/ -->

Perlukah Belajar Parenting Sebelum Menikah?

Konten [Tampil]
Perlukah Belajar Parenting Sebelum Menikah?



Perlukah Belajar Parenting Sebelum Menikah? - Menikah adalah salah satu ibadah terlama dan seumur hidup bersama pasangan. Sebelum dan sesudah menikah, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan yaitu ilmu rumah tangga dan ilmu parenting. 

Parenting adalah ilmu yang berikaitan dengan pola asuh anak dalam segi spiritual, intelektual, emosional  dengan cara memberikan dukungan dan bimbingan ke arah yang positif serta memengaruhi satu sama lain diliputi rasa kasih sayang dan membuat orang tua lebih memahami dan menyenangkan untuk anak. 

Pernahkah mendengar sebuah pernyataan  belajar mendidik anak nanti juga bakal ngikutin. Ya, benar, karena sudah berpengalaman. Tapi, apakah yang belum menikah tidak boleh belajar parenting? 

Apakah yang tidak bisa berenang saat tenggelam harus belajar dulu sambil tenggelam gitu? Tidak juga. Tidak kemungkinan ilmu parenting ini tidak harus setelah menikah. Justru yang belum pun harus belajar mempersiapkan jauh-jauh hari. 


Jangan menyepelekan belajar ilmu parenting. Karena tanggung jawabnya berat.  Bukan hanya kita tapi menyangkut habluminallah dan habluminannas. 

Sebagai calon orang tua, tentunya membutuhkan ilmu parenting. Sebagai calon orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya bukan? 

Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, banyak para single memperbaiki terlebih dahulu sikapnya, gaya hidupnya agar tidak menjadi contoh yang tidak baik bagi anak-anaknya kelak. Memantaskan diri adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Menjadi orang tua tidak hanya haha-hihi saja. Diperlukan ilmu juga. 

Pentingnya Belajar Ilmu Parenting Sebelum Menikah


Ada beberapa ilmu parenting yang wajib diketahui oleh para single sebelum menikah. Pertama tentukan pola asuh anak akan seperti apa kedepannya. Jangan sampai bertolak belakang pilihannya. Harus satu visi misi agar sesuai dengan peraturan syariat agama. Kedua anak adalah amanah bukan sebuah beban. 

Menjadi orang tua harus siap lahir dan batin dan bersyukur atas apa yang telah Allah berikan dengan amanah ini. Ketiga, Didiklah anak sesuai dengan zamannya. 

Ada salah satu quote dari mantu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam yaitu Ali bin Abi Thalib bahwa "Didiklah anak sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu." Ali bin Abi Thalib memberikan 3 pengelompokan dalam mendidik pola asuh anak dengan rumus 7x3 diantaranya:


Selain itu ilmu yang dimiliki sebelum menikah adalah selalu upgrade diri dan selalu menjadi contoh yang baik untuk anak. Status single tidak menjadi halangan untuk belajar ilmu parenting. Waktunya dipakai untuk mempersiapkan diri dan belajar ilmu parenting. 


Apalagi zaman sekarang belajar bisa dimana saja kapan saja serba mudah. Baca buku, cerita dari orang tua, kerabat, teman, mengikuti seminar kajian parenting,  bahkan  dari media sosial pun ada akun khusus seputar parenting. Belajar banyak hal. Karena jika belajar dadakan tentunya akan kerepotan. 

Mumpung masih banyak waktu tanggung jawab masih serba sendiri yuk belajar ilmu parenting sebelum menikah. Dari pernikahan kita akan membangun sebuah peradaban. Mencetak generasi rabbani yang sesuai dengan syariat dan agama. 

Keuntungan  ASI Air Susu Ibu 

Keuntungan asi


Menu Makan Mpasi Bintang

Menu Makan Mpasi Bintang








0 Response to "Perlukah Belajar Parenting Sebelum Menikah?"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^