/ -->

Cerita Lebaran Hampir Keluarga Semua Sakit dan Resep Obat Batuk Alami

Konten [Tampil]

Cerita Lebaran Hampir Keluarga Semua Sakit dan Resep Obat Batuk Alami



Cerita Lebaran Hampir Keluarga Semua Sakit dan Resep Obat Batuk Alami - Teman Linimasaade, Alhamdulilah tahun ini mudik lebaran di kampung halaman. 

Hanya bedanya tahun ini lebaran agak sepi kalau dilihat banyaknya orang shalat ied. Biasanya tahun-tahun sebelumnya ramai sekali. Mungkin ada beberapa yang tidak mudik. 

Biasa kalau lebaran di kampung tuh gak bisa menahan tangis dan haru. Ketemu teman, saudara, keluarga dan tetangga. Meskipun gak ketemu tiap hari. 

Kesan lebaran di kampung halaman itu senang aja. Kalau teman Linimasaade punya kesan mudik dan lebaran di kampung halaman?

Berhubung lebaran nih ya, rutinitas di keluarga kami setelah shalat ied ke rumah sungkeman satu sama lain dan pergi ke makam nenek kakek beserta saudara-saudara yang sudah meninggal. 

Untuk ke makam kami selalu jalan kaki. Lumayan jauh banget. Tapi berhubung bareng-bareng ziarahnya jadi gak berasa capeknya. 

Alhamdulillah silaturahim tetap terjalin. Oh iya lebaran tahun ini beda. Sebab hampir semua anggota keluarga sakit. 

Hari berganti ada kabar saudara A sakit, di susul saudara B sakit, dan kakaku juga sakit saya pun. Kalau dihitung lumayan banyak sakitnya barengan. Tapi anehnya keluhannya sama. Seperti batuk, demam, sakit kepala dan pilek.

Pas kontakan sama teman-teman di daerah lain ternyata sama juga ada yang mengalami juga sakitnya. Ada yang kebagian batuk pilek aja, , demam + batuk aja dan ada yang demam aja. Serentak gitu ya. 

Kalau batuknya kurang enak ke tenggorokan. Seperti ada yang menghalangi dan ganggu aja. Suara batuk tidak henti-henti. Di tengah-tengah chat sahabat yang aku anggap kakak ini, mulai menanyakan kabar. 

Ya aku kasih tahu keadaannya. Lalu dia memberikan resep obat batuk alami. Mungkin sebagian besar rempah-rempah yang paling dijagokan dalam mengatasi batuk jahe ya. Tapi saat dikasih tahu resep ya ternyata gak ada sama sekali jahenya.

Resep obat batuk alami 


Bahan: 
Madu asli 1 sendok makan 
Jeruk nipis 
Kencur di geprek
Air hangat sedikit

Cara membuatnya

1. Siapkan jeruk nipis. Iris dibagi menjadi 3. Ambil salah satunya. Peras terlebih dahulu ke dalam gelas. 

2. Tambahkan 1 sendok makan madu. Dikira-kira aja ya sesuai selera. 

3. Geprek kencur ambil beberapa kira-kira aja jangan kebanyakan. 

4. Beri air hangat tidak terlalu banyak ya perkiraan buat 2 sendok air hangat boleh atau 3 sendok. Dikira-kira aja jangan terlalu banyak air. 

5. Aduk semuanya menjadi satu. Langsung minum. Diminum 2 kali sehari. Pagi dan sore. Bisa juga pagi dan malam. Makan dulu ya sebelum konsumsinya. 

Coba deh rasakan obat batuk yang di racik mudah dan bisa di praktekkan di rumah tanpa ribet. Meskipun batuk, tetap tidak boleh dianggap enteng karena mengganggu aktivitas.


Apa yang saya rasakan setelah mengkonsumsi obat batuk ini? Mulai reda dan gak pernah ada lagi suara batuk yang tiap menit selalu ada. Mulai enakan lagi. Bersyukur banget. Soalnya batuknya mengganggu sekali. Setelah itu aku nuga rekomendasikan ke keluargaku beberapa aja yang aku buatin resepnya. 

Satu persatu mulai pulih batuknya. Enak ke badan katanya. Tapi konsumnsinya jangan hanya sekali. minimal 2 hari kalau batuk nya masih ada. Kalau sekali batuknya udah gak ada luar biasa sekali ya. 

