/ -->

Manfaat NIPT Test Kromosom Saat Hamil dan Prosesnya

Konten [Tampil]
Manfaat NIPT Test Kromoson Saat Hamil dan Prosesnya


Manfaat NIPT Test Kromoson Saat Hamil dan Prosesnya - Kehadiran buah hati adalah salah satu kado terindah bagi pasangan suami istri.

Buah hati yang didambakan dengan keadaan sehat, kuat dan cerdas. Hal ini membuat para ibu selalu aware terhadap kesehatan janin. 

Kurangnya pengetahuan sejak dalam kandungan, angka kematian hingga risiko kelainan janin. Kelainan itu diakibatkan karena abai dan dapat mengganggu perkembangan janin.

Faktanya, banyak diantara para ibu tidak memperhatikan sejak dalam kandungan. Menurut WHO ada setiap tahun ada 1 dari 33 bayi yang lahir  kelainan fisik yang tidak sempurna. 

Kenapa Harus Tes Prenatal


Apa penyebabnya? Karena sejak awal tidak melakukan pemeriksaan dini. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan ikhtiar, teknologi sekarang memberikan inovasi terbaru untuk screening kelainan janin. 

Teknologi dengan nama NIPT Test. NIPT Test awalnya ditemukan dari negara Eropa pada tahun 2011. 

Cikal bakal teknologi ini, karena keprihatinan seorang ibu saat melahirkan anaknya memiliki kelainan Trisomy 21. 

Yang kita kenal dengan istilah Down Syndrome. Bukan hanya down syndrome saja, test NiPT bisa mendeteksi Edward Syndrome, Patau Syndrome, kelainan genetik bayu, dan jenis kelamin, 

Kelainan genetik karena kelebihan kromosom atau kekurangan kromosom. Pada manusia terhadap 23 pasang kromosom jadi 46 kromosom. 

Apabila ada jumlahnya 47 kromosom, maka terjadi kelainan pada janin. Kelainan itu bisa fisik mengakibatkan tumbuh kembang anak terganggu, IQ rendah, dan lain sebagainya. 

Ada banyak sekali manfaat yag didapat ketika melakukan screening sejak awal. Untuk melaukan test, tidak sembarangan. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya cek jumlah kromosom janin di trisemester 1 atau 11-20 minggu kehamilan.  Karena dalam trisemester ini belum ada pembentukan janin sebelum menjadi bayi. 

Selain itu pemeriksaan dilakukan saat usia ibu sudah memasuki 35 tahun keatas. Usia itu rentan terhadap kelainan janin. 

Proses Pemeriksaan dijamin Aman

Salah satu pertimbangan untuk melalukan suatu tes adalah rasa aman. Para bunda yang ingin melakukan tes gak perlu khawatir. 

Karena test NIPT aman bagi ibu dan calon janin minim resiko. Pengambilan sampel menggunakan tes darah atau pengambilan cairan ketuban.

Meminimalisir Terjadinya Kelainan Genetik

Manfaat yang selanjutnya, kita akan mengetahui keadaan kromosom dalam janin. Kalau lengkap sehat berarti hasilnya baik  kalau pun tidak maka akan ditindak lanjuti. 

Sudah disinggung di paragraf awal, risikonya anak akan memgalami kecacatan mental, terganggunya pertumbuham organ, Down Syndrome. 

Mempersiapkan mental, fisik, finasial di masa depan 

Meskipun sudah melakukan tes, hasilnya tidak bisa diprediksi ada aturan manusia dan takdir Tuhan, maka dari itu jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan tetaplah sabar dan legowo atas apa yang sudah di takdirkan. Karena kromosom tidak bisa diubah. 

Untuk itu, orang tua mempersiapkan biaya dan juga mental agar bisa menerima amanah dengan baik-baik tanpa perlu membanding-bandingkan. 

Istilah Tes Kromosom

Istilah dari tes kromosom adalah amniocentesis. Manfaat tes kromosom bisa mendeteksi kelainan kromosom pada calon bayi. Contoh kelainan kromosom yang lebih banyak dikenal dengan down syndrome.

Nama Lain Tes Kromosom  NIPT

NIPT singkatan dari Non Invansive Prenatal Testing. NIPT Test adalah suatu metode screening modern dengan teknologi canggih dunia kesehatan untuk mendeteksii meminimalisir kelainan pada kromosom janin. 

Test NIPT di Klinik atau Lab

Dimana Test NIPT? NIPT sangat bermanfaat bukan mendeteksi risiko kelainan janin. Namun untuk memeriksa dengan teknologi canggih jangan sembarangan. 

Pilihlah tempat yang sudah di jamin aman, ditangani para ahli, bisa konsultasi seumumr hidup dan pelayanan serta teknologi yang mumpuni. 

Tidak lain di tanyaDNA. Alasan kenapa menggunakana tanyaDNA yaitu menggunakan teknologi sequencing dengan keakuratan 99%. Nyaris sempurna bukan? 

Selain itu, manfaatnya hanya 1 kali tes saja. Bisa memiliki kontrol masa depan. Dengan pelayanan terbaik, gak perlu ada worry semuanya jadi happy. 

Semoga ibu dan janin sehat selalu yaa, bagi calon ibu tetap jaga kesehatan selalu perhatikan dari sekarang. Sayangi dirimu dan calon bayimu. 

Nah itulah beberapa manfaat dari tes kromosom. Upaya yang bisa di ikhtiarkan untuk melihat kelainan kromosom maupun kelainan genetik. Klau udah tahu infonya mau melakukan tes sekarang?









0 Response to "Manfaat NIPT Test Kromosom Saat Hamil dan Prosesnya"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-