/ -->

8 Makanan Untuk Rambut Sehat Cepat Tumbuh

Konten [Tampil]

8 Makanan Untuk Rambut Sehat Cepat Tumbuh




Makanan Untuk Rambut Sehat Cepat Tumbuh - Rambut indah berkilau adalah dambaan kaum perempuan. Rambut yang sehat, yang tebal dan  rambutnya wangi tentunya. Benar tidak? Rambut adalah mahkota. 

Ketika rambut sehat, kepercayaan diri seseorang meningkat dan menambah pesona kecantikan. Tapi, untuk mendapatkan kriteria rambut sehat membutuhkan usaha. Meskipun saya berhijab, saya sangat mementingkan kesehatan rambut. Apalagi mencegah ketombe juga. Karena ketombe juga membuat rambut kurang sehat.

Alasan mengapa rambut tidak sehat


Tidak sedikit perempuan ingin mempunyai rambut sehat. Tapi mengabaikan kesehatan rambut, tidak menjaga dan memperhatikan asupan gizi yang di makan. 

Bukan hanya tubuh saja yang mendapatkan asupan nutrisi yang sehat, tetapi rambut juga perlu. Rambut lebih banyak membutuhkan protein yang biasa kita kenal dengan keratin. 

Untuk mendapatkan protein tentunya didapatkan dari sumber makanan-makanan kaya akan protein untuk rambut. 

Saat SMP kira-kira kelas 2, saya mengalami rambut bercabang. Ujung rambutnya memerah dan bercabang jadi 2. Kebayangkan rambutnya. Seperti di warna padahal tidak. Akibatnya rambut saya rapuh dan rontok. 

Akibatnya, rambut rontok disertai menipisnya rambut. Saya benar-benar takut dengan kejadian ini. 

Untungnya mamah memberikan rekomendasi resep rambut sehat dari turun temurun. Menggunakan air teh bari (air teh yang kemarin) di bilas ke rambut. 1 bulanan rambutku yang rontok berangsur hilang. Ditambah makan yang kaya protein macam telur.


Makanan Yang Membuat Rambut Sehat 

Untuk sekarang, saya merawat rambut dengan menjaga pola asupan makanan agar tidak terulang lagi rambut rontok bercabang dua. 

Bukan hanya Perawatannya juga bukan hanya dari luar saja, tetapi dari dalam. 

1. Telur

Makanan sehat untuk rambut yang pertama adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang baik. Selain protein ada kandungan yang lain seperti biotin, zinc dan selenium. Menurut penelitian, semakin banyak biotin semakin optimal kesehatan rambut. Karena biotin dapat  menstimulasi sel untuk memproduksi keratin. Pantas saja jika orang mengkonsumsi telur, rambutnya sehat. Karena telur adalah makanan yang banyak mengandung protein. 

2. Pisang

Pisang itu emang manis. Bukan hanya dijadikan sebagai masker wajah saja. Atau sebagai cuci mulut saja.  Saat makan pisang, ternyata secara tidak sadar menjaga kesehatan rambut. Pisang salah satu makanan yang bikin rambut sehat. Saat kamu mengkonsumsi pisang, maka rambut akan sehat dan berkilau. Kandungan B17 pada pisangan sangat baik bagi rambut.

3. Umbi-umbian

Jangan dianggap remeh. Kalau di daerahku, ubi jalar suka dijadikan pindang ubi. Aneh kan? Ubi masa di pindang. Iya ciri khas daerahku. Baca-baca artikel tentang kesehatan rambut, eh nemu benefit ubi jalar untuk rambut. Ubi jalar bisa membuat rambut sehat dan tebal. Faktanya memang benar. Dengan rasanya yang manis dan mengenyangkan, ubi jalar memiliki kandungan beta-karotin yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

4. Alpukat

Pelengkap es campur atau es teler nih. Buah-alpukat yang kaya akan antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan rambut. Sebagian besar kandungan vitamin E yang dapat memberikan perlindungan terhadap kulit kepala. Kebayangkan kalau vitamin E sangat bagus untuk kulit. 

Jika kulit kepala terhindar dari radikal bebas. Jika area kulit bermasalah, maka mengganggu pertumbuhan rambut.

