/ -->

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools Otomatis Pakai GSC Gratis

Konten [Tampil]
Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools



Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools Otomatis Pakai GSC Gratis - Malam kemarin tepatnya tanggal 9 Juli 2021 Seo Moms Community mengadakan Kopdar. Kopdar sendiri sebuah sharing rutinitas yang diadakan Seo Moms community. 

Kopdar kemarin Bang Q selaku founder menjelaskam tentang tutorial cara daftar akun Ahrefs Webmaster Tools. Saya senang sekali seperti dapat mainan baru. Selain kenal Google Search Console dan Bing Webmaster Tools. 

Kali ini saya kenalan dengan Ahrefs Webmaster Tools. Biasanya kalau menggunakan Ahrefs, saya mencari Keyword meskipun versi Free hanya 2 kali kesempatan hihi. Tapi saya memaksimalkan penggunaannya untuk mencari Keyword yang potensial. Disini https://ahrefs.com/keyword-generator

Apa Perbedaan Ahrefs Webmaster Tools dan Google Search Console?


Dalam halaman utama Ahrefs Webmaster Tools, ada beberapa poin penting perbedaanya.

Kesehatan Seo / SEO Health

AWT: Dalam pemantauan SEO, Ahrefs Webmaster Tools memberikan pemantauan lebih dari 100+ dan cara dan saran memperbaiki permasalahannya diberikan secara detail atau terperinci.

GSC: Google search Console beberapa masalah dan terbatas.

Backlink/ Tautan Balik

AWT:  Dari segi backlink, Ahrefs Webmaster Tools menampilkan semua backlink yang ada tidak disembunyikan. Selain itu menampilkan metrik SEO tingkat domain & halaman Data tautan rusak/ broken link untuk tautan internal dan eksternal Data jenis tautan (nofollow, UGC, disponsori. Semuanya bisa dilihat di AWT.

GSC: Kalau Google Search Console hanya menampilkan backlink 1000 teratas. 

Search Traffic and Keyword/ Cari lalu lintas & kata kunci

AWT: Berdasarkan arus lalu lintas dan kata kunci, Ahrefs Webmaster Tools menampilkan semua kata kunci mulai dari metrik SEO untuk halaman dan kata kunci. Selain itu cuplikan SERP (Search Engine Result Page) dengan data kompetitif. Ditanbah ada fitur SERP untuk setiap kata kunci/keyword.

GSC: Kata kunci ditampilkan Semua kata kunci yang diketahui 1.000 teratas. 

Bagaimana menurut teman Linimasaade perbedaanya lumayan ya? Kalau sudah tahu perbedaanya, mau tahu cara daftar akun di Ahrefs Webmaster Tools? Baca dibawah ya.

Cara Daftar Akun Ahrefs Webmaster Tools Melalui Google Search Console


1. Cari di Google Ahrefs Webmaster. Langsung klik linknya https://ahrefs.com/webmaster-tools

2. Setelah di klik, akan muncul halaman Ahrefs Webmaster Tools.

3. Pilih Sign Up For Free. Pastikan email Google search Console sama dengan email yang akan di daftarkan ke Ahrefs Webmaster Tools. Kalau beda bagaimana? Gak bisa import data secara otomatis kalau emailnya beda.

4. Ada dua pilihan. Pertama import otomatis atau add manually. Saya sarankan menggunakan otomatis.

5. Berikan hak akses Ahrefs Webmaster Tools. Klik allow - allow - allow sebanyak 3 kali

6. Setelah itu muncul semua website yang ada pada Google search Console. Gunakan blog yang benar-benar Teman Linimasaade pantau dan sering di cek. 

Saya pilih 2 blog karena yang aktif dan sering saya pantau ada 2. Kalau banyak ada 9 10 11 bagaimana? Kalau sanggup ngurusanya silakan. Tapi pilih 2 aja maksimal ya cukup. 2 aja cukup.

7. Centang hijau semua tombol hijaunya ya. 

Selesai

See apa yang terjadi? Muncul grafiknya? Saat pertama kali saya melihat dashboard Ahrefs Webmaster Tools, membuat mata berbinar-binar ha-ha-ha.


Saya gunakan dua-duanya Google Search Console dan Ahrefs Webmaster Tools. Bagaimana mudah bukan cara daftar akun di Ahrefs Webmaster Tools? Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan komentar ya.




10 Responses to "Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools Otomatis Pakai GSC Gratis"

  1. Mba Adel, keren banget ih. Kopdar SEMOC langsung jadi postingan. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Kita benar-benar nggak harus berlangganan kalau otomatis menautkan dengan GSC ya, Kak. Kalau begitu aku mau cobalah. Emang sih ahref bisa lebih lengkap gitu kelihatannya.

    ReplyDelete
  3. ah seneng banget mampir sini dapat ilmu lagi buat blog, aku keep yah mba postingannya buat belajar lagi, lengkap dan mudah ini tutorialnya. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  4. Saya udah daftar ahrefs cuma suka siwer aja pakainya hihi. Iya memang lengkap sekali fiturnya, padahal pakai yang free

    ReplyDelete
  5. Ternyata cukup mudah ya mbak untuk mendaftar ahrefs ini. Dari segi kegunggulan juga lebih baik dibanding GSC, saya juga prefer menggunakan ahfres untuk mencari kata kunci

    ReplyDelete
  6. Wah aku belum pernah pakai ahref buat nyari kata kunci. Tahunya ahref ini buat cek dr aja. Ntar mau coba menakutkannya sama gsc. Keren banget eh kopdar semoc sayang aku nggak bisa ikutan kalau zoom malam-malam. Huhu

    ReplyDelete
  7. Wah, ilmu baru nih. Semoga saya bisa mempraktekannya. Karena urusan tools blog begini begitu saya masih keteteran.

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya, aku gak pernah tau fungsi ahrefs karena sampai ada yang bela-belain beli versi berbayarnya.
    Ternyata bisa buat banyak hal yaa...layaknya GSC.

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada ahrefs ini. Duh, spellingnya agak susah yaa dilidahku hihih. Nanti ta coba inti-intip deh, karena ini jadi pemahaman baru.

    ReplyDelete
  10. Kalau mau maksimal ngeblog apalagi monetize emang harus totalitas dalam mengelolanya. Kalau saya hanya pakai Google Search Console Mbak, sukaa banget kalo dapat laporan bulanan. Kita jadi tahu gimana performa blog kita dan evaluasi apa yang harus diperbaiki di bulan selanjutnya.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-