/ -->

Panduan Cara Membuat NIB Online UMKM Mudah di OSS

Konten [Tampil]
Cara membuat nib




Panduan Cara Membuat NIB Online UMKM Mudah di OSS - Siapa yang tidak kenal dengan istilah umkm di Indonesia? Usaha Mikro Kecil Menengah ini salah satu level penjualan di indonesia. 

Pertumbuhan sebelum dan setelah pandemi terus bertambah. Faktanya hampir 99% pelaku usaha di Indonesia dengan berbagai sektor maju dan terus berkembang mulai dari kuliner, petani, teknologi, pakaian, jasa dan masih banyak lagi sektor yang menguntungkan untuk umk. 

Dengan banyaknya pelaku usaha maka dipastikan ekonomi Indonesia semakin kuat dan terus berkontribusi untuk memulihkan perekonomian. 

Tapi, para pelaku umkm di Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan izin usaha. Kenapa ini penting? 

Karena dengan adanya nomor identitas usaha akan mempermudah akses baik itu untuk perizinan, legalitas dan memfokuskan usaha untuk terus berkembang. 

Ditambah lagi alasan para pelaku usaha tidak mengurus surat izin usaha karena prosesnya memakan waktu yang lama. Kalau bahasa mudahnya ribet banget.

Sekarang kabar baiknya umkm tidak perlu khawatir dengan segala kerepotan mengurus dan memroses perizinan karena pemerintah sudah mempermudahnya dengan nib. Apa itu Nib?

Apa itu NIB?


Sebelum membahas cara membuat nib, perlu diketahui pengertian serta tujuan adanya nib. NIB atau Nomor Induk berusaha adalah identitas legalitas yang di dapat dari situs OSS Online Single Submission (OSS) yang telah di resmikan bulan Agustus 2021 oleh pemerintah. 

Cara menentukan NIB yaitu memiliki nomor unik dengan deretan 13 angka yang difungsikan untuk merekam tanda tangan digital dan disertai security yang aman dan terjaga. 

Para pelaku usaha wajib memiliki Nomor Induk Berusaha baik berbentuk korporat maupun perorangan. 

Kapan masa berlaku dari NIB? Ternyata selama para umkm menjalankan dan proses pembuatan usahanya. NIB tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.


Fungsi NIB UMKM


Sudah tahu pengertiannya lalu apa fungsinya? 
Fungsinya antara lain mempermudah perizinan secara komersial maupun operasional. Selain itu sebagai bukti legalitas resmi yang bermanfaat banget untuk pelaku usaha yang ingin mengembangkan produksi dan distribusi produk. 

Manfaat NIB tentunya pelaku usaha mendapatkan payung hukum dalam usaha di mana pun lokasinya.

Selain itu mendapatkan kemudahan pemberdayaan di daerah masing-masing baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun daerah. 

Yang paling disukai para usaha yaitu adanya kemudahan dalam pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan resmi. 

Dengan adanya NIB para pelaku usaha mempermudah menjalin kerja sama dengan berbagai kooperasi. 


Yang paling penting NIB salah satu kepercayaan konsumen terhadap usaha yang kita bangun. Serta mendapatkan pengakuan hukum yang sah atas izin yang dimiliki yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum.

Fungsi NIB sebagai tanda daftar perusahaan (TDP), peserta jaminan kesehatan ketenagakerjaan, hak akses kepabeanan(NIK) dan angka pengenal importir (API). 

Kalau tidak mendapatkan NIB apakah tetap bisa usaha? Sejatinya masih tetap bisa untuk berusaha. 

Namun, segala hak akses kemudahannya tidak bisa didapatkan. Seperti fungsinya yang disebutkan di atas. Kalau saran sih mending cepat-cepat punya NIB. Secara naik kelas untuk melejitkan usaha tanpa takut dan legalitas terjaga dan aman.

Persyaratan Membuat NIB


Adapun beberapa persyaratan yang harus dilengkapi saat pendaftaran NIB, di antaranya: Nomor NIK, Nama pemilik usaha, lokasi, rencana, nomor kontak, bidang usaha, rencana penggunaan tenaga kerja, permintaan fasilitas kepabeanan, data pemilik usaha, 


Cara Membuat NIB Online Mudah


1. kunjungi situs www.oss.go.id. pastikan kuota dan WIFI terkoneksi stabil ya. Agar saat pembuatan NIB tidak terkendala di pertengahan. 

2. Pilih tombol masuk /sign in

3. Masukkanlah  username dan kata sandi serta captcha yang tertera. Captcha  erfungsi untuk mendeteksi apakah yang menjalankan komputer itu manusia atau robot. Jangan khawatir.

4. Setelah itu klik tombol masuk /sign in

5. Setelah masuk akan muncul dashboard pilih menu perizinan usaha lalu permohonan baru⁸. 

6. Lengkapi data pelaku usaha, bidang produk/jasa usaha.

7. Periksa dengan teliti bidang /produk jasa usaha yang akan didaftarkan. 

8. Paham dan centang beberapa pernyataan penting sebagai tanda persetujuan dengan semua pernyataan yang dijelaskan bahwa data yang Di input mendekati kebenaran tidal ada manipulasi maupun pemalsuan dokumen. 

9. Periksa dokumen izin usaha

10. Akhirnya Nomor Induk Berusaha (NIK) terbit di OSS.


Meskipun dalam pembuatan NIB online mudah dan gratis, namun bagi kamu yang ingin menggunakan jasa NIB dengan aman rekomendasi Easybiz. Jasa pembuatan NIB Online yang terpercaya hingga ribuan klien yang cepat terbit NIB.

Itulah penjelasan tentang cara membuat NIB secara online. Lejitkan potensi umkm dan legalitaskan dengan memiliki NIB.


0 Response to "Panduan Cara Membuat NIB Online UMKM Mudah di OSS"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^