/ -->

Tak Hanya Indonesia, Ketahui Negara Asing yang Menerapkan Sistem Outsourcing

Konten [Tampil]

Negara Asing yang Menerapkan Sistem Outsourcing






Tak Hanya Indonesia, Ketahui Negara Asing yang Menerapkan Sistem Outsourcing - Pekerja harian lepas atau freelancer merupakan salah satu bagian dari outsourcing. Sebab, biasanya tenaga kerja satu ini dipasok oleh pihak ketiga dan bisa saja berasal dari negara asing yang memiliki tenaga ahli masing-masing dalam bidang tertentu.

Nah, tahukah Anda – kalau outsourcing tidak cuma tersedia di Indonesia? Dengan begini, Anda bisa merekrut freelancer dari negara mana saja dan menyesuaikan keuangan perusahaan Anda. Maka, ikuti saja artikel ini untuk tahu negara outsourcing selain Indonesia.

Pengertian Pekerja Harian Lepas

Seorang freelancer atau pekerja harian lepas adalah sumber daya manusia yang tidak mengantongi kontrak kerja bersama perusahaan. Lazimnya, seorang freelancer mengemban tanggung jawab non inti pendukung bisnis perusahaan contohnya penulis artikel.



negara menerapkan sistem Outsourcing
Sumber: Freepik


Ketahui Negara Asing yang Menerapkan Sistem Outsourcing

Dalam upaya menemukan freelancer yang tepat untuk kebutuhan bisnis perusahaan, Anda bisa memanfaatkan kandidat dari negara asing yang memang mumpuni dalam bidangnya. Nah, berikut adalah sejumlah rekomendasi negara asing yang menerapkan outsourcing:

India

Negara ini memang terkenal di kancah internasional sebagai negara pemasok pekerjaan outsourcing. Selain itu, India pun populer dengan sumber daya manusianya yang suka bekerja keras, tidak terkecuali pekerja harian lepas.

Nah, faktor inilah yang menyebabkan banyak perusahaan menaruh minat untuk membuka bisnis di negara ini. Dengan tenaga kerja berstatus outsourcing atau kontrak, maka hal tersebut merupakan poin plus untuk para pengusaha.
Jika Anda mencari tenaga freelancer profesional dalam bidang penulisan akademik, keuangan, pemasaran, penjualan, atau TI maupun pemrograman, maka outsource freelance dari negara ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan Anda.

Tiongkok

Negara kompetitor Amerika Serikat satu ini pun merupakan salah satu pemain utama dalam ranah outsourcing. Saat ini, Tiongkok berusaha melampaui India soal urusan persediaan pekerjaan outsourcing.

Pesatnya outsourcing di negara ini sebenarnya bukan hal yang mengejutkan. Sebab tidak cuma tinggi jumlah penduduk, perkembangan industri negara ini pun terhitung cepat. Anda bisa melihat betapa majunya pertumbuhan ekonomi negara ini sekarang!

Kalau bicara soal upah, negara Tiongkok menawarkan besaran yang lebih tinggi daripada Indonesia. Namun tidak jauh berbeda, yakni sebesar 2.1 ribu Yuan atau Rp4.49 juta setiap bulannya.

Malaysia

Selain merupakan tujuan para tenaga kerja Indonesia, negara ini pun menyediakan banyak sekali pekerjaan outsourcing. Baik outsourcing untuk pekerja penuh waktu, penuh waktu, hingga harian lepas. 

Menurut banyak pelaku bisnis, negara ini terkenal dengan penawaran layanan hemat biaya serta memiliki orientasi pada nilai. Meski demikian, keterampilan sumber daya Malaysia membuat para pebisnis lebih berminat pada Tiongkok dan India.

