/ -->

6 Hal Yang Menyenangkan Saat Bulan Ramadan

Konten [Tampil]
6 Hal Yang Menyenangkan Saat Bulan Ramadan




5 Hal Yang Menyenangkan Saat Bulan Ramadan - Bulan ramadan tiba ramadan tiba marhaban yaa ramadan. Marhaban yaa ramadan karim. Selamat datang bulan ramadan. Setiap menjelang bulan ramadan ada beberapa soundtrack legenda dari Opik. Dari segi iklan minuman biasanya ada iklan sirup hijau tanpa pemanis buatan. Secara tidak sadar orang sudah tahu iklan itu hehehe. 

Semua mahluk menyambut suka cita bulan yang penuh berkah. Apa yang teman Linimasaade ingat tentang ramadan? Bagaimana perasaan teman Linimasaade ketika bulan tamadan tiba? Pastinya bahagia ya. Karena dibalik bulan ramadan terdapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan 11 bulan lainnya. 

Dari perjalanan Shirah Nabawiyah bulan ramadan adalah bulan dimana diturunkannya Alquran yang telah kita ketahui disebut dengan nuzulul quran. Banyak sekali sejarah-sejarah penting di bulan ramadan. 

Biasanya saat bulan ramadan ada hal-hal yang paling menyenangkan. Apa aja coba? Saya akan berbagi beberapa hal yang menyenangkan di hulan ramadan. Tentunya akan dari sudut pandang usia hehehe.

Hal-hal yang menyenangkan di bulan ramadan

1. Buka Bersama


Zamannya buka puasa bersama masih kumpul sama teman-teman sekolah maupun teman kampus sebelum adanya Covid-19. Tapi, sekarang lupakan dulu Covid-19. Agar momennya dapat. Saat acara buka bersama banyak sekali drama dan wacana. 

Apalagi pas zaman kuliah menentukan hari dan tanggal aja banyak dipikir panjang karena ada yang sudah booking duluan bukber bersama teman SMA, ada yang gak bisa karena bentrok sama bukber keluarga. Dan akhirnya dapat satu hari semua pada bisa meskipun ada beberapa juga yang gak bisa. Menyenangkannya itu momen penting seperti ini. 

Buka bersama itu adalah momen yang menguatkan silaturahmi menurutku. Mendatangkan yang jauh mendekatkan yang dekat. Tapi, ada aja yang gak mau diajak bukber. Tapi, sekarang gak bisa bukber. Semoga bisa adaij bukber tahun ini via virtual aja hahaha. 


2. Ngabuburit


Ngabuburit adalah bahasa sunda jalan sore nunggu magrib. Biasanya di tiap daerah tradisi ngabuburit berbeda. Zaman masih sd, kalau di kampung ngabuburitnya itu ke mesjid ngaji alquran dari surat ad-dhuha secara bergantian satu orang satu surat setelah selesai langsung sholawatan. Paling kalau sekarang hunting makanan untuk buka puasa. 

3. Pesantren Kilat

Siapa yang tidak mengalami pesantren kilat? Pasti semuanya pernah ya. Lagi-lagi saya cerita masih kecil momen hal-hal yang paling menyenangkanya. Pesantren kilat waktu di bangku sekolah dasar, bukan hanya hunting tanda tangan imam, yang paling menyenangkan pesantren kilat. 

Pesantren kilat istilahnya pesantren di bulan ramadan. Santri dadakan. Waktu sekolah dasar, pesantren kilat diadakan dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. 

Ada lagi pesantren kilat saat jadi santri beneran.. Saat asrama, saya kaget ternyata oesantren kilat di oondok lebih padat dibandingkan pesantren kilat waktu sekolah dasar. 

Waktu itu mulai pesantren kilat dari jam 8 pagi hingga jam 11 malam. Kajiannya full kitab kuning ditambah qiroah sab'ah. 

Lelahnya benar-benar lelah tapi alhamdulilah terkenang sampai sekarang. Kalau pun datang ramadan suka ingat-ingat momen itu. Pokoknya saya suka sama pesantren kilat apalagi saat mondok. 

4. I'tikaf

I'tikaf itu diam di mesjid. Bukan berarti diam sambil ngelamun ya. I'tikaf biasanya dilakukan saat 10 terakhir bulan puasa dai tanggal ganjil  dalam mendapatkan lailatul qadar 1 hari lebih baik dari 1000 bulan. Nah mumpung bulan puasa manfaatkan momen i'tikaf di mesjid di hari terakhir.


5. Mudik

Wah mudik adalah yang menyenangkan. . Sebelum merantau ke Bandung belun pernah jauh dari orang tua. Tapi setelah merantau kerinduan kampung halaman sangatla. Mudik menjelang hari raya idul fitri sangat dinantikan oleh semua orang. Berkumpul bersama keluatga di hari raya. 


6. Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat yang ada d bulan ramadan. Biasanya untuk pelaksanaan shalat tarawih ada yang 11 rakaat dengan witir ada yang 23 dengan witir. 

Tinggal oilih saja teman Linimasaade mau yang mana. Yang paling menyenangkannya adalah karena shalat tarawih ini rakaatnya banyak dan menurutku limited edition dan penuh perjuangan. Karena godaannya ada aja. 

Misalnya hari ke 3 shalat tarwih setelahnya enggak karena alasan tertentu. Makanya harus benar2 di niatkan karena Allah dan harus pasang mindest bahwa shalat tarawih ini suatu keharusan perintah dari Allah. Di 11 bulan lain mana ada tarawih hanya di bulan ramadan aja. 

0 Response to "6 Hal Yang Menyenangkan Saat Bulan Ramadan"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^