/ -->

Apakah Setiap Orang Punya Grit?

Konten [Tampil]
Apakah Setiap Orang Punya Grit?



Apakah Setiap Orang Punya Grit? - Pernahkah punya teman saat di bangku sekolah nilainya selalu tinggi, pintar dan juara kelas terus, tapi kamu biasa-biasa aja dalam hal nilai. Pernah mendengar kisah sukses seseorang yang nilai akademiknya biasa aja tetapi sukses dan terus melejit hingga saat ini? 

Yakin kamu pasti pernah mendengar, membaca hingga melihatnya sendiri. Hal itu membuktikan bahwa kesuksesan dicapai bukan berapa nilai dan IQ kamu tapi seberapa gigihnya dan uletnya kamu merengkuh kesuksesan. Kecerdasan intelektual itu tidak menentukan kesuksesan kamu di masa depan. Dalam buku Grit  kamu akan tahu rahasia kesuksesan.


Saya pikir kata kesuksesan hanya milik orang-orang yang punya bakat dari lahir, pintar, 
IQ tinggi, juara terus menerus, dan lain sebagainya. Anggapan itu ternyata salah besar setelah tahu konsep pengembangan diri yang disebut dengan GRIT oleh Angela Lee Duckworth yang merupakan Profesor Psikologi di Universitas Pennsylvania. 

Apa Itu Grit?

Dalam bahasa inggris artinya grit = menggertakkan. Dalam arri lain Grit adalah ketabahan. Grit adalah sebuah semangat yang membara walaupun rintangan yang menerjang sebesar apapun badai menghadang seseorang tidak akan pernah menyerah dalam menjalani hidup ini segalanya akan terus berjalan tanpa pantang menyerah dengan faktor dari dalam dan luar. 


4  Elemen/Sifat Orang yang punya Grit


    1. Minat (Passion)

Siapa yang mencintai pekerjaannya, iya tidak akan pernah meninggalnya dia tidak akan pernah menyerah sesulit apapun karena dasarnya dengan kekuatan cinta. Ini pun pernah saya alami ketika saya  memutuskan terjun ke dunia blog. 

Dalam ngeblog pasti ada naik turunnya belajar hal-hal baru tapi karena ada dasar cinta dan suka semua sifat malas dan ingin rebahan aja merasa terabaikan. Akhirnya fokus terus hingga sampai saat sekarang masih bertahan dalam dunia blog. Menurut Dr Angela seberapa pun bertahannya kita dalam pekerjaan selama tidak mencintai pekerjaan tersebut tidak akan bisa bertahan. 

    2. Giat berlatih (Deliberate Practice)

Ada sebuah istilah bisa karena terbiasa. Jika meraih kesuksesan pastikan kita belajar terus menerus. Semakin banyak berlatih maka akan terus berkembang. Seperti yang saya lakukan ini melakukan challenge apa saja selama itu positif. 

Contohnya tahun kemarin saya mengikuti tantangan 30 hari bersuara tantangan dari The Podcasters Indonesia. 

Alhamdulilah saya bisa menyelesaikan tantangan ini meskipun tidak masuk ke babak selanjutnya, tapi saya bangga sama diri sendiri karena sudah melakukan yang terbaik dan menuntaskan challenge. 

Tidak berhenti dari situ sekarang saya mengikuti One Day One Post untuk artikel. Tulisan Grit ini juga merupakan salah satu tantangan yang harus diselesaikan.  

Maka dari itu, pola belajar terus menerus lakukan dengan pengulangan. Apapun mimpi dan cita-cita kamu selama kamu lakukan dengan kerja keras untuk menggapai mimpi pasti bisa. 

    3. Memiliki tujuan (Purpose)

Semua yang kita lakukan dengan kerja keras itu apakah memilik tujuannya apa tidak? Misalnya jika kamu ingin menjadi seorang blogger apakah semua effort yang kamu lakukan benar-benar apa hanya leha-leha saja? 

