/ -->

5 kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Ramadan

Konten [Tampil]
5 kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Ramadan



5 kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Ramadan - Saat bulan ramadan datang, setiap orang berlomba-lomba untuk meraih kebaikan didalamnya. Karena di bulan ramadan Allah curahkan kemuliaan dan rahmat-Nya. 

Maka dari itu, dalam menjaga keseimbangan dalam beribadah, selain menjalankan ibadah rutin seperti salat, dan tadarus, ada hal lain kegiatan yang berfaidah agar apa yang dilakukan tidak sia-sia malah mengundang kasih sayang Allah Ta'ala. Apa saja sih kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadan, berikut ada 5 kegiatan.Check this out!

1. Tadarus Alquran


Rasulullah ﷺ bersabda: "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya." (HR. Tirmidzi)

Yang mahir membaca Al-quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala." (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah ﷺ telah mengingatkan kepada umatnya. Jangan pernah untuk melewatkan ramadan tanpa membaca Alquran. Karena Alquran turun pada bulan ramadan. alangkah baiknya setiap hari membaca Alquran baik dengan terjemahannya. 



2. Menuntut Ilmu Mendengarkan Tausyiah

Zaman sekarang menimba ilmu tidaklah sulit. Apalagi saat pandemi datang. Biasanya mendengar kajian langsung ke masjid. Sekarang bisa menimba ilmu via Youtube. Ada banyak ustaz-ustaz yang memberikan tausiyah dengan berbeda tema. Ada Ustaz Khalid Riza Basalamah, Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Buya Yahya, Ustaz Adi Hidayat, Aa Gym, Ustaz Bachtiar Nasir dan ustaz lainnya. 

Untuk pilihan Ustaz tergantung pilihan sendiri. Jangan sampai berhenti untuk menimba ilmu apalagi di bulan ramadan., Selalu manfaatkan waktu sebaik-baiknya. 


3. Infaq, Sedekah dan Zakat

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk,” (HR Al Baihaqi). 

"Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antar dua orang adalah sedekah, kamu membantu orang untuk menaikkannya di atas kendaraannya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, tiap langkah menuju shalat adalah sedekah, dan membuang gangguan dari jalan adalah sedekah." (HR. Al Bukhari).

Tahukah teman Linimasaade, bahwa infaq sedekah adalah salah stau perbuatan yang sangat dicintai oleh Allah dan Rasul. Banyak sekali keutamaan tentang sedekah. Dengan sedekah senantiasa rezeki diberkahi, dosa diampuni, termasuk golongan yang terpilih, sedekah dalam memadmkan api neraka dan keutamaan lainnya. Sebelumnya ada perbedaan sedekah, infaq dan sedekah

Salah satu perbuatan untuk menyisihkan sebagian rezeki kepada orang-orang yang membutuhkan. Sedekahkanlah sesuai dengan tuntunan Rasulullah dengan baik. 

4. Berbagi Makanan untuk berbuka Puasa

Coba mengikuti kegiatan berbagi takjil. Biasanya setiap ramadan selalu ada komunitas membuka volunteer untuk mengadakan program berbagi takjil. Jika ada info seperti itu, langsung tanpa berpikir panjang untuk ikut andil. Coba rasakan takjil bersama saudara- saudara muslim kita. Betapa bahagianya mereka. Kita juga akan bahagia. 

5. Menulis dan Membuat Konten Bermanfaat


Nah kalau ini bagi teman Linimasaade yang suka menulis dan aktif di media sosial, tidak salahnya membuat konten tentang keagamaan dan ramadan. Sehingga para follower mendapatkan pencerahan yang sebelumnya tidak tahu jadi tahu. Betapa bahagianya ketika mereka tahu dan mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mengalir pahala kepada teman Linimasaade karena menjadi jalan kebaikan. 

Dari 5 kegiatan buln ramadan, mau menjalankan semuanya atau hanya beberapa aja? Kalau iya sebutkan dikommetar ya. Barakallah fiik. 



2 Responses to "5 kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Ramadan"

  1. aku kangen dengan kegiatan volunter. Biasanya dibulan puasa begini, kadang kantorku bikin acara bagi-bagi takjil. seru juga. sekarang udah nggak jalan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget kalau jadi volunteer bahagia enggak sendiri tapi kebersamaannya itu berbagi.

      Delete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^