Saat ini, belum banyak tersebar informasi tentang kesejahteraan tenaga outsourcing di Malaysia. Namun, untuk upahnya sendiri bisa mencapai UMR Malaysia yakni 1.1 ribu Ringgit Malaysia, atau kurang lebih Rp3.84 juta setiap bulan.


pekerja harian lepas
Sumber: Freepik



Thailand

Negara ini merupakan salah satu yang menyediakan banyak sekali pekerjaan outsourcing. Nah, Thailand dinilai cukup menarik, karena pelaku bisnis menilainya sebagai negara rendah biaya dan cukup baik untuk mengembalikan modal bisnis.

Namun, Anda perlu selektif saat mengambil tenaga outsourcing atau freelancer dari negara ini, sebab mereka kurang cerdas dan inovatif. Ini dikarenakan adanya keputusan dan kebijakan politik yang kurang mampu memajukan sumber dayanya.

Kalau tentang besaran upahnya, Anda perlu menimbang-nimbang dahulu sebelum mengambil tenaga kerja harian lepas dari negara ini, sebab besaran upah minimum regionalnya bisa mencapai 14 ribu Baht atau kurang lebih Rp6.3 jutaan setiap bulan.


Brazil

Dalam Amerika Latin, terdapat Brazil yang merupakan negara penyedia outsourcing tertinggi di dunia. Brazil mempunyai nilai plus yang diminati banyak pebisnis, contohnya keadaan ekonomi, situasi politik, hingga keterampilan tenaga kerja.

Melalui adanya semua itu, negara ini dilirik banyak sekali perusahaan yang ingin berekspansi bisnis. Bagaimana dengan upah di sana? Setiap bulan, upah minimum regional Brazil mencapai 998 Real Brazil, atau kurang lebih Rp3.7 juta.

Demikianlah negara-negara penyedia outsourcing termasuk freelancer atau pekerja harian lepas yang harus Anda ketahui. Dengan begini, Anda bisa memiliki gambaran kasar mengenai kandidat-kandidat dari negara manakah yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis.

Kandidat Lokal atau Luar Negeri? Konsultasikan Pada Ahlinya Dulu
Apakah Anda tengah bingung mencari tenaga kerja harian lepas outsourcing untuk perusahaan? Bimbang dengan merekrut tenaga asing atau lokal? Sebaiknya konsultasikan dulu dengan Workmate Indonesia.

Dengan Workmate Indonesia, melalui staffing, Anda bisa memeroleh keuntungan seperti merekrut tenaga kerja freelancer secara cepat, sistem absensi digital, hingga biaya langganan lebih murah, dan kepraktisan perekrutan melalui sistem digital. Tentunya dengan keuntungan sebanyak itu, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Lewat adanya ketersediaan tenaga kerja secara cepat, maka Anda bisa mendapatkan kelancaran persebaran informasi dengan para kandidat, contohnya lewat grup, chat, broadcasting, sampai sortir kandidat terbaik.

Melalui staffing, Anda pun bisa melakukan absensi tanpa menggunakan timesheet manual. Karena telah tersedia perangkat lunak terintegrasi dasbor HR. Ini pun lengkap bersama fitur scanning QR, sampai clock in atau clock out secara praktis.

Dibandingkan proses rekrutmen konvensional Anda bisa menghemat biaya hingga 30%, pada rekrutmen sumber daya secara end-to-end dengan Workmate Indonesia. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rekrutmen dapat Anda lakukan secara digital. Demikian, Anda dapat mudah memeroleh kandidat lewat penyortiran pengalaman, keterampilan, tingkat kepercayaan, hingga lokasi secara otomatis. Ketahui selengkapnya mengenai Workmate Indonesia.













Sumber gambar: 
https://www.freepik.com/free-photo/two-indian-business-man-suits-sitting-office-cafe-looking-laptop-drinking-coffee_25863448.htm#query=india%20worker&position=31&from_view=search 

https://www.freepik.com/free-photo/asia-businesswoman-social-distancing-new-normal-situation-virus-prevention-while-using-laptop-presentation-colleagues-about-plan-video-call-while-work-office-life-after-corona-virus_10074104.htm#query=chinese%20worker&position=17&from_view=search



0 Response to "Tak Hanya Indonesia, Ketahui Negara Asing yang Menerapkan Sistem Outsourcing"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-