Memang Grit ini menampar keras banget buatku agar tidak tidur terlalu lama harus bangun dan bangkit jangan mimpi terus tapi tidak pernah action. Dan sampai saat ini aku pun punya sebuah mimpi dan alasan yang kuat kenapa aku harus wujudkan mimpi itu agar bermanfaat untuk sesama. 

    4. Harapan (Hope)

Ketika semua kerja keras sudah mencapai hasil maksimal, semua kita serahkan sama sang maha kuasa. Menurut Dr Angela bahwa kita yakin dan penuh harap terhadap mimpi maka semua akan menjadi nyata. Kun fayakun. 

ingat 3 mantra kehidupan pepatah arab Man Jadda Wajada siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil, Man Sabhara wa zhafira siapa yang bersabar akan beruntung, dan Man Yazro Yahsud siapa yang menanam akan menuai. 

Hasil Tes Grit Angela Lee Duckworth

Saya mencoba tes Grit ala Angela Duckworth di websitenya. https://angeladuckworth.com/grit-scale/
Pada website tersebut ada 10 pertanyaan. Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan yang sulit. Jadi, jawablah dengan jujur sesuai dengan diri kamu, agar hasilnya juga baik. Tidak ada jawaban benar atau salah. Pertanyaan seberapa semangatnya kamu dalam memandang masalah. Seberapa semangatnya kamu optimis dengan ketabahan yang kamu punya. 


Hasilnya saya mendapatkan skor 2.90 

Apakah Setiap Orang Punya Grit?
Hasil tes Grit


Jadi sudah temukan Grit versimu? Bersungguh-sungguhlah dalam menggapai kesuksesan. Cintai apa yang kamu kerjakan, teruslah berlatih terus menerus sampai pada titik kamu tersenyum lepas karena telah melakukan yang terbaik. 

Angela Lee Duckworth, Ph.D di TEDx




44 Responses to "Apakah Setiap Orang Punya Grit?"

  1. Aku percaya dengan GRIT ini ada disekitarku, apalagi tatkala memasuki dunia pekerjaan internet marketing 2010, didunia digital ga perlu yang bertitel, hanya butuh yang ulet, kemauan tinggi, gigih dan pantang menyerah.

    Dan aku ketabok, dikantor termasuk satu2nya cewe pula yang berijazah sarjana yang lainnya karyawan cowo SMA, tapi kesuksesannya melebih aku
    Mereka bener2 sukses melalui beternak blog, main ads, dll dan ku banyak belajar dari mereka di dunia digital. Seneng, ga pernah pelit berbagi karyawan yang kebanyakan unyu2.

    ReplyDelete
  2. GRIT itu mungkin semacam ambis (ambisius) gitu gak sih.. pantang menyerah untuk mencapai tujuan, jadi dia mati-matian banget mengejar sesuatu supaya hasil yang maksimal. Biasanya ditandai dia hidupnya tertata, ada list tujuan-tujuan tertentu yang dia ceklis jika sudah tercapai. Hidupnya akan bahagia jika dia sudah mampu mencapai tujuannya itu.

    ReplyDelete
  3. semangaaatt untuk terus hadapi aneka tantangan dlm hidup ya mba
    GRIT memang bisa jadi pondasi dan penguat kita ya

    ReplyDelete
  4. grit itu semacam semangat bukan sih mbak? aku jadi penasaran pengen ikutan testnya :) kira2 hasilnya berapa ya?

    ReplyDelete
  5. Yes, gak bgtu ngarh sih IQ, tp emang GRIT jika diaplikasikan sangat berdampak baik ya. Karena akan membuat masa depan cemerlang

    ReplyDelete
  6. Kalau baca ciri-cirinya, saya suka seperti itu, tapi penasaran deh, abis ini mau ikutan test.
    Menarik banget ya kalau setiap orang punya grit dengan nilai yang bagus hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak nilainya bagus berarti dia bagus skor gritnya.

