/ -->

Cocokkah Menyiapkan Dana Umroh Dengan Investasi Reksa Dana Pasar Uang?

Konten [Tampil]
Cocokkah Menyiapkan Dana Umroh Dengan Investasi Reksa Dana Pasar Uang




Cocokkah Menyiapkan Dana Umroh Dengan Investasi Reksa Dana Pasar Uang? - Umroh merupakan salah satu tujuan keuangan yang membutuhkan biaya tidak sedikit, sehingga banyak yang mengandalkan investasi Reksa Dana Pasar Uang untuk mencapainya. Namun apakah benar biaya umroh bisa dicapai dengan strategi tersebut? Lalu bagaimana dengan hukum halal tidaknya? 

Berikut pemaparan selengkapnya mengenai pengertian, keuntungan, cara kerja Reksa Dana Pasar Uang dan berbagai penjelasan terkait lainnya. Melalui persiapan yang tepat, dana yang terlihat besar bukan tak mungkin bisa Anda raih tepat waktu. 

Mengenal Pengertian dan Cara Kerja Reksa Dana Pasar Uang


menyiapkan dana umroh dana reksa
https://unsplash.com/photos/3Z3RvzpVAqM


Ada beragam instrumen investasi yang dapat Anda pilih untuk mencapai tujuan keuangan. Salah satu produk yang banyak direkomendasikan karena memiliki beragam keunggulan ialah Reksa Dana Pasar Uang

Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya terdapat 4 jenis Reksa Dana, yaitu Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Pasar Uang. Salah satu perbedaan mendasar dari masing-masing jenis sebenarnya hanya terletak pada alokasi dana yang dilakukan. Selain itu Reksa Dana dibagi menjadi dua yaitu Reksa Dana syariah dan konvensional. 

Melalui beberapa penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Reksa Dana Pasar Uang syariah ialah produk Reksa Dana yang alokasi seluruh dananya oleh Manajer Investasi (MI) ditempatkan di produk Pasar Uang, seperti deposito, surat utang jangka pendek, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Sertifikat Utang Negara (SUN), obligasi, sukuk dan instrumen sejenis yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun dengan basis syariah. 

Alasan Reksa Dana Pasar Uang Dipilih untuk Menyiapkan Dana Umroh 

Reksa Dana Pasar Uang menjadi salah satu jenis Reksa Dana yang banyak diminati, termasuk untuk persiapan melaksanakan ibadah umroh. Hal ini karena keunggulan yang dimilikinya. 
Nah, berikut keunggulan yang membuatnya cocok untuk investasi persiapan umroh, yaitu:

  • Kinerja Reksa Dana Pasar Uang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga lebih memberi rasa aman terhadap investor. 
  • Reksa Dana Pasar Uang merupakan instrumen yang liquid. Pencairan dana Reksa Dana memakan waktu maksimal 7 hari kerja, bahkan beberapa bisa cair dalam hitungan jam. 
  • Reksa Dana Pasar Uang memberikan imbal hasil atau keuntungan yang relatif stabil, bahkan nilainya cenderung naik. 
  • Reksa Dana Pasar Uang merupakan jenis Reksa Dana dengan risiko paling ringan bila dibandingkan dengan jenis Reksa Dana lainnya karena hampir seluruh portofolio investasinya adalah instrumen Pasar Uang dengan risiko rendah. 
  • Potensi imbal hasil Reksa Dana Pasar Uang berkisar antara 4% hingga 6% per tahun atau di atas rata-rata yang diberikan deposito. Hal ini karena pada deposito, pihak bank biasanya memberi persyaratan minimal nominal uang yang harus disetor untuk mendapatkan misalnya suku bunga 5%. Sementara pada Reksa Dana Pasar Uang, investor bisa memperoleh imbal hasil sebesar 5% tanpa menyetorkan uang dalam nominal besar.
  • Dana investasi bisa ditarik kapan saja tanpa dikenai potongan atau pinalti sehingga lebih menguntungkan dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan, termasuk merencanakan perjalanan umroh.
  • Terdapat pilihan produk Reksa Dana Pasar Uang yang berbasis syariah sehingga akan membuat Anda nyaman karena memiliki kinerja yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. 

