/ -->

Belajar Menerima Penolakan Bukti Sikap Ketenangan Diri

Konten [Tampil]
Belajar Menerima Penolakan Bukti Sikap Ketenangan Diri



Belajar Menerima Penolakan Bukti Sikap Ketenangan Diri - Hampir setiap orang di muka bumi ini pernah mengalami rasa pedihnya penolakan. Seperti ada rasa yang tertahan di dada. Ingin rasanya menangis sekencang-kencangnya akibat penolakan yang membuat hati sakit. Rasa ditolak itu membuat pikiran negatif. 

Banyak sekali pertanyaan yang ada di kepala kenapa harus ditolak. Mau sesukses apa pun orang tetap mengalami penolakan. Lagian siapa yang suka ditolak? 

Ketika mendapatkan sebuah penolakan, kita sering menggagap bahwa penolakan adalah salah satu aib yang membuat malu bahkan rasa paling sulit untuk diterima. Teman Linimasaade, hidup ini tidak ada yang sempurna. 

Ada sebuah penerimaan dan ada penolakan. Sekalipun sulit untuk menerima dan bersikap legowo. Meskipun penolakan sangat menyakitkan. Makan pun tak nafsu, tidur pun tak lelap karena hati dan pikiran terus memikirkan semua perkataan penolakan.

Kenapa Merasa Takut Penolakan?

Wajar kalau kita khawatir tentang penolakan. Coba kalau tidak ada penolakan pasti akan mudah rapuh karena proses ditempa diri ketika kita mengalami hal yang tidak menyenangkan. Justru saat penolakan itu ada hikmah dibaliknya. 

Ketakutan akan penolakan tentunya berdampak pada kehidupan kita. Entah itu pada karir, sosial, lingkungan bahkan pada diri sendiri. Akibatnya menyalahkan diri sendiri. 

Kalau dalam situasi penolakan, saya merasa ada kegugupan tersendiri. Kalau teman Linimasaade punya respon yang sama? Ya dari gugup hingga menjadi rasa takut yang besar. 

Kenapa merasa takut akan penolakan? Jika terus berlarut-larut dalam penolakan dan terus memikirkannya akan memperburuk keadaan seiring berjalannya waktu. Sehingga saat ada kesempatan yang bagus, merasa kurang percaya diri dan tidak berani untuk mencoba akibat penolakan sebelumnya.

Menghadapi Penolakan Dengan Elegan

Mengalami penolakan ada dampaknya tapi harus keluar dari zona itu. Caranya dengan menghentikan rasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri. 

Sungguh hal itu dapat memperburuk psikis. Mungkin ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa takut akan penolakan.

1. Terima dengan lapang dada
2. Penolakan bukanlah simbol kegagalan
3. Di atas langit masih ada langit
4. Bersyukur karena mental menjadi kuat
5. Berhenti mencari alasan
6.Fokus kepada yang menjadi penting


Tidak selamanya ditolak itu buruk. Perlu mencerna lebih dalam kenapa penolakan itu terjadi. Mari berteman dengan segala penolakan biar diri tambah kuat tambah semangat menghadapi tantangan hidup ini. Kalau teman linimasaade setuju tentang penolakan? Punya cerita? Boleh share di komentar ya. 


14 Responses to "Belajar Menerima Penolakan Bukti Sikap Ketenangan Diri"

  1. Setuju..namun semua itu butuh proses. Kemampuan utk berlapang dada atas sebuah penolakan/kegagalan pasti butuh proses. Tak mudah tapi pastinya bukan hal yg mustahil.. Terima kasih sharing nya ya..

    ReplyDelete
  2. Kalau aku berprinsip penolakan adalah sukses yang tertunda. Mental jadi terlatih untuk mencari peluang yang lain, yang mungkin lebih baik dari yang menolak kita..Jadi ya tidak apa-apa dengan adanya penolakan. Patah satu tumbuh seribu.. :)

    ReplyDelete
  3. setuju banget dengan tips di atas, karena tidak semua orang dapat dengan lapang dada menerima sebuah penolakan, jadi ga usha takut menghadapi penolakan dari siapa pun mulai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul meskipun bikin nyesek ya tapi mental menjadi terlatih.

      Delete
  4. Memang sulit sekali menerima penolakan dalam waktu yang relatif singkat setelah penolakan itu terjadi. Kadang aku sendiri, suka mikir kenapa aku ditolak. Tapi padahal kan yang tahu alasannya adalah pihak yang nolak, ngapain juga kita pikirin. Akhirnya lambat laun, ya itu ternyata hanya bagian dari proses hidup yang harus kita jalani.

    ReplyDelete
  5. Aku dari kecil selalu diberi yes yes yes boleh tapi pas udah kuloah lalu menerima penolakan akhirnya shock berat. Tapi emang kudu adaptasi dan belajar mengelola emosi. Namanya juga hidup.

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali mau dikenalkan temen sama laki-laki, tapi tiada kunjung respon dari pihal laki-laki, itu penolakan nggak kak? hihii. Apa ya, aku sih jadinya ya udah let it go aja, males nyari tau alesannya, bener nih saatnya fokus sama diri sendiri aja. Ntar kalau udah waktunya pasti akan lancar ya Kak. Semangatt

    ReplyDelete
  7. Penolakan yang terjadi dalam hidup ini gak cuma bikin down tapi juga merasa rendah diri. Dan inilah fase yang sulit untuk dilalui, tapi menjadi sebuah pelajaran berharga untuk yang pernah melalui. Keep hwaitiing~

    ReplyDelete
  8. Aku mengingat ingat apkah pernah mengalami penolakan, tapi lupa entah ya kalau pas kecil dulu pernah deh wkwk
    Gegara aku pengen ikut mbah pergi ke kota tertentu tapi ditolak gegara aku dulu suka mabuk, dan bakalan kepayahan kalau mengurus aku saat mabuk. Wkwkkwk

    Kalau saat dewasa, entahlah, jika ada hal yang berupa penolakan refleks marah atau kecewa sedih ada, tapi jika udah posisi tenang akan muncul perasaan legowo

    ReplyDelete
  9. Menerima diri kesulitan menerima penolakan juga penting. Rasa khawatir dan gelisah bukan untuk dihilangkan segera. Diterima, termasuk self esteem juga supaya diri tenang dan baru hibur serta kekuataan datang. Terima kasih tipsnya Mbak Ade

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^