/ -->

Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehataan Gusi

Konten [Tampil]


Kegunaan daun sirih



Linimasaade.com - Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehataan Gusi  -  Pernah dengar  tanaman daun sirih? Pasti pernah ya teman Linimasaade. Daun sirih dengan nama latin Pipel betle L adalah tumbuhan asli Indonesia dengan sejuta manfaat. Bentuknya seperti gambar hati agk kasar mempunyai bau ciri khas.  Saya tahu daun sirih saat masih kecil karena salah satu manfaatnya untuk menyumbat darah mimisan. Punya benjolan pada gusi juga apalagi bisa.

Saat masih kecil suka melihat nenek mengunyah daun sirih dengan gambir kalau istilahnya adalah nyepah. Saat nyepah, hampir semua yang ada dalam mulut warna oranye namun giginya semakin putih dan kuat meskipun usia telah memasuki masa purna. Sekarang sudah meninggal sekitar 7 tahun yang lalu. 

Nah kembali ke daun sirih. Kenapa nenek saya mau-maunya ngunyah daun sirih di bandingkan bahan lain terlebih khasitanya sama.

Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehatan


Ternyata eh ternyata daun sirih mempunyai manfaat yang beragam. Contoh kegunaan daun sirih untuk menguatkan gigi. Gak salah orang zaman dulu giginya pada kuat ternyata suka nyepah. Tidak tahu era sekarang masih ada tidak yah orang yang rutin nyepah.

Selain itu, manfaat daun sirih bis digunakan untuk berbagai penyakit seperti bengkak pada gusi, penyakit jantung, obat diare, menyembuhkan proses luka bakar, menurunkan kolestrol, diabetes juga bisa, saat mimisan gunakan daun sirih, memgobati asam lambung, karies gigi, menyehatkan alat reproduki,  obat bau badan dan lain sebagainya.

Daun sirih di kenal sebagai tumbuhan antibiotik yang mujarab khasiatnya. Kandungan yang ada pada daun sirih seperti tanin sebagai anti kanker. 

Andaikan saya berani untuk nyepah karena manfaatnya, sampai saat ini belum berani nyepah yang dilakukan nenek saya. Mungkin untuk sekarang lebih tepatnya menggunakan pasta gigi yang mengandung daun sirih sudh cukup untul menjaga putih gigi.

Saat mencari informasi tentang kegunaan daun sirih, saya baru tahu kalau daun sirih bisa bisa di rebus dan diminumkan airnya. Manfaatnya juga banyak bagi tubuh. 

Apalagi nih yang terkendala bau badan, cocok gunakan daun sirih sebagai obat alami. Caranya juga mudah ambil 4-5 lembar daun sirih cuci yang bersih lalu masukkan ke dalam panci yang sudah di masukkan air kira-kira untuk satu gelas sekali minum. Rebus dan ambil airnya seger minum.

Biasanya rebusan daun sirih bisa dipakai rutin. Tapi jangan terlalu sering lho ada efek sampingnya juga kalau berlebihan. Mungkin cukup satu minggu 1 kali. 

Kegunaan Daun Sirih Untuk Gusi


Menurut sebuah jurnal, bahwa manfaat daun sirih bisa mencegah bau mulut  dan menjaga kesehatan gusi. Adanya kandungam amtiseptik yang dimiliki pada selembar daun sirih. Terus ciri-ciri gusi yang sehat seperti apa? 

Coba cek dan coba bercermin hehehe. Menurut para ahli ada beberapa ciri gusi yang seht diantarnya warnya merah muda, tekstur gusi halus, tidak mudah berdarah, kenyal saat di pegang. 


Kalau warna merah agak kehitaman bagaimana? Tergantung bisa karena keadaanya sudh parah atau keturunan. Bukan hanya faktor internal saja, bisa jadi ada dari faktor eksternal juga yang menyebabkan gusi merah kehitaman. 

Kenapa kegunaan daun sirih sangat dianjurkan untuk kesehatan gusi? Selain aman obat antiseptik alami, daunnya pun mudah di dapat, khasiatnya juga aman apalagi kesehatan mulut ya tidak sembarangan yang masuk. 

Bagaimana kegunaaan daun sirih banyak banget bukan? Memang nmanya obat agk pahit-pahit gimana rasanya. Tapi, percayalah khasiat daun sirih tidak usah diragukan lagi. Teman Linimasaade ada pengalaman dengan daun sirih? Coba share di komentar ya. 









1 Response to "Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehataan Gusi"

  1. sebenernya sudah lama tahu manfaat daun sirih
    apaalagi rasa-rasanya semua kebiasaan orang tua jaman dulu itu pasti ada sisi baiknya, salah satunya daun sirih
    sama nih, seandanya aku punya keberanian buat nyepah daun sirih 😆 belum pernah nyoba juga sih hihi

    salam kenal yaa 🙂

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-