/ -->

Kata Bijak Imam Syafi'i Penuh Makna dan Hikmah

Konten [Tampil]
Kata Bijak Imam Syafi'i Penuh Makna dan Hikmah


Kata-kata bijak Imam Syafi'i 

Linimasaade.com - Kata Bijak Imam Syafi'i Penuh Makna dan Hikmah - Bila berbicara perihal kata bijak atau kata mutiara, saya lebih suka nasihat dari ulama-ulama salaf terdahulu salah satunya Imam Syafi'i. 

Imam Syafi'i adalah ulama paling termahsyur dan merupakan salah satu madzhab yang dianut oleh Indonesia. Nasihat bijak Imam Syafi'i penuh makna dan teladan. Tak jarang orang selalu menggunakan perkataan Imam Syafi'i untuk dijadikan perenungan diri dan pengingat bagi orang lain. 

Nah tanpa perlu panjang lebar ada beberapa kata bijak Imam Syafi'i yang penuh hikmah. Menyelami makna dan terus untuk memperbaiki diri. 

Barangsiapa yang menginginkan husnul khatimah, hendaklah ia selalu bersangka baik dengan manusia.

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga akan hilang dan hancur, maka perbanyaklah perbuatan baik dan jangan terlalu banyak berangan-angan. - Imam Syafi'i


Jangan cintai orang yg tidak mencintai Allah, kalau Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu.

Bila kau tak mau merasakan lelahnya belajar, maka kau akan menanggung pahitnya kebodohan.

Amalan yang paling berat diamalkan Ada 3 (tiga). 1. Dermawan saat yang dimiliki sedikit. 2. Menghindari maksiat saat sunyi tiada siapa-siapa. 3. Menyampaikan kata-kata yang benar dihadapan orang diharap atau ditakuti. - Imam Syafi'i

Ilmu itu bukan yang dihafal tetapi yang memberi manfaat. - Imam Syafi'i

Maka, berpikirlah sebelum menentukan suatu ketetapan, atur strategi sebelum menyerang, dan musyawarahkan terlebih dahulu sebelum melangkah maju ke depan. - Imam Syafi'i

Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kemeralatannya, sehingga orang lain menyangka bahwa dia berkecukupan karena dia tidak pernah meminta. - Imam Syafi'i

Kata Mutiara Imam Syafi'i Tentang Pedoman Hidup


Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengira bahwa ia selalu senang. - Imam Syafi'i

Apabila engkau memiliki seorang sahabat yg membantumu dalam ketaatan kepda Allah, maka genggam eratlah ia, jangan engkau lepaskan. Karena mendapatkan seorang sahabat yang baik adalah perkara yang sulit, sedangkan melepaskannya adalah perkara yang mudah. - Imam Syafi'i

Baca juga 
Barangsiapa mengaku dapat menggabungkan dua cinta dalam hatinya, yaitu cinta dunia sekaligus cinta Allah, maka dia telah berdusta. - Imam Syafi'i

Kenyang itu akan membuat badan jadi berat, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, mengajak tidur dan melemahkan ibadah. - Imam Syafi'i

Berkatalah sekehendakmu untuk menghina kehormatanku, diamku dari orang hina adalah suatu jawaban. Bukanlah artinya aku tidak mempunyai jawaban, tetapi tidak pantas bagi singa meladeni anjing. - Imam Syafi'i

Orang bodoh yang berakal nilainya sama dengan orang cerdas yang pelupa. - Imam Syafi'i 

Jadikan akhirat dihatimu, dunia ditanganmu dan kematian dipelupuk matamu.

Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan amarah, sehingga orang lain mengira bahwa ia merasa ridha. - Imam Syafi'i


Engkau takkan mampu menyenangkan semua orang. Karena itu, cukup bagimu memperbaiki hubunganmu dengan Allah, dan jangan terlalu peduli dengan penilaian manusia

Kata Mutiara Imam Syafi'i Penuh Makna


Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat.

