/ -->

30+ Kata Bijak Buya Hamka Bikin Semangat Menginspirasi Terbaik

Konten [Tampil]

30+ Kata Bijak Buya Hamka Bikin Semangat Menginspirasi Terbaik



Kata Bijak Buya Hamka Bikin Semangat Menginspirasi Terbaik - Buya Hamka adalah sosok ulama, sastrawan Indonesia karyanya selalu dinikmati oleh setiap generasi. Nama lengkap Buya Hamka adalah Prof. DR. H abdul Malik Karim Amrullah Datuk Indomo. Buya Hamka lahir pada tanggal 17 Februari 1908 di Sumatera Barat. 

Penulis Tenggelamnya Kapal van der Wijck ini salah satu sastrawan favorit. Dalam tulisannya banyak sekali hikmah dan menyejukkan hati. Meskipun jasadnya sudah tiada namun karyanya dan pemikirannya tetap hidup abadi hingga zaman ke zaman, generasi ke generasi tahu Buya Hamka. 

Berikut ada beberapa kutipan bijak Buya Hamka yang bisa melecutkan semangat pemuda maupun semangat dalam menjalani hidup.

1. Biarpun seribu kapal tenggelam di lautan. Namun, cita-cita manusia tidak pernah padam.

2. Jika ghirah telah hilang dari hati, gantinya hanya satu, yaitu kain kafan tiga lapis. Sebab kehilangan ghirah sama dengan mati. 

3. Kita tidak pernah dapat berkorban begitu besar kepada mereka yang bersedia mengorbankan segalanya bagi kita.

4. Jelas sekali bahwasanya Rumah tangga yang aman damai ialah gabungan diantara laki-laki dan halusnya perempuan.

5. Dalam situasi apapun. Jangan biarkan emosimu mengalahkan kecerdasanmu. - Buya Hamka

6. Manusia itu asalnya dari tanah. Makan hasil dari tanah, berdiri di atas tanah, dan akan kembali ke tanah. Lalu kenapa maih bersifat langit?

7. Jika Anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu. Ketetpatan perjalanan adalah kesuksesan anda.

8. Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas. Yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.

9. Jangan takut gagal. Karena orang yang tidak pernah gagal hanyalah orang yang tidak pernah melangkah.

10. Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun, ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri.

11. Bertobatlah tidak hanya berarti menyesal dosa. Tetapi juga membenci dosa.

12. Jangan dilepaskan dari tangan barang yang telah ada. Karena mengharapkan barang yang jauh. Seorang orang yang beriman mensyukuri nikmat yang telah ada dalam tangannya dan menerima dengan mensyukuri bilamana mendapatkan tambahan lagi.

13. Kalau hidup sekadar hidup. Babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja sekadar bekerja kera juga bekerja. 

14. Yang melemahkan semangat ada dua perkara. Pertama prasangka kedua hati busuk.

15. Cari pasangan itu tidak harus mapan.Yang penting kamu tahu apa rencana dia untuk kedepannya. Dan profesinya tidak perlu harus ini dan itu. Memang cinta butuh makan, namun ada satu perasaan ketika kamu mau untuk berjuang bersama maka itu lebih terasa nikmat.

16. tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba karena di dalam mencoba, itulah kita menemukan kesempatan untuk berhasil.

17. Orang berakal hidup untuk masyarakat bukan buat dirinya sendiri.

18. agama tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu tidak merusak jiwa. Agama tidak menyuruh kalau suruhan tidak membawa selamat dan bahagia jiwa.

19. Sebesar-besar atau seberat-berat urusan. Jangan dihadapi dengan muka berkerut. Kerut muka itu dengan sendirinya menambahkan lagi kerut pekerjaan ini.

20. Anak lelaki tak boleh dihiraukan panjang. Hidupnya ialah untuk berjuang. Kalau perahunya telah dikayuhnya ke tengah, dia tak boleh surut meski bagaimana besar gelombang. Biarkan kemdui patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia, daripada membalik haluan pulang. 