5. Bayam

Sudah tidak asing dengan jenis sayuran ini. Bayam yang terkenal dengan zat besinya ini ternyata salah satu makanan yang baik bagi kesehatan rambut. 

Kandungan yang terdapat dalam bayam seperti zat besi, zinc dan vitamin C dan A. Vitamin A dapat memproduksi  sebum alias kelenjar minyak untuk folikel sehingga rambut terlihat tebal, kuat dan tidak mudah rapuh. 


6. Daging 

Asupan gizi yang ketujuh adalah daging. Selain kaya akan protein, ternyata daging dapat menunjang kesehatan rambut  dan memperbaiki folikel rambut juga. Paket komplit ya. 


7. Kacang- kacangan

Selain menjadi camilan yang sehat, kacang-kacangan termasuk kategori makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin E yang berlimpah, membuat kacang-kacangan dinobatkan sebagai makanan sehat untuk tubuh dan rambut juga. 

8. Ikan 

Makanan sehat bagi rambut yang terakhir adalah ikan. Tidak lain ikan salmon dan ikan tuna. Ikan yang mengandung banyak lemak ini ternyata bisa mengurangi kerontokan dan menyehatkan rambut. Terdapat kandungan omega-3 dan omega-6 pada ikan. 
Menurut penelitian bahwa sekitar 100 wanita setelah mengkonsumsi ikan, kerontokan rambutnya berangsur-angsur membaik.

Jadi diantara 8 Makanan Untuk Rambut Sehat Cepat Tumbuh, nomor berapa yang ingin teman Linimasaade terapkan? 








9 Responses to "8 Makanan Untuk Rambut Sehat Cepat Tumbuh"

  1. mbak mau nanya, kalo rambut beruban itu termasuk gak ya? padahal usiaku masih dua puluhan tapi udah beruban. harus banget nih sering-sering konsumsi makanan di atas. huhuu.. malu banget kalo ke luar rumah gak pake jilbab.

    ReplyDelete
  2. Dari kedelapan makanan itu, daging sepertinya jadi menu yang sangat menyenangkan...tapi kalo tiap hari makan daging terus, kasihan juga badannya harus kerja keras buat ngolah.

    Sepertinya lebih baik dikombinasi aja deh kedelapan2nya.

    ReplyDelete
  3. Aku penyuka daging banget..
    Tapi iya gitu...jarang masak dan mengolah daging karena orang serumah prefer makanan lain.

    Ternyata tips rambut agar tidak mudah rontok dan senantiasa sehat semuanya ada di dekat kita yaa..bahan makanan sehari-hari.

    ReplyDelete
  4. Mbak, rambutku nih suka rontok parah. Suka worry sih kenapa2. Mungkin aku juga harus memperhatikan 8 asupan makanan di atas. Bisa saja dari pola makanku yang kurang sehat kali ya. Dan dari 8 menu di atas, bayam selalu jadi favorit aku mbak.

    ReplyDelete
  5. Jadi tau, daging pun ternyata punya ekstra manfaat, menjaga kesehatan rambut.
    Berarti makanan yang diasup rutin memang harus tetap variatif ya.
    Agar tubuh kita mendapatkan dengan baik asupan nutrisi yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  6. wah ini kan makanannya gampang banget kita temukan sehari-hari. dan ternyata makanan ini juga memiliki pengaruh ke rambut kita juga yaa

    ReplyDelete
  7. Wah, makasih banyak artikelnya, mba. Pas banget sama aku yang lagi cari-cara cara buat numbuhin rambut suami yang botak. Aku cobain ah makanan-makanan di atas. barangkali ada pengaruhnya, bisa nambah sedikit-sedikit aja udah lumayan. Hehe

    ReplyDelete
  8. Saya banget nih butuh asupan semua makanan ini karena rambut saya rontok parah. Sejak menjaga pola makan, gak terlalu banyak gorengan rontoknya sedikit berkurang sih. Tapi harus sering konsumsi makanan yang disebut pada artikel ini deh kayaknya agar cepat tumbuh

    ReplyDelete
  9. Saat ini, aku punya problem rambut rontok yang rasa-rasanya mengganggu banget. Pengen deh coba perawatan di rumah, salah satunya dgn mengonsumsi makanan2 yg mba sebutkan di atas, hehe. Thanks mba infonya.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^