/ -->

Bangun Personal Branding Dengan IDN Creator Network

Konten [Tampil]

 

Bangun Personal Branding Dengan IDN Creator Network


Bangun Personal Branding Dengan IDN Creator Network - Kegiatan branding memang umumnya melekat kuat pada suatu perusahaan maupun produk. Namun, branding bukan hanya diperuntukkan sebuah perusahaan juga, namun setiap individu tentu punya branding yang kuat dalam kancah content creator apalagi zaman sekarang personal yang beda yang uniklah menjadi kuatnya personal branding dengan citra yang baik. 

Dalam urusan tersebut, personal branding mampu mendatangkan nilai value pada diri seorang content creator, karena mereka sudah merasakan dampaknya. Kamila Pri Azarini, Creator Development Manager bersumber IDN Creator Network, mengungkapkan, “Dengan menangkap ideal-ideal yang kedapatan bagian dalam jasad, seorang content creator upas mengefisienkan kesediaan yang mencari akal miliki menjelang melebarkan tulisan nasib dan membantu kejujuran.”


1. Peluang Bekerja di IDN Creator Network

Bekerja sebagai Creator Development, Kamila menuturkan bahwa tugas utamanya adalah mencari influencer untuk brand yang sedang menjalankan sebuah campaign mereka dan dari situ bisa tahu bahwa personal branding akan memberikan dampak terutama bagi para audiens. Sebab dengan adanya personal branding, sekarang jamannya itu i understand you have product. Maka emang audiens lebih mempercayai suatu influencer yang menggunakan dibanding hanya foto produk saja. 


2. Tiga rahasia agar personal branding kuat

Sebagai seorang content creator, pengertian akan personal branding suatu hal yang paling mendasar untuk diketahui.  Menurut Creator Development, setidaknya ada 3 rahasia membentuk personal branding yang kuat yaitu “Pertama, self-awareness. Figure out who you are. Kita harus menggali potensi diri dan mencari nilai yang kita miliki. Untuk mengtahuinya kita harus berusaha dan mencoba hal-hal yang baru, jika tidak mencoba tidak akan dapat,” sebutnya.

Menurut kamila kedua rahasia memperkuat branding adalah jadilah diri sendiri. “Keunikan seseorang tidak akan sama persis, maka autentisitas adalah kunci untuk memfokuskan sisi keunikan yang kita miliki selalu berusaha menjadi positive impact bagi sekitar.” Ketiga selalu peka terhadap perkembangan teknologi, Salah satu alat untuk membangun personal branding adalah media sosial. “Dengan rutin konten, akan perlahan personal branding itu muncul karena kekonsistenan dalam mengupload konten. Personal branding isn’t an overnight job.” Tutur Kamila. 


3. Personal branding murni datang dalam diri bukan hanya pencitraan

menurut Kamila, dalam membangun personal branding media bukanlah satu-satunya menjadi perantara. Personal branding bukan menciptakan karakter baru atau yang dibuat-buat dalam dunia maya, tetapi personal branding adalah bagaimana bertutur, berinteraksi sebagai mana kamu bersikap baik itu di rumah, kantor dimana pun kamu pergi dan berada. Bukan berarti kita menciptakan sikap yang jelas-jelas bukan bagian dari dalam diri kita. Selalu bawakan personal branding dalam diri murni yang datang dari ‘dalam’.

“Dalam segi teknis, hal yang paling penting  dan harus dimengerti seorang kreator adalah audiens sangat menyukai personal branding yang lebih mengedepankan konten yang bersifat mengedukasi seperti tutorial dan tips trik yang mungkin audiens mendapatkan manfaatnya,” tegas Kamila.

Bangun Personal Branding Dengan IDN Creator Network



4. Jamannya kolaborasi bukan kompetisi

Meskipun namanya personal branding, bukan berarti semuanya dilakukan secara sendiri. Kamila menuturkan bahwa berkolaborasi dapat menciptakan integritas dalam membangun personal branding. Mengapa? Karena secara tidak langsung kolaborasi dapat meningkatkan kepercayaan audiens.

Menutup perbincangan pada sore hari itu, Kamila menyampaikan beberapa poin paling penting yang harus diimplementasikan dalam proses pembentukan personal branding. Creator Development mengungkapkan, “Bagaimanapun, appearance, personality, dan value itu adalah beberapa hal utama yang akan diperhatikan dalam membangun personal branding seseorang. Namun, jangan sampai lupa bahwa untuk mencapai beberapa poin yang saya sampaikan tadi, kita tak perlu berpura-pura jadi orang lain, sebab attractiveness comes from your uniqueness.” Tentunya jadilah diri sendiri. 


19 Responses to "Bangun Personal Branding Dengan IDN Creator Network"

  1. Kolaborasi untuk bangun personal branding itu wajib banget. Apalagi seseorang kan pasti punya kelebihan tertentu. Nah, kalo bergabung pasti keren!

    ReplyDelete
  2. Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain seolah menjadi kalimat penutup yang mujarab banget dan sangat related dengan para content creator saat ini yah mba.

    ReplyDelete
  3. Sepertinya saya harus sering sering upload konten nih agar bisa personal branding dan dikenal lebih cepat. Masuk akan juga pendapatnya

    ReplyDelete
  4. Rupanya rutin buat konten jadi salah satu kunci agar personal brandingnya kuat.

    ReplyDelete
  5. Benar banget....menjadi diri sendiri lebih bisa menonjolkan keunikan diri sendiri dan bisa jadi nilai plus diri kita yaaa

    ReplyDelete
  6. Dan hal penting juga sih untuk kolaborasi dengan siapapun termasuk dengan blogger-blogger lain

    ReplyDelete
  7. Pointnya salah satunya harus menjadi diri sendiri ya. Memunculkan keunikan dan kelebihan yang ada dalam diri.

    ReplyDelete
  8. Kolaborasi dapat meningkatkan kepercayaan diri...
    Jadi harus sinergi dengan yang lainnya...

    ReplyDelete
  9. Ternyata diri sendiri perlu juga di branding ya. .tapi susahnya tidak boleh berupa pencitraan. Harus tetap jadi diri srndiri. Wah, masih harus mengeksplor diri nih saya

    ReplyDelete
  10. Dapet tips nih, harus kolaborasi. Makasi Kak artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  11. eh aku taunya IDN tuh cuman buat baca berita gak taunya ada peluang jadi content creator di sana ya... wah kudu cari tau nih... yap personal branding penting banget supaya kita bisa cepet dikenali karena punya ciri khas

    ReplyDelete
  12. Bener banget ya mba. Sekarang mah dibanding bersaing gak sehat, mending kolaborasi.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^