Tradisi Lebaran yang selalu dinantikan

Tradisi Lebaran yang selalu dinantikan - Lebaran atau idul fitri merupakan suatu hari raya umat islam setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Idul fitri selalu ada identik dengan beberapa tradisi. Di Indonesia ada beberapa tradisi yang sellau dinantikan dan selalu di kangenin apa saja. yuk simak artikelnya.

1. Mudik

Mudik pada dasarnya adalah pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga tercnta. Mudik selalu di lakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipn tarif untuk pulang kampung diberbagai daerah bervariasi ada yang biaya transportasinya murah hingga mahal. tapi hal itu tidak menghalangi masyarakat kita untuk mudik. Karena momen mudik sellau melekat di negara kita. Slah satutradisi yang sellau dikangenin, Apalagi saat di tanah perantauan pulang setahun sekali terasa sekali kerinduan yang mendalam ke kampung halaman.

2, THR

THR atau tunjangan hari raya paling dinanti-nanti oleh semua kalangan. Baik muda maupun yang sudah berumur. Karena tunjangan hari raya ini berupa uang ataupun makanan. tapi kebanyakan mengggunakan uang tunai. Ada kesenangan tesendiri saat mendapat THR. 

3. Berburu makanan khas lebaran

Tidak afdhol jika merayakan lebaran tidak kue khas lebaran. Ada banyak macam aneka kue pilihan yang khas diberbagaia daerah. paling umum kue nastar serta kue mentega. Linimasaade suka kue salju dan kue sagon karena kue itu sangat enak rasnaya. kalau didaerah kamu apa readers?

4. Takbiran

Tradisi yang keempat ini tidak akan ditemukan di hari apapun kecuali hari besar umat islam yaitu lebaran. Kumandang takbiran ini adalah tradisi lebaran yan selalu dikangenin. Setiap lafadz dibacakan lalu kita pahami artinya, tidak terasa air mata mulai membahasahi pipi. Karena kumandang takbiran ini sungguh membuat hati tertegun akan kebesaran Allah serta nikmat yang tidak terhitung.

5. Halal bi halal

Saling memaafkan saat lebaran adalah yang suah atau bahkan tradisi lebaran. Memaasfkan kesalahan yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya supaya dimaafkan dan saling melupakan dosa satu sama lain agar saling memaafkan. Tidak ada manusia sempurna semua memiliki khilaf dan salah. Saat momen lebaran selalu dikangenin. tapi minta maaf jangan hanya bulan lebaran aja ya tetapi setiap saat kita minta maaf jika ada salah. Tidak akan hina manusia jika mempunyai jiwa pemaaf.


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day25


Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Tradisi Lebaran yang selalu dinantikan

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terimakasih