunia. 

Jangan berpikir bahwa wabah ini adalah hukuman. Kita harus sadar diri. Bahwa kitalah yang telah dzalim sama Allah. Allah tidak pernah mendzalimi hambanya tapi kitalah yang mendzalimi_Nya. 

Sedih rasanya jika diingat-ingat. Masa saat ada bencana baru ingat Allah, tapi saat senang tidak ingat Allah? Wabah ini mengajarkan banyak hal dalam hidup ini. 


Hidup di dunia ini tidak akan lama lagi. Selama ruh belum keluar dari jasad mari kita renungi mari kita beristighfar minta ampun sama Allah. Tetap berprasangka baik terhadap pandemi Corona ini. Allah perencana terbaik. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari Covid-19 ini. Apa saja berikut beberapa poinnya.


1. Semakin Sadar Bahwa Allah Kuasa Manusia Tidak Kuasa

Allah yang berkuasa manusia tidak berkuasa. Hikmah yang pertama adanya Corona, lebih mendekatkan diri kepada Allah. Lebih memperbanyak ibadah kepada Allah. 

Diberikan wabah ini kita tidak berdaya tiak bisa berbuat apa-apa. hanya bisa mengadu kepada Allah agar tehindar dari wabah ini dan selali diberikan karunia dan rahmatNya. Memperbanyak doa dan berdzikir. banyak bermunajat hingga istiqomah untuk terus berada di jalan yang lurus. 

2. Dekat Dengan Keluarga

Jika dulunya selalu tidak sempat bertemu dengan keluarga, maka adanya covid lebih dekat dengan keluarga karena segala aktivitas dilakukan di rumah aja. Baik itu mengerjakan pekerjaan, bermain dengan keluarga 24 jam. Sungguh memanfaatkan social distancing lebih dekat dengan keluarga dan lebih peka terhadap keluarga sekitar. 

3. Tidak Menghalangi untuk Terus Menuntut Ilmu

Adanya PSBB, tidak berhentinya untuk terus menuntut ilmu. Saat ada corona banyak hal yang diapat apalagi masalah menuntut ilmu. Biasanya pergi ke kajian secara langsung bertatap muka, sekarang bisa menggunakan Youtube bisa menyimak kajian secara langsung tanpa harus bertatap muka. Banyak hal yang didapatkan Masha Allah Tabarakallah. 

4. Polusi Udara Sedikit Membaik 

Pernahkah melihat foto pemandangan langit Jakarta yang tampak begitu bersih saat Pandemi? Biru sangat.Biasanya tidak bisa lihat gunung malah kelihatan gunung yang dari Bogor. Ini tanda bahwa hikmahnya corona polusi udah sedikit membaik karena semua kendaraan tidak beroperasi tidak lalu lalang seperti biasanya. Udara menjadi bersih bahkan berkurangnya polusi.

5. Pentingnya Menjaga Kebersihan

Biasanya sebelum Corona jarang cuci tangan, tapi saat covid lebih sering cuci tangan menggunakan hand sanitizer. Lebih mementingkan kebersihan. Selalu menjaga kebersihan. 

Karena Corona ini tidak pandang bulu. Menjaga kebersihan untuk meminimalisi penyebaran Corona. Meskipun ada dan tidak adanya Covid, tapi menjaga kebersihan tetaplah wajib ya. Kebersihan sebagian daripada iman.

6. Menumbuhkan rasa syukur

Jika kita bersyukur, maka Allah akan menambahkan. Jika kita kufur, maka azab Allah sangatlah pedih. Sebenarnya masalah bersyukur tidak harus saat lapang, tetapi saat keadaan sulit pun harus terus bersyukur. Dengan wabah ini kita lebih banyak bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk terus mendekatkan diri, lebih bisa memperbaiki diri dari segi ahlak. 

7.Perbanyak Infaq dan Sedekah

Wabah Corona ini bukan berarti tidak ada yang berimbas. Sepeti efek domino semua berimbas ke beberapa sektor. utamanya adalah pegawai yang dirumahkan efek covid ini. Sebagai umat islam seharsunya kita saling bahu membahu kepada sesama dengan melakukan infaq dan shadaqah untuk meringakan beban mereka. Karena siapa pun yang berinfaq dan bershadaqah Allah lah yang akan membalas pahala berlipat ganda. 





0 Response to "Hikmah yang Dapat di Petik Dari Pandemi Corona "

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^