Barangsiapa mengaku dapat menggabungkan dua cinta dalam hatinya, yaitu cinta dunia sekaligus cinta Allah, maka dia telah berdusta. - Imam Syafi'i 

Siapa yang menasehatimu secara sembunyi-sembunyi, maka ia benar-benar menasehatimu. Siapa yang menasehatimu di khalayak ramai, dia sebenarnya menghinamu. - Imam Syafi'i

Doa disaat tahajud adalah umpama panah yang tepat mengenai sasaran. - Imam Syafi'i

Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafan sedang di tenun. - Imam Syafi'i

Marahnya orang yang mulia bisa terlihat dari sikapnya, dan marahnya orang yang bodoh terlihat dari ucapan lisannya. - Imam Syafi'i

Bumi Allah amatlah luas namun suatu saat apabila takdir sudah datang angkasapun terasa sempit. - Iman Syafi'i

Singa jika tidak keluar dari sarangnya, ia tidak akan mendapatkan makanan. Begitu juga dengan anak panah, jika tidak meluncur dari busurnya, anak panah tersebut tidak akan mengenai sasaran. - Imam Syafi'i

Sebagaimana Tuhanmu telah mencukupkan rezekimu di hari kemarin, maka jangan khawatirkan rezekimu untuk esok hari. 

Masha Allah tabarakallah. Menyejukkan sekali ya kata bijak dari Imam Syafi'i. Jika sudah membca seluruh kata mutiara Imam Syafi'i, favoritmu yang mana?


39 Responses to "Kata Bijak Imam Syafi'i Penuh Makna dan Hikmah "

  1. jika menurut keyakinan saya hampir semua kata bijak diatas ada juga mbak hanya beda sumber saja, semoga kita selalu rukun aantar umat beragama.

    ReplyDelete
  2. Favorit yang mana? Banyak sih. Dulu di sekolah buat kata-kata motivasi dan ambil punya Imam Syafi'i juga. Baiknya kita enggak hanya membaca tapi juga mengamalkannya

    ReplyDelete
  3. Agak susah kalau disuruh milih kata bijak dari imam Syafii yang favorit mba, sebab semuanya bisa menjadi pengingat dan penguat dalam setiap gundah bagi saya pribadi :)

    ReplyDelete
  4. Quotes by Imam Syafii memang mantab jiwa
    semoga bisa menginspirasi dan menggiring kita untuk jadi lebih baik dan kian semangat jalani hidup

    ReplyDelete
  5. memang ya quotes bagus tuh suka menginspirasi agar kita jadi lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  6. Kata-kata bijak Imam Syafii selalu memgingatkan diri untuk selalu mendekatkan diri pada Yang Maha Pencipta

    ReplyDelete
  7. Kalau saya paling suka ilmu itu adalah cahaya dan cahaya tak bisa dikotori oleh maksiat.

    ReplyDelete
  8. Pesan pesan dari imam Syafi'i masih relevan dengan apa yang terjadi di zaman ini. Makasih sharenya ya mbak. Sembari baca sembari merenungi diri juga.

    ReplyDelete
  9. Kata-kata bijak seperti ini memang jadi mengingatkan banget ya ..Semoga hati kita dimudahkan utk menerima kebenaran darimana saja datangnya...

    ReplyDelete
  10. Bayangin hidup berada di lingkaran orang bijak seperti beliau, betapa damainya hati dan hidup, kata-katanya mampu melampaui batas ruang dan waktu,

    ReplyDelete
  11. Kalimat-kalimat itu sudah diucapkan lama sekali. Tapi masyaAllah masih relevan hingga kini ya mba

    ReplyDelete
  12. Selalu berprasangka yang baik paa manusia dan juga Yang Maha Kuasa ya mbak, apapun yg kita sangkakan baik Insya Allah akan berjalan dengan baik juga. Duh banyak banget ini kalimat2 penuh makna yg bisa kita ambil maknanya dalam keseharian

    ReplyDelete
  13. Semuanya suka mba, semua kena banget dihati. Makasih yaa mba udah sharing

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah semuanya nyes banget dibaca dan beneran, bikin adem. Membuat saya jadi lebih mawas diri. Terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  15. Nasehat imam Syafii emang mantap ya, patutlah beliau jadi besar dunia.

    ReplyDelete
  16. Mengingat kata-kata Imam besar, Imam Syafii memang memberi ketenteraman hati dan perenungan. MashaAllah~
    Terutama pesan beliau mengenai akhirat.

    ReplyDelete
  17. Saya mengakui memang kata-kata bijak dr Imam Syafii ini bikin adem mbakk.

    ReplyDelete
  18. Terima kasih banyak untuk sharingnya mba..sungguh kata bijak beliau benar -benar menggugah

    ReplyDelete
  19. Harus selalu dibaca juga nih, ya, setiap saat. Ditulis atau ketik kemudian di tempel di dinding atau tempat yang sering kita lihat. Mantab deh.

    Oiya, Mbak, di atas ada beberapa kata bijak yang memang ditulis berulang, ya. Maksunya tidak hanya sekali doang.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih


data-full-width-responsive="true">