21. Jika yang diburu oleh hati adalah hal-hal yang buruk, maka setan dari golongan jin dan manusia akan membantu kita untuk mendapatkannya. Bila dicari kebaikan dan kebajikan, maka kejelekan akan enggan dan bersembunyi.

22. Jika beruntung, kamu akan menemukan orang baik. Jika tidak kamu akan ditemukan orang baik. 

23. Bahwasannya cinta yang bersih dan suci itu tidaklah tumbuh dengan sendirinya.

24. Ikhlas dan sejati akan bertemu di dalam senyuman abak kceil senyum yang sebenarnya yang tidak disertai apa-apa.

25. Diribut tundukkan padi. Dicupak Datuk Tumenggung. Hidup kalau tak berbudi. Duduk tegak kemari canggung.

26. Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya.

27. Cinta itu adalah perasaan yang musti ada pada tiap-tiap diri manusia. Ia laksana setitis embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Cuma tanahnya lah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi dan lain lain perangai yang terpuji.

28. Tiga rukun yang benar perlu dalam mencapai utama yaitu dengan tabiat dengan pengalaman dan pelajaran.

29. Hiudp ini bukanlah suatu jalan yang datar dan ditaburi bungan melainkan adakalanya disirami air mata dan juga darah.

30. Semakin banyak ilmu semakin lapang hidup. Semakin kurang ilmu semakin sempit hidup.

9 Responses to "30+ Kata Bijak Buya Hamka Bikin Semangat Menginspirasi Terbaik"

  1. Aku suka sekali dengan kata kata bijak Buya Hamka. Masya Allah bernas ya .

    Poin 6 jleb buat aku dan no 13 tentang kera hehhee sering mendapati quote bijak ini dipakai oleh teman2

    ReplyDelete
  2. Kata-kata dari Buya Hamka ini memang membangkitkan semangat. Saya sendiri termasuk pengagum karya-karya beliau. Beberapa romannya seperti Di Bawah Lindungan Ka'bah dan Tenggelamnya Kapal van Der Wijck, saya suka.

    ReplyDelete
  3. kata-kata bijak dari Buya Hamka ini nyess banget deh ya.
    semuanya memiliki arti yang dalam bagi kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Wah keren2 kata-kata bijak dari Buya Hamka yang selalu bikin bersemangat ya Mbak. Kutipan beliau emg sesuai dengan kehidupan kita jadi aku selalu suka..

    ReplyDelete
  5. Aku bookmark dulu ya tulisan ini, ijin dulu. Kata-kata bijak ini bisa aku share ke murid-muridku biar mereka makin rajin sekolah dan bersemangat meraih apa yang mereka cita-citakan

    ReplyDelete
  6. Daftar kata bijaknya sangat relate dengan kehidupan keseharian ya.
    Semoga kita semua, selalu menghidupkan inspirasi dari kata-kata bijak Buya Hamka, mempraktekkannya dan menjadi orang bermanfaat dengan cara kita masing-masing ke sebanyak mungkin orang lain.
    Bismillah, aamiin.

    ReplyDelete
  7. kutipan kata-kata beliau ini semuanya sangat inspiratif dan bisa jadi pedoman dalam hidup kita yaa

    ReplyDelete
  8. Indonesia wajib berbangga bisa memiliki seseorang seperti buya hamka. Kata-kata beliau sangat inspiratif dan mudah dipahami. Beliau seperti menyihir orang yang membaca karyanya menjadi lebih termotivasi dengan cara yang smooth dan elegant.

    ReplyDelete
  9. Kata-kata buya hamka memang selalu menginspirasi ya. Paling suka sama nomor 26.

    Harusnya kepintaran dan tatakrama nomor satu, bukan justru adu gaya seperti zaman sekarang.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^