Apa hikmahnya setelah hampir semua keluarga sakit? Ya pastinya menjaga pola makan dan pola hidup ya. Kebayangkan waktu bulan puasa setiap buka makannya manis dan minuman manis yang pakai es. Jadi efeknya pas setelah lebaran. Saran lebih baik setelah bangun tidur minum air hangat tiap harii. Biar enak ke badan. 

Itulah  cerita lebarannyya teman Linimasaade, semoga semuanya sehat-sehat ya tetap menjaga kesehatannya. 



9 Responses to "Cerita Lebaran Hampir Keluarga Semua Sakit dan Resep Obat Batuk Alami"

  1. Mau dicoba ahhh resepnya, koq ya pas abis unjung-unjung kemarin ini sekeluarga pada batuk berdahak dan pilek. Biasanya pan kalau resep pereda sakit tenggorokan pakai jahe atau cengkeh atau bahan herbal yang bikin tenggorokan 'semriwing' ya, ini pakai kencur lho. Unik bets. Mamaaciii resepnya mbak Ade *sendlove

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya malah disuruh ibu buat ngisep kencur, jadi dia kayak permen gitu Mbak. Woh jangan tanya rasanya.. Lidah tuh langsung mati rasa 🤣

    ReplyDelete
  3. Kayaknya persoalan batuk, pilek, demam, hampir sebagian besar keluarga ngalamin ya apalagi pas lebaran kemarin. Kalau pas puasa, tenggorokan sakit tuh kerasa banget karena nggak bisa langsung minum.

    Terima kasih resep alaminya.

    ReplyDelete
  4. habis Lebaran biasanya emang ada aja penyakit yang muncul sih ya.
    saya juga sering nih Mbak minum madu dan jeruk nipis plus air hangat saat batuk, kadang jeruk nipis+kecap juga tuk redakan batuk. Lebih senang yang alami emang sih daripada langsung obat medis.

    ReplyDelete
  5. Pas banget sekarang emang lagi radang, Kak. Biasanyakalau resepnya jeruk nipis dipakein kecap. Tapiresep ini lebih hangat sepertinya, siap dicoba ini. Terima kasih infonya, Kak :)

    ReplyDelete
  6. Boleh nambahin resep tradisional lainnya? Tapi yang ini khusus untuk mengurangi rasa ndak nyaman karena demam. Parutan bawang merah ditambah beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon.
    Walau memang adi bau bawang, tapi efektif mengurangi tingkat demam, akhirnya jadi bisa istirahat dan perang lawan virus batuk pileknya.
    Semangat sehat buat kita semua

    ReplyDelete
  7. Setuju nih, di awal lebaran beberapa orang sekitar mengeluhkan sakit baik pilek , demam, hingga batuk, yang juga karena kesalahan kebiasaan gaya hidup di saat ramadan, plus karena faktor cuaca juga.
    solusi kalau ingin mengobati tanpa pergi ke dokter paling bener ya dengan bikin minuman herbal alami yang mudah bikinnya ya mbak
    Apalagi kalau diminum rutin tiap pagi anget anget gitu

    ReplyDelete
  8. Aku kena batuk justru habis lebaran mbaa.. Tapi ini bawaan radang sih kayaknya. Batuk, pilek, demam, ngilu, tenggorokan sakit. Tapi saat radang mulai pulih, Alhamdulillah batuk pilek dkk juga mereda. Kalau batuk biasanya cukup di rumah minum rempah2 ini harus otw dokter 😆

    ReplyDelete
  9. Samaan mbak, saya waktu mudik kemarin sejak hari pertama sudah sakit. Demam dan batuk. Hanya saja sampai saat ini batuk tidak berhenti juga. Sudah minum segala obat sampai antibiotik. Anehnya tenggorokan tidak gatal seperti halnya batuk biasanya, cuma ganjel dahak jadi memicu batuk. Saya cek lab beberapa hari lalu semua bagus. Kalau kata suami kayaknya lebaran kemarin kena covid karena sisa batuknya lama sekali, sudah hampir sebulan. Tapi kalau mau dicek apa2 sekarang hasil covid sudah tak bermakna.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^