/ -->

Mencintai Diri Sendiri, Hidup Jadi Bermakna

Konten [Tampil]

Mencintai Diri Sendiri, Hidup Jadi Bermakna



Mulai Mencintai Diri Sendiri, Hidup Jadi Bermakna- Setiap manusia mempunyai keunikan tersendiri dari cara berbicara, bersikap dan bahkan kembar identik  sekalipun ada perbedaannya. Tidak percaya? Coba tanyakan saja kepada orang-orang kembar. Hehe.

Setiap mahluk di ciptakan dengan keorisinalitasnya. Dari sidik jari setiap orang saja berbeda-berbeda. Dalam mencari identitas korban, polisi menggunakan sidik jari sebagai jalan utama untuk mengidentifikasi. Hal ini menandakan bahwa saya, kamu dan mereka berbeda. Setiap orang unik bukan?

Sampai saat ini, jutaan bahkan milyaran orang di dunia masih bergelut mencari jati diri dan cara bagaimana mencintai diri sendiri secara utuh tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain.

Tapi, kenapa ya terkadang sulit untuk menerimanya? Kenapa sulit mencintai diri sendiri? Mungkin sampai saat ini saya dan teman Linimasaade masih meraba-raba dan mencari jalan mencintal diri sendiri. Kalau dipikir-pikir lagi, saya yang sekarang dan dulu beda banget. Sangat beda pokoknya. 

Kadang saya selalu malu  dan minder dengan diri sendiri. Apalagi saat tampil di kelas atau naik panggung pentas, saya hanya memalingkan muka saja. Gak berani melihat penonton. Sampai-sampai di tegur sama guru. Kadang proses perjalanan hidup itu unik. 


Walhasil, apa yang saya dapatkan ketika tidak menghargai diri sendiri dan tidak mencintai diri sendiri? Saya suka di bully sewaktu kecil. Selalu nyalahin diri sendiri. Suka menghardik diri sendiri. Pokoknya gak mau seperti ini. Kenapa ya saya pemalu banget. Apa yang salah sama diri ini? Gak suka sama sikap diri sendiri. Itulah saya ungkapkan pada waktu itu. 

Bertambahnya tahun  berarti bertambahynya pengalaman hidup. Saya semakin sadar, bahwa membenci diri sendiri bukanlah jalan dalam menikmati hidup. Sungguh sangat menyiksa. Lambat laun, Kumulai mengenali diri sendiri. Meskipun agak panjang prosesnya, Memang begitulah harusnya. Bukankah mengenal diri sendiri mengenal penciptanya? Ketika membenci diri sendiri itu sama kita mendzalimi diri sendiri.

Cara Mengenal Diri Sendiri 


Bagaimana caranya mencintai diri sendiri? Mungkin setiap orang memiliki cara berdasarkan pengalaman dan kepribadiannya. Menurut istilah-istilah psikologi, saya termasuk orang introvert -melankolis. Kalau cara saya dalam mencintai diri sendiri.  Pertama adalah banyakin bersyukur. Tidak ada cara lain selain kita bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla. 

Kedua adalah sadar diri. Terimalah dirimu apa adanya. Semuanya pasti ada kekurangan dan kelebihan. Ketiga, tidak perlu antusias dalam membanding-bandingkan dengan yang lain. Berhenti mengikuti standar orang lain.  Hal itu membuat capek hati. Selain itu, menghindari orang-orang toxic yang selalu mematahkan mental proses mencintai diri sendiri. 

Saat mulai belajar mencintai diri sendiri, menerima kekurangan dan kelebihan. Kucoba fokuskan kepada kelebihan untuk menjadi potensi dan peluang di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Saya bahagia ketika mengenal diri sendiri. 

Sudahkan mencintai diri sendiri sebelum orang lain? Kalau ingin bahagia ya jangan lupa untuk berterima kasih kepada diri sendiri

"Be yourself because an original is worth more than copy." Unknown



















1 Response to "Mencintai Diri Sendiri, Hidup Jadi Bermakna "

  1. Setuju dengan kalimat "berhenti mengikuti standar orang lain". Kadang kita ingin menjadi A atau B padahal kita punya sesuatu dalam diri kita. Hanya saja kita kurang yakin dan percaya dengan hal tersebut.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^