Simulasi Perhitungan Biaya Umroh

menyiapkan dana umroh
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-tengara-bangunan-orang-banyak-5798526/



Bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana untuk pelaksanaan ibadah umroh, berikut perkiraan biaya yang dibutuhkan. Dikutip dari salah satu jasa penyelenggara perjalanan umroh, inilah paket harga yang ditawarkan:

  • Paket Umroh Promo 9 Hari, harga mulai Rp 26.000.000
  • Paket umroh spesial 9 hari, harga mulai Rp 31.900.000
  • Paket umroh spesial Garuda Rp 34.500.000
  • Paket umroh 17 hari dengan harga mulai Rp 28.500.000
  • Paket umroh 9 Hari plus Eropa/Turki dengan harga mulai Rp 35.000.000
  • Paket umroh selama 13 hari plus Turki, mulai dari Rp 35.900.000
  • Paket umroh selama 13 hari plus mengunjungi Eropa/Turki dengan harga mulai Rp 40.000.000 
  • Paket umroh selama 17 Hari plus mengunjungi Eropa/Turki harga mulai Rp 53.000.000

Adapun paket umroh diatas sudah termasuk biaya akomodasi hotel di Madinah, akomodasi hotel di Mekah, tiket pesawat perjalanan pulang dan pergi, asuransi perjalanan, visa umroh, makan 3x sehari, Muthawwif/Mutawwifah, perlengkapan untuk umroh, air zam zam, ziarah, koper besar dan tenteng, alat ibadah, sarung tangan serta kain ihram dan sabuk untuk laki-laki. 

Namun simulasi biaya perjalanan umroh diatas belum termasuk biaya lain-lain seperti pembuatan paspor, biaya paspor untuk 3 suku kata peserta, biaya suntik vaksin meningitis, biaya kelebihan bagasi, biaya kursi roda, biaya rumah sakit, biaya internet, laundry dan sebagainya. 

Jika diasumsikan biaya minimal umroh adalah Rp26.000.000 sesuai Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Republik Indonesia Nomor 777 tahun 2020 tentang Biaya Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah, lalu diasumsikan pula Anda mengambil paket umroh dengan jangka waktu persiapan dananya selama 24 bulan, maka per bulan Anda harus menabung sedikitnya sekitar Rp1.083.333. 

Andaikan kita berinvestasi di Reksa Dana syailendra Sharia Money Market Fund senilai Rp652.778 per bulan selama 36 bulan sesuai dengan rencana tabungan kita untuk mengambil paket umroh Barokah di Bareksa Umroh, maka simulasinya akan menjadi seperti berikut ini :

Jika Anda berencana menunaikan ibadah umroh dengan estimasi imbal hasil Reksa Dana Pasar Uang yang akan didapatkan sebesar 6% per tahun, maka setelah 24 bulan sejak Anda berinvestasi, total dana investasi Anda terkumpul sebesar sebesar Rp27,689,033.

Investasi Reksa Dana Pasar Uang dengan Mudah di DBS Treasures


Nah, bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana untuk ibadah umroh bisa mulai berinvestasi syariah melalui DBS Treasures. DBS Treasures menawarkan Anda berbagai keuntungan antara lain:

Pengelolaan Investasi Dilakukan oleh Profesional

Semua pilihan investasi yang tersedia dikelola oleh Manajer Investasi profesional guna mengoptimalkan kinerja produk.

Bekal Wawasan dari Tim Ahli Finansial

Selain bermitra dengan Manajer Investasi terkemuka dan profesional, DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang andal dan proaktif dalam mengkomunikasikan analisa pasar yang akan menambah wawasan investasi Anda. Tak hanya itu, tim DBS Treasures akan memberikan info terkait peluang investasi ter-up to date. 

Adanya Diversifikasi Investasi

Dalam berinvestasi, Anda disarankan melakukan diversifikasi investasi ke beberapa produk untuk mengurangi risiko investasi. 

Biaya untuk melaksanakan perjalanan umroh yang relatif besar membuat beberapa orang kesulitan merealisasikan niat baik tersebut. Namun, hal ini dapat Anda siasati dengan yakin memilih investasi Reksa Dana Pasar Uang syariah dari DBS Treasures.
























4 Responses to "Cocokkah Menyiapkan Dana Umroh Dengan Investasi Reksa Dana Pasar Uang?"

  1. makasih infonya ya mba. aku dari kemarin bac2 tentang pasar uang gak terlalu ngerti, oh sekarang jadi tahu nih apa kekurangan dan kelebihannya, semoga bisa belajar lagi tentang keuangan dan investasi

    ReplyDelete
  2. Nyatanya ada banyak cara untuk melakukan ibadah termasuk umroh ini, asalkan dengan niat ya kan? Reksa Dana Pasar Uang ini cukup menarik untuk persiapan umroh juga, semoga dimudahkan 💙

    ReplyDelete
  3. Boleh juga nih cobain invest di reksadana pasar uang DBS Treasures. Aku memang lagi cari2 info perusahaan yg bagus nih utk bercocok tanam uang hehe makasi infonya

    ReplyDelete
  4. Wahh terima kasih ilmunya, sudah mau berbagi tentang investasi reksa dana pasar uang, jadi paham beberapa hal dikit-dikit.. Mantep pokoknya..

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-