/ -->

5 Hal Ingin dilakukan Saat Bulan Puasa Ramadan

Konten [Tampil]
5 Hal Ingin dilakukan Saat Bulan Puasa Ramadan




5 Hal Ingin dilakukan Saat Bulan Puasa Ramadan - Di postingan sebelumnya bahwa bulan ramadan tidak terlepas dari namanya berkah dari Allah Ta'ala.  Meskipun bulan puasa di rumah aja. Kalau dianalogikan bulan ramadan itu seperti air hujan dari langit yang tercurah sepanjang hari. Karena saking banyaknya limpahan keberkahan yang Allah berikan di bulan shaum ini. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda bahwa Segala sesuatu tergantung dengan niatnya. 

Niatnya berpuasa karena apa? Paling utama harus karena Allah. Kadang suka bingung resolusi bulan puasa itu sebelum bulan puasa udah ada daftar resolusi yang harus dikerjakan tapi pada akhirnya tidak kesampaian juga. Sepertinya tahun ini, akan mengambil resolusi bulan puasa yang harus dijaga istiqomahnya dan aksinya harus benar-benar aksi bukan hanya di angan saja. Apa saja yang ingin dilakukan saat bulan ramadan. Berikut beberapa poinnya diantaranya: 

1; Khatam Alquran 

Sudah pasti setiap muslim menginginkan untuk khatam Alquran di bulan mulia ini. Karena bulan ramadan adalah turunnya Al Quran. Ada beberapa tips untuk mengkhatamkan Alquran. Pertama ikut komunitas yang benar-benar semangat dalam mengkhatamkan Alquran minimal 1 kali khatam. 

Kalau yang saya ikuti biasanya setiap 1 orang 1 juz jadi kolektif.bisa sendiri-sendiri juga cuma dipantau dengan ketat ada catatan atau deadline-deadline biar tidak keteteran dan pas selama bulan ramadan, Meskipun padatnya aktivitas tidak mengurungkan untuk membaca Alquran. Selama ada jalan dan niat pasti bisa khatam.a 

2. Tidak terlalu banyak buka media sosial 

Ini nih yang penting. biasanya buka sosmed 1 jam scroll terus tanpa henti, nah di bulan puasa tidak terlalu scroll sosmed. Karena bulan puasa bukan hanya menjaga makan dan minum tetapi menjaga segala aktivitas yang mengundang kemudharatan. Di sosmed itu kan kaya akan informasi segala informasi yang baik dan tidak ada. Biar aman-amannya ya dihindari terlalu lama bermain sosmednya. biasanya kalau lihat sosmed posting di ig story dan lihat live ig aja. 

3. Menjaga silaturahim dengan keluarga dan teman 

Misalnya saat lulus sekolah maupun keluar dari kantor kerja dulu, kan suka lost contact tuh. Gak ada salahnya untuk menyambung silaturahim lagi. Karena silaturahmi itu di anjurkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam. Jangan sampai memutus kekerabatan. Kalau pun ada masalah bisa dibicarakan baik-baik. 

4. Menulis blog dan membaca 

Selain khatam Al Quran, tidak lupa dengan menulis di blog dan membaca buku. Biasanya kalau baca buku aku ambil waktu sahur buat baca biar menyerap bacaannya. Enak aja kalau baca dini hari itu. 

Tenang adem karena saat bangun belum ada informasi masuk kecuali dari buku dan alquran. Untuk target bacaan harus berapa buku kayaknya gak ada untuk bulan ramadan cuma minimal 1 buku. Memanfaatkan waktu dengan sebenar-benarnya. 

5. Ikut jadi volunteer takjil 

Alhamdulilah dengan adanya teknologi saat bulan puasa era pandemi membantu banget untuk mendapatkan informasi. Contohnya volunteer takjil. Biasanya di bulan ramadan banyak sekali komunitas mengadakan program ke yayasan anak yatim dan dhuafa. 

Biasanya membuka relawan yang ikut berpartisipasi. Hal ini membuat saya ingin ikit juga menjadi volunteer takjil. 

6. Merefleksi diri 

Penting banget untuk kontemplasi diri. Apakah selama bulan ramadan ini benar-benar waktunya untuk ibadah atau banyak digunakan yang tidak berfaedah. Semoga dalam momen ini bisa jadi cerminan diri untuk terus berbenah lebih baik lagi setelah bulan ramadan` baik dari meningkatnya spiritual ibadahnya aamiin.


Itulah beberapa hala yang ingin dilakukan di bulan ramadan. Semoga tercapai aamiin. Kalau teman Linimasaade ada keinginan apa yang ingin dicapai di bulan ramadan?

1 Response to "5 Hal Ingin dilakukan Saat Bulan Puasa Ramadan"

  1. yang belum terlaksana dengan baik kalau aku adalah khatam alquran di bulan ramadhan, niatnya kurang kuat ketika bulan ramadhan. Dulu sebelum memasuki bulan puasa, udah ancang-ancang duluan

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-