/ -->

Program Dayamaya Melejitkan Ekonomi Digital Daerah 3T

Konten [Tampil]

Program Dayamaya Melejitkan Ekonomi Digital Daerah 3T


 
Program Dayamaya Melejitkan Ekonomi Digital Daerah 3T - Ekonomi merupakan salah satu bidang terpenting dalam suatu negara. Apabila ekonomi melemah, sangatlah berdampak buruk bagi suatu negara. Saat ini ekonomi Indonesia sedang mengalami permasalahan dalam roda perekonomian akibat Covid-19. 
Situasi ini membuat semua orang berputar 360° karena Covid 19. Beberapa karyawan terpaksa dirumahkan. Bukan skala kecil bahkan skala besar. 

Situasi ini tidak menjadikan kita berpangku pada keadaan. Meski bangkit dan memperbaiki roda ekonomi khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar)

Ngomong-ngomong berbicara tentang ekonomi, Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui Aksebilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) dengan Program Dayamaya

Apa itu Dayamaya? Dayamaya adalah program yang dibuat Kominfo sebuah program yang berinisiatif untuk melejitkan ekonomi digital dengan memberikan fasilitas kepada komunitas, start-up, UKM di daerah 3T selanjutnya bisa diimplementasikan di daerah 3T. 


Antusiasme program Dayamaya disambut baik oleh para start-up,UKM dan komunitas. Lebih dari 800 peserta tertarik untuk mengikuti program Dayamaya.

Dari sekian banyak peserta hanya 3 dari 18 inisiatif yang terpilih untuk berkontribusi di daerah 3T diantaranya Jahitin Academy, Cakap, dan Atourin. 

Dari ketiga inisiatif mempunyai tujuan masing-masing dalam menggebrakan potensi ekonomi digital di daerah 3T. 

Atourin adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pariwisata baik secara online maupun offline. Dengan tagline One Stop Solution for Tourism Services, Atourin mewadahi  informasi pariwisata dan menjembatani para pelaku usaha di bidang pariwisata sebagai  marketplace wisata yang berlisensi cara baru berwisata. Atourin berkesempatan berkontribusi dengan program Dayamaya di daerah Natuna. 

Program Dayamaya Melejitkan Ekonomi Digital Daerah 3T
Binaan Program Dayamaya menunjukkan hasil jahitan Bantal di daerah NTT



Jahitin Academy memperdayakan sumber daya manusia dengan meningkatkan skill seni menjahit. Bukan hanya sekadar menjahit, tapi memberikan arahan berupa acara workshop beserta penerapan ilmu agar bisa dipraktekkin oleh para penjahit di Sumba Nusa Tenggara Timur. Salah satu pelatihannya membuat masker dengan tepat guna dan mempromosikan produk secara daring. 

Berbeda dengan Jahitin Academy dan Atourin, Cakap memberikan kontribusi berupa pelatihan belajar bahasa Inggris secara gratis. Di era serba cepat mengakses informasi, bahasa salah satu hal terpenting untuk menghubungkan orang-orang terlebih di daerah pariwisata karena bukan hanya domestik tapi kebanyakan pelancong dari berbagai negara. Maka dari itu Cakap hadir sebagai platform pembelajar yang bisa memberikan solusi terbaik. 

Dengan program Dayamaya semua bahu membahu untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Merangkul beberapa start-up, komunitas dan UKM untuk terus bergerak menggerakkan roda perekonomian yang beberapa bulan terpuruk akibat Covid-19. Semangat menuju ekonomi digital.

Semangat terus. Program Dayamaya Patut diacungi jempol. Dayamaya berdaya di dunia Maya. 




31 Responses to "Program Dayamaya Melejitkan Ekonomi Digital Daerah 3T"

  1. Dayamaya keren bangeett ya, bisa mensinergikan start up dan memberikan kemanfaatan optimal untuk masyarakat di kawasan 3T
    Semoga terus bisa kolaborasi dan menghadirkan program2 yg cethaarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadir memberikan sumbangsih yang baik bagi daerah 3T.

      Delete
  2. TFS mba..jadi tahu nih ttg Dayamaya ini. Ketiganya keren ya.mtapi yg paling menarik buatku yg Jahitin Akademi itu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pangsa pasarnya besar ya mbak kalau udah bisa jahit.

      Delete
  3. Dayamaya bagaikan mendapat energi baru bagi startup dan umkm untuk maju berkembang, maju dan meningkat omset pendapatan keluarga terutama di masa covid-19

    ReplyDelete
  4. Bagus banget ini mbak programnya membantu daerah-daerah tertinggal apalagi untuk keahlian menjahit sangat dibutuhkan oleh penduduk atau wanita di daerah untuk menambah penghasilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru dengar tentang Daya maya ini tapi saya setuju mbak, programnya bagus ya :)

      Delete
  5. Bagus banget programnya semoga bisa merangkul banyak pelaku umkm biar perekonomian kita juga cepat pulih di masa pandemi gini yaa

    ReplyDelete
  6. Ekonomi digital sedang naik daun tapi sayangnya belum merata ya terutama di daerah 3T. Lewat program Dayamaya yang bersinergi dengan startup dan komunitas ini bisa membantu daerah 3T lebih berkembang lagi.

    ReplyDelete
  7. Program-program seperti ini yang akan membantu banyak dalam pemulihan ekonomi negara, Semoga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat ya mbak. Diakhir ngetik start up lah malah inget drama yang terkenal itu hahha.. gak nyambung banget :D

    ReplyDelete
  8. waa aku ketinggalan banyak tentang daerah 3T ini, mau banget rasanya ikkutan. Alhamdulillah pemerintah sudah memfasilitasi ya Mbak. Jadi berekspresi makin semangat

    ReplyDelete
  9. Jahitin Academy, Atourin, dan Cakap ini start up anak negeri yang menginspirasi banget! Sebenarnya daerah 3T punya potensi besar tapi bingung harus ngapain dan mulai dari mana. Dengan kolaborasi bersama start up jadilah karya yang luar biasa!

    ReplyDelete
  10. Bagus ya programnya, apalagi untuk daerah 3T.

    ReplyDelete
  11. KOlaborasi dan kerjasama sebaik ini emang oke banget ya. Bisa membantu dan menjangkau berbagai kalangan juga. KHususunya di kawasan 3T ini

    ReplyDelete
  12. Bagus banget program-program dari startup yang bekerjasama dengan daya maya ini ya mbak. Meningkatkan potensi daerah 3T dari segala aspek.

    ReplyDelete
  13. Dayamaya ini memiliki program yang cukup bagus untuk memajukan UMKM apalagi untuk daerah 3T semoga denhan adanya dayamaya perekonomian di daerah 3T akan membaik

    ReplyDelete
  14. Saat ini teknologi digital sedang berkembang dengan pesat, dengan adanya program Dayamaya tentunya bisa membantu ekonomi digital di daerah 3T ya..

    ReplyDelete
  15. 3T ini memang sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah agar bisa menegejar ketertinggalannya. Damayana bagus banget bisa menghidupkan program yang terus berkelanjutan...
    Sukses selalu.

    ReplyDelete
  16. Masa pandemi gak menghalangi mereka untuk berkontribusi pada masyarakat ya, terutama masyarakat di daerah 3T ya memang perlu perhatian khusus. Salut deh sama program Dayamaya ini.

    ReplyDelete
  17. Keren sekali program dari keminfo ini, mampu mengajak masyarakat kecil di daerah T3 untuk mampu mengembangkan potensi dirinya untuk giat menjadi pelaku UKM/UMKM yang kreatif. Keren...keren...dan tentunya saya dukung program pemberdayaan ini :)

    ReplyDelete
  18. Makasih Mba sharingnya jadi tau sama Dayamaya. Semoga ada perbaikan program untuk meningkatkan kesejahteraan warga di daerah 3T

    ReplyDelete
  19. Program Dayamaya ini sukses banget ya sampai menggaet 800 peserta untuk ikut program Dayamaya ini. Smeoga hal in terus berlanjut dan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  20. Meski tidak banyak, di Sumatera Barat masih ada daerah yang tergolong 3T. Semoga lewat program Dayamaya ini lebih banyak daerah 3T yang terjamah sehingga bisa meningkatkan potensi ekonominya

    ReplyDelete
  21. Kominfo melalui program dayamaya keren banget nih membantu start up muda untuk lebih berkarya memajukan daerah 3 T ya kak,

    ReplyDelete
  22. Program Dayamaya ini program yang ditunggu-tunggu banget pastinya yaa... untuk meningkatkan kreativitas dan memberdayakan perekonomian masyarakat di kawasan 3T

    ReplyDelete
  23. Salut banget dengan dayamaya. Apalagi karena sudah terbukti meningkatkan skill para mitranya di daerah 3T untuk kemajuannya. Sepertinya di daerah NTT misalnya.

    ReplyDelete
  24. Dunia digital memang semakin berkembang ya, dan ga boleh ketinggalan juga Indonesia harus bergerak melalui program-program membangun perekonomian ke arah yang lebih maju, salah satunya BAKTI ini melalui program Dayamaya.

    ReplyDelete
  25. Happy banget denger ada program pemberdayaan kayak gini. masih ada banyak kebaikan di negeri ini bikin saya jadi optimis Indonesia bakal bangkit baik dari segi ekonomi maupun pendidikannya.

    ReplyDelete
  26. Diperlukan banget pendampingan untuk UMKM di daerah 3T semoga semakin dapat mengoperasikan bisnis secara digital.

    ReplyDelete
  27. senangnya denger ada program dayamaya, moga makin byk program serupa yang bisa bantu start up kayak gini, keren deh pemerintah, moga jadi makin byk start up yang merasa terbantu dengan adanya program gini

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-