/ -->

10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Bagi Kesehatan

Konten [Tampil]
11 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Bagi Kesehatan


10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Bagi Kesehatan - Tuk-tak tuk-tak begitulah kira-kira suara permainan bulu tangkis. Perpindahan kok bulu bulu tangkis. 

Kalau menggunakan piring seng pasti suaranya tuk-tak. Kalau pakai raket beda cerita. Semasa kecil memang gemar sekali dengan olahraga tangan satu ini. 

Dalam kamus besar bahasa indonesia bulu tangkis adalah cabang olahraga dengan permainan menggunakan raket dan kok bulu dengan cara dipukul dan dibatasi oleh jaring yang direntangkan ditengah lapangan.

Permainan bulu tangkis salah satu cabang olahraga yang digemari oleh masyarakat luas .Bukan hanya di Indonesia saja tetapi seluruh dunia. 

Dari kalangan anak-anak hingga dewasa sangat antusias sekali jika ada kompetisi bulu tangkis yang biasa dikenal Thomas Cup, Uber Cup dan nama-nama lainnya. Permainan bulu tangkis bisa dilakukan pemain tunggal dalam arti satu lawan satu atau pun ganda. 

Dalam dunia kesehatan olaharaga bulu tangkis termasuk jenis olah kardio yakni olahraga yang sangat membantu untuk menguatkan jantung. 

Bahkan lho yang olahraga bulu tangkis menjadi saran mengakrabkan diri dengan teman walupun hanya bermodal kok bulu dan raket saja. Memang kerasa banget saat bermain bulu tangkis. Saking asyiknya smash lawan waktu satu jam saja tidak cukup. 

Coba perhatikan para atlet bulu tangkis, mereka sudah merasakan manfaatnya bermain bulu tangkis namun semangat berkompetisi juga. 

Kalau lihat para atlet bermain bulu tangkis suka gemes sendiri takut lawan menang hahah. Suka deg-degan. 

Suka banget  sama olahraga yang banyak memproduksi keringat ini.Ya bermain bulu tangkis. Olahraga bulu tangkis bukan hanya sekadar olahraga saja, tetapi banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.Berikut segudang manfaatnya.

Manfaat Bulu Tangkis Bagi Tubuh

1. Menjaga Kebugaran Sehat Jasmani

Jelas sekali olahraga bulu tangkis dapat menjaga kebugaran tubuh karena seluruh tubuh bergerak aktif tanpa terkecuali. Mulai dari atas hingga ujung kaki semua tergerak aktif. Pantas saja manfaatnya kan terasa ke tubuh.

2. Mencegah Obesitas

Obesitas itu kelebihan lemak dalam tubuh maka dari itu, dengan bermain bulu tangkis lemak jahat yang ada dalam tubuh semakin lama semakin menyusut karena akan terus terbakar oleh gerak gerak permain bulu tangkis. 

3. Menghilangkan Stres

Stres dipicu karena berbagai hal salah satunya banyak berpikir terlalu keras.Dengan olah raga bulu tangkis stres pun akan segera hilang. 

4. Memperkuat Fungsi Jantung

Seperti yang tadi disebutkan kardio itu. Memang benar olahraga bulu tangkis dapat memperkuat fungsi jantung.  Mengurangi jantung koroner. Sebab olahraga bulu tangkis dapat menurunkan kolestrol. Kalau kolestrol turun tidak akan mengganggu kerja jantung. 

5. Menjaga Kepadatan Tulang

Jelas sekali dapat menjaga kepadatan tulang. Tulang meruapakan sistem organ penggerak yang pasif. Meskpun pasif, kalau sudah berkurangnya kepadatan tulang tubuh akan cepat capek dan susah untuk tegap seperti biasanya. Dengan bermain bulu tangkislah penyakit oestoforosis akan sedikit menurun. 

6. Bermanfaat untuk Psikologis

Meningkatkan daya ingat? iya Dapat mengurangi risiko jantung koroner? ya. Ternyata manfaat lainnya secara psikologis dapat menghilangkan kecemasan dan stres. 

Bermain bulu tangkis dapat meningkatkan endorfin sebuah zat pada otak dengan persaaan yang nyamana dan meningkata suasana hati tidur pun pasti nyenyak. 

7. Mencerahkan Kulit Secara Alami

Selain membuat bugar tubuh, manfaat lain yang tidak kalah penting adalah dapat mencerahkan kulit. Bermain bulu tangkis kan mengeluarkan keringat yang tidak sedikit otomatis keringat itu keluar dari pori-pori kita dan kotoran yang ada pada tubuh akan mudah keluar. 

8. Memperkuat Daya Ingat dan Kosentrasi

Bermain bulu tangkis bukan hanya fisik saja yang digunakan tapi perlu taktik yang tidak lain dari dalam kepala ini (otak). Olahraga yang membutuhkan kosentrasi tinggi ternyata dapat meningkatkan daya ingat serta kosentrasi yang tinggi. 

9. Menguatkan Otot dan Sendi

Bermain bulu tangkis tidak hanya mengandalkan tangan dan kaki saja. Tap semua gerak tubuh. Tidak heran bilan permainan satu ini dapat menguatkan otot dan sendi. 

10.Membantu Mengeluarkan Detoksifikasi

Didalam tubuh banyak racun radikal bebas yang bersarang. Pilihan yang tepat untuk mengeluarkannya dengan cara olahraga bulu tangkis yang rutin. Maka racun-racun dlam tubuh keluar melalui keringat. 


Nah mungkin itu saja manfaat olahraga bulu tangkis bagi kesehatan. Mulai bakar kalori dalam tubuh, Sampai bisa ketawa-ketiwi dong pastinya. Ayo segerakan niat untuk berolahraga bulu tangkis. 



0 Response to "10 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Bagi Kesehatan "

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^