/ -->

Tips jualan Online di Marketplace Lazada

Konten [Tampil]
Tips jualan Online di Marketplace Lazada



Tips jualan Online di Marketplace Lazada - Dulu saat masih Sekolah dasar pada tahun 2002 kalau belanja baju, sepatu, tas sekolah pasti ke pasar bersama mamah. Meskipun jaraknya jauh, tapi tidak mengurungkan niat untuk tidak beli karena kebutuhan juga. Biasanya naik delman pergi ke pasar. 

Jaraknya kira-kira 15 KM. Jauh banget kan? Ya namanya di daerah pedesaan. Tapi sekarang zaman telah berubah. Memang sudah masuk revolusi industri 4.0 semuanya serba instan. Jarak yang jauh pun disulap hanya cukup memainkan jari tinggal klik scroll checkout dengan banyak pilihan metode pembayaran. 

Mau bayar ditempat? Bisa apalagi transfer via ATM bahkan akun virtual bisa banget barang akan segera diantar dengan estimasi waktu tergantung daerahnya. Cepat banget teknologi majunya.

Sekarang kita sudah dimanjakan sama aplikasi ecommerce Marketplace. Sehingga Supply and demand bukan hanya satu daerah saja bahkan bisa antar pulau dan antar negara. Canggih benar. 

Para pelaku usaha yang tadinya berjualan secara konvensional sekarang go digital. Sangat terbantu dengan adanya Marketplace ini. Jenisnya juga macam-macam ada Lazada, Tokopedia, Shopee, JD.id, Blibli, Jakmall, Bukalapak, Alibaba, Amazon dan lain sebagainya. 

Dilihat dari beberapa marketplace, yang cukup tertarik itu Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli dan Bukalapak. Namun saya tertarik untuk membahas Marketplace Lazada. 

Nah kebetulan saya jualan online di Lazada sekitar 2 tahun yang lalu. Tapi, sebelum bahas yang detailnya, sudah tahu belum apa itu marketplace?Kalau belum yuk kita simak dibawah ini.

Apa itu Marketplace?

Marketplace adalah sebuah wadah bisnis berbasis internet yang mempertemukan banyak transaksi antara penjual dan pembeli dengan  ketentuan persyaratan yang berlaku dimana perusahaan ikut andil dalam mensukseskan agar mencapai target. 

Jadi sudah tahu pengertian dari Marketplace. Bisa dibilang marketplace ini pertemuan antara penjual dan pembeli sama-sama memiliki rasa aman karena dari segi metode pembayaran menggunakan rekening bersama alias rekber dan juga sistemnya sudah terintegrasi. Apalagi banyak diskonnya. Pasti para pembeli bakal betah.

Ya jualan online di Marketplace tentunya sebagai penjual dan pembeli harus mematuhi segala peraturan yang ada.  

Alasan pilih Jualan Online di Lazada

Kenapa pilih Lazada untuk berjualan online? Ada beberapa alasan yang menarik kenapa jualan di Lazada. 

Menurut Google Play, pengguna aplikasi Lazada sekitar 100 juta pengguna. menariknya jualan di Lazada setiap konsumen bisa bayar ditempat alias cash on delivery (COD). Ditambah lagi ada kurir khusus untuk pickup namanya LEL Express. 

Tapi, untuk dipickup ada beberapa kriteria. Pas awal-awal menggunakan JNE, lalu pesanan meningkat dipindahkan ke LEL Express sampai sekarang. Apalagi alasannya jualan online di Lazada?

Ongkirnya murah, aplikasinya beda dari yang lain seperti ada lorikeet, course khusus seller menurutku mudah dimengerti dan mudah diimplementasikan, jangkauannya luas, gratis tidak dipungut biaya berapapun untuk menjadi seller lazada dan pembayaran gajian dibayar 1 minggu sekali setiap hari selasa. Kalau dulu hari rabu, namun sekarang-sekarang jadi hari selasa. 

