/ -->

Cara Mengganti Template Bawaan Blogger Mudah Gratis

Konten [Tampil]
Cara Mengganti Template Bawaan Blogger Mudah Gratis



Cara Mengganti Template Bawaan Blogger Mudah Gratis - Awal-Awal ngeblog jadi nostalgia nih. Pasalnya bukan fokus ngeblog, malah koleksi ratusan template Blogger. Padahal nih ya gonta-ganti template gak baik buat kesehatan blog. 

Alih-alih fokus ngeblog malah fokus mempercantik blog. Sebenarnya boleh aja sah-sah aja. Tapi jangan itu aja yang di prioritaskan. 
Berhubung dulu tidak tahu menahu kerugiannya jadi enggak diambil pusing. 

Setelah tahu saya konsisten sama satu template ini. Gimana kece gak? Hehehe. Bisa juga membuat template kosong

Gimana sih caranya mengganti template bawaan Blogger? Kalau lihat blog lain kok bagus banget desain web bahkan tampilannya bikin betah. Ciamik gitu. Merasa betah jadinya. 
Semua orang yang masuk ke dunia blog pasti merasakan hal serupa. Ya salah satunya ganti template blog. 

Untungnya saat kenal membuat blog, saya langsung dikenalkan sama situs penyedia template khusus Blogger. Terutama Gooyabie Templates, ThemeXpose, dan lainnya. 


Cara Mengganti Template Blogger Mudah

Sebenarnya ada 2 cara untuk mengganti template bawaan Blogger. Begini caranya.

Pertama buka situs penyedia Templates. Pilih template dengan kriteri berikut seo friendly (ada struktur seo didalamnya), clean (jelas tidsk ramai widget dan warna), mobile friendly (templatenya bisa dibuka di perangkat apapun baik itu smartphone, komputer dan tablet) bahasanya responsif bisa dibuka dimana aja, 

Cara mengganti template bawaan blogger

Pokoknya di Gooyabi Templates sudah menggunakan kategorisasi. Banyak banget pilihan pilih aja satu satu. Semuanya bagus kok. Asal sesuaikan dengan niche blog. 
Kriteria yang direkomendasikan
1. Responsif
2. Seo friendly
3. Ada header, sidebar dan footer
4. Warnanya tidak terlalu banyak minimal 3 atau 2 cukup


Cara mengganti template di blogger



Setelah dipilih, tinggal download saja. Ada 2 pilihan yang gratis dan berbayar. Pilih yang gratis aja. Contohnya saya memilih template Polar, maka tinggal download saja. Pengin lihat tampilan sebelum digunakan bisa tinggal klik tombol live preview.

Ganti template blog

Sudah di download, di extract dulu karena saat di download filenya berupa zip. Yang dibuthkan templte hanta file .xml saja. Setelah itu, sekarang masuk ke menu dashboard Blogger.

1. Pilih theme
2. Segitiga terbalik simbol segitiga orange - restore 
3. Ada menu restore pilih upload 
4. Pilih template yang sudah di download 
5. Letak penyimpanannya dimana 
6. Pilih nama templatenya pastikan xml ya
7. Pilih mobile settings
8. Pilih mobile lalu simpan
9. Klik view blog untuk melihat tampilannya

Bagaimana mudah bukan caranya? Setelah itu bagaimana lagi? Masih banyak PR tentang daftarkan blog ke Google dengan Google Search Console, Daftar Google Analytics dan lainnya. 

Boleh teman Linimasaade request artikel. Di kolom komentar ya. Dan yang sudah menerapkan cara ganti template ala Linimasaade, boleh dong komentar juga ya. 
Semoga bermanfaat.



9 Responses to "Cara Mengganti Template Bawaan Blogger Mudah Gratis"

  1. Wahh bagus nih ganti template, tapi jangan keseringan ganti-ganti. Aku suka template yang simple tapi bersih dan gak neko-neko kalau mau diubah hihihi. Aku juga pernah tuh pake template di gooyabi, semuanya gratis..

    ReplyDelete
  2. Oh di Goyabi itu ada yg berbayar juga to? Aku dulu pernah sekali beli tapi banyak yg kembaran jadi muram deh 🤣 Terus dibilangin temen pas ada diskon di etsy, udah deh alhamdulillah sampai sekarang gak mau gonta-ganti template lagi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas rekomendasinya mbak, saya semenjak dulu ingin sekali memperbaiki dan menggangti tampilan blog, hanya saja belum dilakukan sejak dulu.

    ReplyDelete
  4. Idem nih, saya juga dulu waktu pertama ngeblog sukanya koleksi template, bahkan kebiasaan itu masih bertahan sampe tahun 2020, belasan tahun itu sejak awal ngeblog hihihih, tapi makin kesini jadi tahu juga ternyata gonta ganti blog malah gak baik.
    mending juga fokus dibenerin yang gak oke menurut meta SEO inspektor dkknya :D

    ReplyDelete
  5. Uda lengkap banget info mengenai blog-hack di blog kak Ade.
    Dan aku dulu juga penganut visual garis keras, kak..

    Bisa banget ganti template setahun 2 kali, demi menemukan arti sebuah kata yakni "nyaman".

    Aku pingin buat aku happy kalau buka blogku dan idealismenya, karena aku suka warna pink, jadi blognya kudu totally pink.

    Tapi ternyata bikin sakit mata yaak..
    Hahaha...akhirnya aku ganti template yang clean, meski tetap punya obsesi ganti template lucu lagi, suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya pakai wordpress siy mbak, dan baru² ini beli template yang premium dan masih nyoba otak atik. Soal template ini emang penting ya, selain bikin enak dipandang, menarik juga bisa ngaruh banget sama kecepatan saat orang buka.

    ReplyDelete
  7. Untuk second blogku, sering banget kuganti-ganti template. Baru 2 bulan ganti, udah ganti lagi. Tapi untuk blog utama, saya gak berani gonta-ganti template, takut viewnya turun

    ReplyDelete
  8. aku termasuk doyan gonta ganti template, mbak dan biasanya nyarinya di gooyabi ini. banyak banget pilihannya soalnya. hehe. tapi tetap sih kalau mau pilih template bagusnya dipilih yang seo friendly dan dicek juga di gtmetrix kecepatannya

    ReplyDelete
  9. Yes, saya ialah orang yang suka gonta ganti template juga. Sering banget ndownloadin template sampai beli juga. Wkwwkkw

    Dan kali ini cukup lama nih udah setahun lebih belum ganti template. Mungkin nanti kalau udah selow, ganti lagi.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^