/ -->

30 Fakta Menarik Orang Introvert Baik dan Buruknya

Konten [Tampil]
30 Fakta Menarik Orang Introvert Baik dan Buruknya





30 Fakta Menarik Orang Introvert Baik dan Buruknya - Membicarakan topik tentang kepribadian tidak akan pernah habisnya. Karena mengenal diri sendiri sangatlah penting. Meminjam kata Yahya bin Muadz bahwasannya barang siapa yang mengenal diri sendiri, maka ia akan mengenal Tuhan-Nya. 

Ketika sudah ada niatan untuk mengenal diri sendiri, tentunya penasaran juga karakter dengan kepribadian apa untuk menjadi warna di kehidupan ini. Akan menjadi hitam putih aja atau menjadi lebih berwarna. 

Untuk mengenal kepribadian di dunia ini dikenal dengan istilah extrovert dan introvert. Keduanya mempunyai perbedaan dengan karakter yang unik baik itu ada kekurangan dan kelebihannya. 

Menurut Carl Jung dan Myers Biggs setuju bahwa ada 2 tipe kepribadian. Introvert dan Extrovert. Introvert adalah kepribadian tertutup sedangkan kepribadian extrovert adalah terbuka.  

Orang-orang salah memahami bahwa orang introvert anti sosial, benci orang, pemalu padahal bukan seperti itu. Tapi untungnya sekarang lebih mulai memahami bahwa tipe orang introvert membutuhkan waktu dan pikirannya dalam kesendiriannya.

Menurut tes dari berbagai sumber yang saya ikuti, ternyata saya cenderung introvert dengan melankolis dsn plegmatis. Kalau tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) lebih ke INFP-T. Wih kalau udah tahu karakter sendiri, berasa kenalan lho lebih mendalam lagi. 

Pada akhirnya memutuskan untuk merangkum segala fakta tentang introvert berdasarkan pribadi dan beberapa sumber yang mempunyai kepribadian introvert.

Fakta Menarik Orang Introvert 

1. Kesendirian di tempat yang sunyi dan tanpa ada orang adalah kesukaan introvert. Mereka leluasa bisa menjadi tempat mengisi energi diri. 

2. Tidak suka terlalu ramai. Malah kalau ramai bikin pusing energi terasa terkuras.

3. Menyukai bekerja diri sendiri. Tanpa bantuan orang pun introvert tetap bisa melakukannya. Pokoknya serba-serbi diselesaikan sendiri.

4.Kepribadian yang selalu menyimpan perasaan sendiri dengan aman dan teratur. Bisa menjaga baik-baik. Meskipun cerita kepada orang yang tepat dan di percaya.

5. Cenderung berpikir dahulu sebelum mengungkapkan sesuatu. Berpikir dahulu sebelum bertindak agar tidak menjadi bumerang dan salah dalan berucap. 

6.Tidak suka menjadi pusat perhatian. Cenderung lebih suka dibalik layar.

7. Lebih suka menghabiskan waktu untuk diri sendiri. 

8. Pengamat yang baik. Selalu menyukai mengamati sekitar. Baik fenomena maupun lingkungan sosial.

9. Selalu menjadi pendengar yang baik selalu sabar mendengarkan setiap orang yang cerita dan mereka lebih dipercaya sebagai kuncinya rahasia. 

10. Sangat loyal terhadap orang yang ia percaya. Apalagi teman yang tidak memanfaatkan ia dan selalu loyal baik tanpa ada maunya. 

12. Jika marahnya seorang introvert dengan diamnya yang begitu menakutkan. Bersikap tidak peduli dan apalagi membalas dengan singkat. 

13. Bersosialiasi dengan orang-orang yang sudah kenal. 

14. Kelihatan pendiam dan pasif padahal tidak kalau di sapa duluan tentunya akan dijawab kok.

15. Orang introvert akan asik pada waktunya ketika menemukan orang yang sefrekuensi dengannya.

16. Tidak menyukai basa-basi. Lebih tepatnya suka to do point dalam hal berbicara maupun mengetikkan pesan.


17. Gak suka ngobrol via telepon lebih suka melalui pesan. 

18. Merasa lelah jika terus menerus berinteraksi dengan orang lain.

19. Suka membaca buku kebanyakan. Kerasa banget karena introvert lebih berkutat dengan dunia sendiri pengalihan yang baik kepada buku.

20. Cenderung lancar menulis dibandingkan dengan berbicara. 

21. Selalu mempertimbangkan dan mempertanyakan kebermanfaatan suatu hal untuk melakukan aksi selanjutnya. 

22. Punya jiwa sosial dan empati tinggi. Kebanyakan gabung ke volunteer atau lebih dikenal dengan relawan sebagai panggilan jiwa. 