Cara Daftar Seller Lazada

Sekarang nih kamu dapatkan cuan menjadi seller Lazada. Memutuskan menjadi seller Lazada, saat semester akhir kuliah kan punya tabungan tuh tapi jarang diisi ditambah lagi tabungannya menjadi pasif jika tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-berturut. 

Akhirnya berpikir keras dong gimana caranya tabungan setiap bulan atau setiap minggu ada uang masuk. Akhirnya memutuskan jualan di Lazada. Hal yang berani bagiku karena barang gak punya.

Pokoknya pas memutuskan jualan di Lazada tidak punya modal sama sekali dan menjual barang orang baru aku ambil untungnya. Dan alhamdulilah sekarang bisa stok barang sendiri.

Oh iya kembali ke cara daftar sebagai seller di Lazada. Pertama buka website https://pages.lazada.co.id/wow/i/id/sell-on-lazada/jualanonline atau langsung kesini https://sellercenter.lazada.co.id/apps/register/landing.  Pilih sebagai penjual Lazada.  Untuk perseorangan) Isi data dengan benar sesuai dengan  KTP.

Isi buku tabungan dengan benar. Jangan sampa nama ktp dan nama tabungan berbeda ya harus sama. Untuk perusahaan biasanya menggunakan NIB dan izin usaha. Kalau di bagian corporate, buku tabungan dan nama perusahaan harus sama. Perlu diperhatikan bahwa satu KTP hanya untuk satu akun tabungan dan akun lazada. Jadi, tidak bisa satu banyak toko satu tabungan. 

Tips Upload Produk di Lazada

Sebenarnya di Lazada sudah ada course yang mudah banget untuk menambahkan produk. Tapi saya akan coba menjelaskan beberapa tips upload produk di Lazada. 

Pastikan nama produk tidak lebih dari 70 kata, tips menamakan produk: Jenis produk+Merk produk+keterangan. Isi atribut utama pastikan produk yang kamu upload sesuai kategorinya. ISi deskripsi minimal 300 kata dan sedetail-detailnya biar unik dari yang lain. Tambahkan lorikeet. 

Lorikeet hanya bisa diakses vi desktop. Via aplikasi seller tidak bisa. Pastikan minimal  gambar lorikeet. Upload produk minimal 3 gambar.  

Enaknya di Lazada ada presentase produk sudah berapa persenkan produk kita. Kalau 100% berarti bagus. Kalau belum cari lagi hal apa aja yang belum sampai 100% .  Setelah semuanya beres, tinggal publikasi. Selamat kamu sudah upload produk di Lazada.

Tips Jualan Laris Manis di Lazada

Kunci utama jualan mau dimana-mana adalah trafik yang banyak. Semakin banyak trafik  maka peluang untuk mendapatkan cuan semakin besar. 

Rata-rata sih yah yang paling laris manis itu kategori fashion wanita. Seperti hijab, sepatu, gamis, mukena, baju dan lain-lain. Paling laris manis tuh. Bahkan loh ya ada seller yang mendapatkan 15000 pesanan dalam satu hari jualannya fashion wanita. 

Tips laris manis yang lain adalah selalu berusaha dan tekun. Karena kalau jualan pasti ada jenuhnya kalau tidak ada yang beli. Sering-sering upload produk kalau punya SKU banyak. Kalau produknya sendiri tapi sedikit? 

Berarti kuatin brandingnya.Buat akun social media juga seperti fanspage, instagram, youtube buat ngarahin visitor ke toko Lazada kamu. 
Sudah siap jualan online di Lazada? Ayo mulai jualan sekarang kapan lagi. Tetap semangat ya para pejuang jualan online. 


2 Responses to "Tips jualan Online di Marketplace Lazada"

  1. Lazada ini bagus buat belanja online. Bisa juga untuk buka toko ya. Jadi nambah penghasilan lewat online

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^