/ -->

Ikigai, Filosofi Ala Jepang Menemukan Kebahagiaan

Konten [Tampil]
Ikigai, Filosofi Ala Jepang Menemukan Kebahagiaan


"Hanya dengan tetap aktif yang akan membuat kamu ingin hidup hingga seratus tahun." - Pepatah Jepang

Ikigai, Filosofi Ala Jepang Menemukan Kebahagiaan - Dalam hidup setiap orang pasti memiliki cara untuk bahagia. Apalagi bahagia dalam menjalankan pekerjaan yang dia tekuni. Ada pandangan hidup yang ingin di miliki alasannya kenapa meakukan pekerjaan. Ada orang yang sampai detik belum tahu apa tujuan hidup ada juga orang yang sudah menemukan. Beruntung ya. Semua orang pasti pernah mengalami fase hidup yang begitu rumit. Apa yang dilakukan ini sesuai passion apa tidak?

Pada tahun 2020 pertengahan bulan juni saya baru tahu ada istilah Ikigai. Kalau kita lihat pasti dari jepang. Cuma yang saya penasaran kenapa ada istilah itu. Saat mencari tahu ternyata Ikigai ini sebuah konsep hidup bahagia orang Jepang tepatnya berasal dari Okinawa. 

Filosofi ala jepang Ikigai ini tertuang dalam buku internasional best seller dengan judul Ikigai The  Japanese Secret to a Long and Happy Life yang ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles. Wah bukunya bahasa inggris yah apa tidak ada terjemahannya? Tenang jangan khawatir buku Ikigai sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Saya pun membeli buku terjemahan. 

Saya mencoba membeli buku Ikigai dan saya sudah menuliskan buku rekomendasi self improvement terbaik salah satunya buku Ikigai ini. Untuk mendapatkan buku ini tidak sulit cukup temukan di marketplace. 

Tapi harus pintar-pintar membeli buku di marketplace karena berseliweran buku bajakan. Untuk melihat keaslian buku bisa dilihat dari covernya apakah tulisannya timbul apa tidak. Biasanya yang bajakan harganya lebih murah dibandingkan harga yang sudah ditentukan.

Baik, kembali lagi ke konsep Ikigai. Lalu apa itu Ikigai? Bagaimana rahasia kebahagiaan orang Jepang dengan konsep Ikigai? Penasaran ? Mari kita jelajah bersama menemukan kebahagiaan hidup.

Pengertian Ikigai

Sebenarnya apa itu Ikigai? kata ikigai  gabungan dari bahaas Jepang 生き "iki" artinya kehidupan, sedangkan 甲斐 "gai" menjadi berharga. Yang berharga tentunya bernilai. Jadi secara pengertian dapat disimpulkan bahwa Ikigai adalah konsep hidup bermakna yang lebih membahagiakan dan ada alasan kuat ntuk terus melakuannya. 

Lebih diartikan sebagai kerja dengan bahagia. Hidup yang bermakna tdak begitu untuk ditemukan. Saat kenal dengan konsep ini saya mencoba untuk mencocokkan hal apa saja yang saya sukai, dan saya lakukan ini membuat mood bahagia tidak ada beban dan dtambah lagi kebahagiaan itu dibayar.

Aturan Ikigai 

Apakah ada aturan dalam Ikigai? Tentunya ada dalam Ikigai terdaapat 10 aturan yang dapat mengatur ikigai. Tapi saya tidak mau bahas semua nanti bakal spoiler. Saya akan mencoba memberikan beberapa saja dalam mengatur ikigai. Pertama  selalu tersenyum. Ternyata lho yah dalam mencari makna hidup salah satunya adalah tersenyum Dalam agama islam pun bahwa senyum adalah sebagian dari ibadah.
 Tidak hebat lagu yang kedua aturan teruslag berterima kasih. Dalam situasi appaun dalam kondisi appaun. Abagian terima kasih salah satu ettitude yang wajib dipraktekkan anak muda untuk belaja etika terhadap yang berumur. Ketiga  

Cara Menemukan Ikigai

Untuk menggambarkan Letak Ikigai itu biasanya ada berbnetuk diagram venn. Ikigai terbentuk dari irisan-irisan apa yang kamu cintai (what you love), apa yang kamu  bisa lakukan ( what are you good at), hal yan bisa dihargai (what you can be paid for), dan hal yang dibutuhkan orang banyak (what the world needs).

2 Responses to "Ikigai, Filosofi Ala Jepang Menemukan Kebahagiaan"

  1. Menarik sekali yaa ini bahasannya, dalem aja gitu rasanya

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^