      Delete
  7. Aku jadi penasaran pingin ikutan tes Grit Angela Lee Duckworthnya nih, pingin tau hasilnya. Dengan kesungguhan Insya Allah kesuskesan bisa dicapai ya

    ReplyDelete
  8. GRIT yang saya punya sama seperti saat saya masih duduk di bangku kuliah, sampai sekarang. Itu yang bikin kita bertahan hidup dan memiliki harapan

    ReplyDelete
  9. Aku paling senang menulis dan baca-baca tentang tulisan bertema motivasi seperti ini ..jadi mengingatkan nih... Terima kasih tulisannya ya...

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu tentang GRIT dan seneng banget membacanya Mbak.

    Jika ada orang yang degnan sungguh-sungguh mencintai pekerjaannya. Apapun beban dan tantangannya, dia tetap melaju dan melangkah serta menggiring langkah tersebut sampai tingkat yang sempurna, itu luar biasa ya MBak

    Aku mau mencoba tesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau udah cinta apapun tantangannya akan dilewati dengan kuat dan sabar.

      Delete
  11. GRIT ini bikin aku penasaran jadi pengen ikutan tesnya juga, soalnya ini pengaruh banget dengan passion dan kegigihan ya mbak..

    ReplyDelete
  12. Selama ini jadi prosesku bisa disebut grit juga nih ya. Tapi memaksimalkannya belum sih kayaknya aku. Jadi pengen tau lebih lanjut soal Grit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak intinya ketabahan dalam menjalani hidup.

      Delete
  13. Aku yakin dalam diriku ada gritnya, tapi aku juga perlu pelajari grit apa yg ada dalam diriku. makasi sharingnya. kayanya perlu banyak belajar nih.

    ReplyDelete
  14. Everyone has the GRIT and all we need is the right push to get all our potentials

    ReplyDelete
  15. aku langsung kepo dong mau coba ukur juga ah skor gritku berapa yaa kira-kira, menarik nih banyak yang bahas soal grit ini siapa tau bisa diterapin untuk parenting juga ya

    ReplyDelete
  16. Makasih banget nih mba sharingnya. Jujur aku baru tahu soal GRIT ini loh. Dan kadang pas liat sekitar bener ya ada aja orang yang "biasa aja" tapi nasibnya bagus hihihi.. Ahh aku jadi pengen cobain cek pake toolsnya ahhh

    ReplyDelete
  17. Terkadang yang bikin down meskipun punya passion adalah tingkat ketabahan menghadapi kegagalan yang belum cukup memadai. Padahal orang sukses itu bisa melampaui berbagai kegagalan tanpa patah semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ketabahan itu benar-benar dibutuhkan.

      Delete
  18. Baru ngerti ada istilah GRIT, saya jadi merasa 4 element ini harus saya gali lagi dalam diri sendiri. Mendadak termotivasi buat lebih serius menentukan tujuan. dan gak males malesan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat menggapai tujuan yang diinginkan mbak.

      Delete
  19. jadi ingat ucapan temanku ke anaknya di depan mataku, Tuh lihat tante Lina dulu dia pintar juara kelas terus tapi sekarang hidupnya biasa-biasa saja, lebih sukses mommy. Haha aku langsung nyreng dong ke temanku. Dasar memang dia itu. Tapi yang diomongin benar sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kadang dilingkungan sekitar kalimat itu sering banget ada.

      Delete
  20. Aku baca bukunya, kak..
    Dan sempat langganan emailnya. GRIT ini bagus banget untuk melatih daya juang anak sekarang, yang menghadapi "musuh" dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  21. Jujur aku menjalani hidup tuh ya ngalir aja gitu. Apa itu berarti aku ga punya grit ya? Hahaha
    Jadi penasaran pgn tau hasil tesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang punya grot tapi tergantung orangnya juga mau mengasahnya atau tidak. Karena setiap orang punya potensi.

      Delete
  22. Nemu kosakata baru, nih. Grit. Penasaran sama tesnya. Insya Allah nanti mau coba juga, deh. Penasaran sekaligus deg-degan dengan hasilnya. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^