23. Bisa jadi suka menunda-nunda waktu kadang pemalas kalau tidak dilatih dan tidak memotivasi diri. 

24. Mempunyai jiwa kreatif yang tinggi bahkan selalu menjadi visioner.

25. Orang introvert menyukai buku, alam sekitar, film bahkan hewan peliharaan. Hayoo siapa yang memelihara kucing. Dia lebih suka ngobrol dengan kucing meskipun jawabannya hanya meong saja itu membuat ia senang. 

26. Mudah stres karena cenderung pemikir tetapi bangkit dalam terpuruk selalu terartasi. 

27. Mempunyai sedikit teman. Tetapi punya teman yang selalu berkualitas setia dan loyal kepada temannya.

28. Tidak suka kebohongan apalagi dikhianati janji dan kepercayaannya di ingkari jangan harap untuk diberikan kepercayaan kedua kalinya. 

29. Ketika hujan adalah suatu berkah karena suka di rumah itu membuat bahagia.

30. Orang introvert selalu berkutat dengan dengan pikiran diri sendiri dibandingkan pikiran orang lain. Mutlak tidak bisa di ganggu gugat. 

31. Orang introvert lebih suka dihargai apa yang mereka usahakan di andingkan dengan komparasi kritik yang bikin ia tidak nyaman.

32. Jangan mengharapkan introvert menjadi extrovert 

Gimana seru kan orang introvert. Dalam hidup pasti ada plus dan minusnya apalagi masalah kepribadian. Orang introvert tidak anti sosial hanya membatasi aja. 

Adakah fakta introvert yang kamu banget teman Linimasaade? Ada yang kurang faktanya coba boleh komentar ya untuk nambahin faktanya ya.



10 Responses to "30 Fakta Menarik Orang Introvert Baik dan Buruknya"

  1. Banyak poinnya yang aku ngerasa related. Ya dulu (eh apa sampe sekarang ya?) emang cenderung suka menyendiri. Males bersosialisasi haha. Kalau libur lebih suka di rumah atau sekalinya jalan ya keluar yang jauh haha.

    Makanya dulu pas kerja dan ditempatkan di frontliner, ketemu ratusan orang setiap haru kudu senyum, sapa, salam, bermanis-manis biar bisa jualan dsb, itu tersiksa banget awalnya. Tapi karena lingkungan pekerjaan kejam haha harus beradaptasi dengan super cepat. Sekarang, mulai berani membuka obrolan dengan orang asing, walau tergantung mood juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, saya merasa basa-basi itu pisiksaeun. Bikin jadi pengen nangis!

      Saya ini introvert, tapi kalo kumpul sama sesama introvert malah bisa jadi ekstrovert.

      Delete
  2. Nggak bisa berubah ternyata kepribadian itu ya. Misal mulanya introvert terus dia semacam desentisisasi lama-lama jadi ekstrovert. Hoho..

    Saya can't relate karena kepribadian saya ekstrovert tapi mencoba memahami teman-teman yang introvert terutama pas lagi ngumpul-ngumpul..

    ReplyDelete
  3. waah..sebagian besar poin / fakta yg disebutkan di sini relate dg ku. meski karena pekerjaan harus berinteraksi dg banyak orang, jauh di dalam diri ku lebih memilih untuk sendiri. lebih merasa nyaman saat sendiri..

    ReplyDelete
  4. Adikku tuh anaknya introvert, memang mesti lebih banyak coba memahaminya. Mantap jadi semakin tahu

    ReplyDelete
  5. beberapa kriteria di atas itu aku merasa relate sih, meski kadang ku merasa extrovert berarti ada irisan yang lebih condong introvert juga yaa.. telponan yg dulu aku suka banget contohnya, sekarang malah malas dan bingung ngmg lama2 ngobrol apa ajaa ya

    ReplyDelete
  6. Adikku orangnya introvert, dulu aku juga punya pacar introvert. Kadang masih juga belum bisa memahami mereka lebih jelas. Namun dgn tulisam ini jadi membantuku mba heheh

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, dibikin pointing begini, saya hampir memenuhi setiap pointnya :))
    Kecuali, alhamdulillah karena tuntutan pekerjaan, akhirnya mampu juga berbicara di depan publik. Sesekali suka jd relawan MC :D
    Minusnya, iya, suka keasyikan jadi manusia gua. Kalau yg gak kenal, dianggap manusia sombong. Padahal kan sendirinya ya sungkan memulai obrolan duluan :p

    ReplyDelete
  8. Hampir dari ke-32 fakta yang disebutkan diatas juga relate banget sama diriku hhi, bisa digtu yaa.. serasa diramal..

    ReplyDelete
  9. Sebagai orang yang (mengaku) introvert, menurutku hal yang membedakan introvert dan ekstrovert adalah cara mereka men-charge energinya. Seorang introvert bisa saja menjadi pusat perhatian atau ribut di suatu tempat, tapi itu akan menguras energi mereka. Cara mereka mengembalikan energi yang dengan menyendiri, sedangkan ekstrovert malah men-charge energi saat bersama dengan banyak orang

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-