/

13 Amalan Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

13 Amalan Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah


13 Amalan Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah - Bulan ramadahan adalaha bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. dalam bulan bulan ramadahan terdapat pahala yang dukali lipat. Oleh karena itu inilah 13 amalan puasa rama
dhan yuk simak.

1. Mengakhirkan Sahur

Ternyata mengakhiri sahur merupakan amalan puasa ramadan lho. dan disunnahkan oleh rasulullah SAW. Kadang sahur bikin kita malas. Rasa kantuk yan tidak hilang membuat kita enggan untuk santap sahur. Waktu untuk sahur dianjurkan untuk mengakhirkannya. Seperti 10 menit mau masuk imsyak karena selain tidak terlalu lapar dan juga ini dianjurkan .


2. Menyegerakan Berbuka

Jika sahur dianjurkan untuk mengakhiirnya, maka berbuka lebih baik disegerakn tidak boleh di akhirkan. Walaupun hanya minum atau makan kurma. Tapi menyegerakan berbuka itu dianjurkan. Pada dasarnya semua itu didukung penuh oleh beberapa hadits dan juga ulama.
3. Shalat Tarawih

4. Berpuasa

Salah sartu amalan bulan ramadan yaitu bulan puasa di bulan ramadhan sebulan penuh.Mungkin hanya sebagaian yang mengetahui kewajiban berpuasa bagi umat muslim.  Allah berfirman: 


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS al-Baqarah: 183)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla  berfirman, ‘Kecuali puasa, sungguh dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnyadan makannya karena Aku’. Bagi orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan; gembira ketika berbuka puasa dan gembria ketika berjumpa Tuhannya dengan puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dari pada bau minyak kesturi.” (HR. Bukhari dan Muslim, lafadz milik Muslim)

5. Itikaf

Amalan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim adalah i'tikaf. I'tikaf biasanya dilakukan pada tanggal 10 hari terakhir puasa. Karena dalam i'tikaf bukan hanya berdiam diri kita itu sambil menunnggu datangnya laitaltul qodar atau malam 1000 bulan. sangat beruntung seorang muslim bisa berjumpa dengan lailatul qodar semoga bisa ya. Beri'tikaf itu berdiam diri untuk melakukan ibadah sebanyak-bayaknya misalnya mengaji membaca alquran berdizikir.

6. Membaca Alquran

7. Shodaqoh 


Dalam hadis shahih riwayat al-Bukhari dan Muslim, dari Ibnu Abbas ra diberitakan bahwa:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

 Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan (HR. al-Bukhari No.4711 dan Muslim No.2307).

Karenanya kita mesti mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini dengan perbanyak sadaqah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhu’afa dan fakir miskin.

Rasulullah SAW bersabda:

أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى أَبْوَابِ الْخَيْرِ ؟: الصَّوْمُ جُنَّةٌ، وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ  كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ، وَصَلَاةُ الرَّجُلِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ

“Maukah kamu aku tunjukkan pada pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai dan sedekah akan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seorang laki-laki pada pertengahan malam.” (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, dll) Al-Albani: hadis ini sanadnya hasan (Irwa al-Ghalil, II/139).

Dan salah satu bentuk shadaqah yang dianjurkan selama Ramadhan adalah memberikan ifthar (santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa. Dari Zaid bin Khalid al-Juhani, bahwasanya Nabi Saw bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ أَوْ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ الصَّائِمِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah). Al-Albani: hadis ini shahih (Shahih al-Jami’al-Shaghir, II/1095).

8. Shalat Malam

Sholat malam (tahajjud) adalah salah satu amalan yang sangat ditekankan oleh Nabi SAW, terutama di bulan Ramadhan.

Hal ini didasari pada hadis Nabi yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA yang berkata: “Jangan tinggalkan Salat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau Salat dengan duduk.” [HR. Abu Dawud & Ahmad]

9. Berdzikir 

Berdzikir pada bulan ramadhan dapat meipat gandakan pahala. Oleh karena itu perbanyaklah berdizikir dimanapun kapanpun sesuai kemampuan.

10. Shalat tarawih 

Amalan yang paling ditunggu-tunggu adalah shalat tarawih. Shalat tarawih biasa dilakukan sehabis melakukan shlat isya. Untuk melakasanakannya ada ulama yang berpendepata boleh 11 rakaat dengan witir boleh 23 rakaat dengan witir. Tapi kebanyakn mengguaka 23 rakaat. 

11. Umroh

Jika kamu mempunyai uang cukup lebih, segeralah berangkat umroh pada saat bulan suci. dalam hadits shohih, bahwa orang yang melakukan umroh saat bulan puasa maka pahalanya sebanding dengan haji bersama Rasulullah SAW. Kenikmatan yang tiada tara saat melakukan ibadah umroh di bulan ramadahn semoga diberikan waktu dan reeki lebih untuk bisa umroh pada bulan ramadhan.

12. Memberi makan untuk yang berbuka

memberi makan untuk berbuka bagi orang-orang yang puasa. Sabda Rasulullah SAW:

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ اَجْرُ صَائِمٍ وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّا ئِمِ شَيْئٌ

Artinya : “barang siapa yang member berbuka orang yang berpuasa maka ia mendapat pahala, sebanyak orang yang puasa dan tidak mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Tirmudzi)

13. Bertaubat

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampun segala pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka selebar-lebanrya. Maka dar itu gunakan kesempatan emas ini untuk bertaubat meminta doa kepada Allah SWt untuk mengampuni segala dosa yangtelah dilakukan di masa lalu. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "13 Amalan Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel