/ -->

Tips Jitu Atasi Masuk Angin yang Mengganggu Buat Resep Alami di Rumah

Konten [Tampil]
Tips Jitu Atasi Masuk Angin yang Mengganggu Buat Resep Alami di Rumah



Tips Jitu Atasi Masuk Angin yang Mengganggu Buat Resep Alami di Rumah - Cuaca yang tidak tentu akan mengakibatkan potensi menurunnya kesehatan. Salah satu yang sering dialami adalah masuk angin. Istilah masuk angin sering digunakan di Indonesia. 
Apakah istilah masuk angin ada di negara barat? Saat dicek ternyata di sana tidak ada. Istilah masuk angin memang ada di Indonesia unik ya. 

Musim pancaroba sekarang, kadang panas kadang hujan. Efeknya daya tahan tubuh lemah dan di tandai beberapa gejala. Salah satu contohnya pusing dan mual. 

Masuk angin si penyakit ringan jangan dianggap enteng. Kalau tidak segera diobati akan mengganggu aktivitas. Bisa jadi masuk angin salah satu sinyal tubuh ada penyakit serius baik itu penyakit pencernaan, imunitas, pernafasan dan lainnya. Tentunya dalam memilih minuman untuk masuk angin perlu selektif. 

Penyebab Masuk Angin

Ketika kondisi badan kurang fit, gejala yang biasa ditimbulkan pegal-pegal, nyeri sendi, otot kaku, pusing dan kadang mengganggu sistem pernafasan seperti pilek, batuk, hidung tersumbat, bahkan kalau sering bersendawa atau kentut dibarengi dengan perut kembung bisa jadi terindikasi masuk angin. Ketika tubuh terkena masuk angin otomatis sistem imun menurun. 

Hingga saat ini belum ada penjelasan medis mengenai masuk angin. Namun keluhan masuk angin yang dialami oleh seseorang salah satu gerbang tandanya tidak baik kesehatannya. Tapi kondisi ini sering muncul tanpa kita sadari apa penyebabnya yang jelas. Beberapa faktor penyebab masuk angin diantaranya:

1. Perubahan cuaca yang ekstrem: Sering kali perubahan cuaca yang ekstrem saat ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Dari musim panas hingga ke musim hujan peralihannya tidak bisa ditebak. Harusnya sekarang musim panas namun kadang hujan tiap hari. Jadi kondisi alam bisa mempengaruhi suhu tubuh dan kelembaban. 

2. Kurang tidur: Siapa yang suka begadang tiap hari? Lalu esok harinya mengeluh dengan kondisi badan seperti remuk. Kurangnya istirahat bisa menyebabkan lelah, lesu, lunglai. Risikonya besar bisa terkena infeksi dan pada akhirnya memicu masuk angin.

3. Kondisi Lingkungan: Asap kendaraan tiap hari membuat polusi udara semakin hari semakin buruk. Efeknya mengganggu sistem imunitas tubuh. Bukan hanya polusi udara saja, bahkan asap rokok dan zat-zat yang berbahaya pun memicu masuk angin.

4. Kebiasaan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat: Ternyata penyebab masuk angin bukan hanya polusi dan kurang tidur. Makanan yang tidak sehat dapat memicunya masuk angin. Porsi makan yang tidak seimbang rentan terhadap infeksi.

5. Cemas dan stres: Ketika seseorang mengalami kecemasan tinggi maka dapat meningkatkan risiko masuk angin. 

Cara Mengatasi Masuk angin

Istirahat yang cukup: Perbanyaklah istirahat karena sangat penting dalam pemulihan tubuh. Kualitas tidur yang baik dapat melawan infeksi dari berbagai penyakit yang dibawa oleh virus, bakteri dan kuman.

Konsumsi air putih: jangan sepelekan air putih. Karena air putih cukup untuk mengembalikan cairan tubuh. Hindari minuman yang berkafein dan soda karena mengakibatkan dehidrasi. Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Idealnya  minum 8 gelas air putih.

Minum seduhan rempah-rempah: Mengonsumsi rempah-rempah seperti jahe, lemon, madu, kayu manis dan bahan rempah lainnya dapat mengurangi rasa mual dan pusing akibat masuk angin. Kalau tidak waktu untuk membuatnya ada obat herbal alami yang digunakan semua orang yaitu tolak angin. Khasiatnya dan bahan-bahannya sudah tidak diragukan lagi aman untuk lambung. 

Konsumsi makanan sehat bergizi: Badan meriang tidak tentu nyaman berlama-lama. Konsumsi makanan dan minuman kaya akan manfaat dan diolah dengan tata cara yang benar. Contohnya sayur dan buah-buahan yang dapat mendukung imunitas tubuh. Ditambah dengan minum vitamin c yang merupakan antioksidan.


Rutinkan Olahraga: Tubuh jangan sampai kaku. Rutinkan terus olahraga yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kerokan: Pengobatan tradisional yang paling banyak dipilih untuk mengatasi  masuk angin. Caranya bisa menggunakan koin atau bawang merah untuk mengoleskannya. Untuk minyaknya bisa minyak kayu putih atau minyak zaitun.

Resep Meredakan Masuk Angin

Ada beberapa resep yang bisa coba di rumah untuk meredakan masuk angin. Berikut beberapa alternatif yang dijadikan alternatif:

1. Air hangat dengan madu dan lemon

Campurkan air hangat kalau istilahnya anget-anget kuku, airnya tidak terlalu panas tidak terlalu dingin masukin madu dan perasan lemon. Minuman ini membantu meredakan gejala masuk angin.

2. Air jahe kayu manis dan sereh hangat

Potong-potong jahe dan sereh sedikit kayu manis lalu rebus secara bersamaan. Tunggu hingga 5 menit. Konsumsi 1 hari sekali.

3. Tolak angin dengan air hangat

Herbal alami praktis tanpa perlu ke dapur cukup siapkan segelas air hangat. Cara mengonsumsinya bisa diminum langsung atau diberikan air terlebih dahulu lalu di konsumsi secara bersamaan.

4. Air hangat saja

5. Minyak kayu putih dioleskan ke perut dan punggung


Masuk angin biasanya bersifat sementara alias tidak permanen. Perlu diingat bahwa gejala masuk angin dari satu ke individu lain sangat bervariasi tidak bisa dipukul rata. Meskipun tidak berbahaya tapi seringnya masuk angin namun dapat mengganggu kenyamanan dan beraktivitas.




0 Response to "Tips Jitu Atasi Masuk Angin yang Mengganggu Buat Resep Alami di Rumah"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^