/ -->

Review Buku 60 Hadits Shahih Hak-hak Perempuan Dalam Islam

Konten [Tampil]
Review Buku 60 Hadits Shahih Hak-hak Perempuan Dalam Islam




Ade Lisna pemenang Daily 23. Artikel ini diikutsertakan dalam ODOP ICC X Mubadalah.id

Linimasaade.comReview Buku 60 Hadits Shahih Hak-hak Perempuan Dalam Islam -Sejak zaman dahulu tepatnya 700-1000 SM mengenai nasib perempuan memprihatinkan. Saat membaca beberapa peradaban, perempuan hanya dijadikan sensasi bahkan ada yang di bunuh sejak dari lahir karena melahirkan anak perempuan adalah suatu kesialan. 

Miris memang melihat catatan sejarah peradaban dulu. Dari peradaban Romawi, peradaban Yunani hingga peradaban lainnya. 

Kedudukan Perempuan Dalam  Sejarah


Kedudukan perempuan tidak lain adalah yang pantas direndahkan dan adalah kotor dan najis. Kenapa hal itu bisa terjadi? Saya sebagai perempuan merasa kasihan dan tidak ada keadilan bagi perempuan yang hidup di zaman itu. 

Sejarah mencatat bahwa perempuan mempunyai masa kelam yang sangat tidak adil. Semua hak-haknya terampas. Di marginalkan, dikucikan bahkan dianggap sebagai manusia yang tidak pandai menurut peradaban Romawi. 

Perempuan hanya dijadikan objek. Lebih parah lagi saat peradaban Yunani. Meskipun peradaban Yunani telah melahirkan banyak orang-orang intelek atau pemikir-pemikir yang menjernihkan pikiran, tapi kekurangannya pada peradaban Yunani perempuan diperlakukan jauh dari kata pantas. 

Bangsa Yunani meyakini bahwa tujuan perempuan hanyalah menjadi seorang ibu dan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga saja tidak lebih dari itu. Perempuan bagaikan mesin produksi yang bisa dipindahtangan. Mereka meyakini bahwa keunggulan seorang anak bukanlah dari kualitas sang ibu tapi dari pihak laki-laki. 

Ironis memang jika melihat masa kelam perempuan pada abad ke-15. Tapi, islam datang membawa harapan yang baru bagi perempuan. Perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki. Tidak ada perbedaan dalam menjalani kehidupan.


Buku 60 Hadits Shahih Khusus Tentang Hak-hak Perempuan Dalam Islam

Alhamdulilah sekali beruntung saya menemukan buku yang sangat inspiratif khususnya bagi perempuan. Sebelum penjelasan saya berterima kasih kepada para panitia One Day One Post Indonesian Content Creator (ODOP ICC), kepada penyelenggara linnya Mubadalah.id yang telah Buku khusus yang menjabarkan hak-hak perempuan dalam islam yang dilengkapi penafsirannya agar tidak salah mengartikan haditsnya. 

Buku 60 Hadits Shahih karya Faqihudin Abdul Kodir yang wajib banget dibaca oleh perempuan generasi z maupun milenial. Pokoknya bisa dibaca semua kalangan. Karena bahasanya yang mudah dimengerti tidak terlalu ilmiah segingga mudah di aplikasikan dalam kehidupan.

Kenapa harus membaca buku 60 hadits shahih karya Faqihuddin Abdul Kodir? Pertama, perempuan harus tahu bahwa martabat perempuan di mata Allah ta'ala seperti apa. 

Ada beberapa tema pokok secara garis besar  yang dilandaskan atas hak-hak perempuan dalan islam. Saatnya kita tahu hak perempuan itu seperti apa. Bukan katanya tapi harus dibuktikan kebenarannya yang di landaskan Alquran dan hadits.

Salah satu bagian yang saya sukai adalah bagian  memuliakan dan menghormati perempuan. Islam itu sudah memberikan landasan yang cukup detail terhadap hak perempuan. 


Dalam hadits yang di riwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam sunan-nya (nomor hadits:1195) bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menegaskan keimanan itu menuntut seseorang memiliki relasi yang baik dengan sesama manusia, berbuat mulia, menebar kebaikan dan mendatangkan kemaslahatan. (Halaman 63) 

Jadi jelas ya berbuat baik kepada perempuan menjadi syarat keimanan sesorang sekaligus posisi martabat kemanusiaa perempuan. 

Selain itu perempuan memiliki 3 derajat dibandingkan laki-laki. Tahukan jika ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam tentang siapakah orang yang paling berhak dilayani dan ditemani. Rasulullah Shalallaha 'alaihi wassalam menyebutkan kata ibu sebanyak 3 kali. Lalu terakhir bapak. Hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim. 

Perempuan adalah induknya tonggak peradaban sejarah. Dengan perannya perempuan melahirkan generasi-generasi emas yang memberikan kontribusi nyata pada kehidupan. 

Ada salah satu kisah seorang dari Imam Besar Sudais. Sudasi kecil nakalnya bukan main. Tapi ibu beliau mendoakan yang baik-baik saat marah. Apa itu? Mainlah ke masjidil haram semoga menjadi imam besar. Sekarang menjadi kenyataan beliau Sudais menjadi Imam besar di Masjidil Haram. Masha Allah. 

Buku 60 hadits shahih tersedia berbentuk aplikasi. Tersedia di Google Play. Kalau saya pilih dua-duanya. 




Jadi tunggu apalagi jelajah hak-hak perempuan dalam islam di Buku 60 Hadits Shahih karya Faqihuddin Abdul Kodir. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa ada acara yang berfaedah banget nih. Acara tentang kajian intensif Ramadhan 2021. Tahsin baca Alquran dan Tadarus Sunnah Monogami. 

















0 Response to "Review Buku 60 Hadits Shahih Hak-hak Perempuan Dalam Islam"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^