Friday, 23 November 2018

Fakta Mengenai Social Media | Day 5




Fakta Mengenai Social Media | Day 5 - Apa yang kalian pikirkan mengenai social media? pastinya social media penuh berita hoax, saling adu domba, mengujar kebencia atau bahkan berjualan serta endorse. well kali ini saya akan menjelaskan mengenai social media ala linimasaade.com.

Pengertian Social Media

Sebelum membahas ke fakta social media, saya akan menjelaskan pengertian social media itu sendiri. Social media adalah sebuah media daring yang sangat mudah untuk bersosialisasi atau berkomunikasi dengan cara yang mudah dan cepat tanpa bertatap muka langsung dari seluruh dunia. Satu lagi pengertian dari Social media adalah Sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain secara online tanpa mengenal ruang dan waktu

Bisa kebayang gak pengertian social media? secara dong ya apapun yang kamu lakukan lalu upload di salah satu socmed kamu, semua dunia akan tahu karena social media bersifat publik. Jangan heran foto kamu misalnya ada di facebook orang luar negeri misalnya, ya karena sifatnya publik gak bisa kita cela atau bagaimana.

Social media sendiri banyak macamnya ternyata diantaranya:

Social network: kalau ini jenis social media untuk berinteraksi satu sama lainnya contohnya facebook, myspace, twitter, linked, instagram, snapgram, wah banyak banget jenisnya ya.

Publish: Social media jenis ini mempublish tulisan secara digital seperti wordpress, blogspot, serta joomla dan jenis cms lainnya.

Live streaming: jenis social media yang di fokuskan untuk streaming. Contohnya Facebook Live, Live, You now, Xsplit free, dan Youtube Live

Share, Jenis social media yang suka bagi-bagi dokumen, zip-zipan, file, music, video slah satunya youtube, slideshare, flickr dan lain-lain


keuntungan Social Media

Fungsi social media tidak dapat terpisahkan lagi dengan kehidupan sehari-hari, yes or no? Apapun aktivitasnya tidak terlepas dari yang namanya social media. lalu apa sih keuntungan social media? hingga detik ini pengguna social media terus bertmbah perdetiknya. Mau tua muda pria wanita mereka pasti mempunyai akun social media. 

1. Social media untuk bersosialisasi

Sekarang sudah terasa manfaatnya social media. salah satunya facebook hampir 90% peretemanan facebook bukan teman nyata betul apa ndak? Tapi secara akrabnya kita bisa saling tegur sapa tanpa melihat wujud asli yang sesungguhnya teman facebook kita itu. Dari bersosialisasi ada yang menemukan jodohnya, ada yang punya sahabat setia, dan partner kerja. Itulah social media berfungsi untuk bersosialisai satu sama lain. 

2. Sebagai ajang mempertemukan teman lama
Setuju sekali kalau social media sebagai ajang mempertemukan kawan lama. Misalnya teman SMP kita tidak tahu rumahnya dimana tapi dengan adanya social media kita bisa ketemuan dengan kawan lama bernostalgia saat dulu. Semuanya berkat social media.

3. Sebagai buku diary digital

Siapa yang suka menulis buku diary yang pakai gembok? biar tidak ada yang membacanya. Terkadang suka cengengesan sendiri kalau baca buku diari sendiri waktu sd. Nih peran social media bukan hanya saling berinterakti aja malahan bisa menulis apapun. Salah satunya ini menulis tulisan di website. Selain itu curhat di social media seperti mengeluh, bersemangat membagikan momen indah di social media karena fungsinya sangat mudah. Terkadang social media menjadi ladang curhat. 

4. Penyalur hobi

Selain itu social media sebagai ajang penyalur hobi lho. Misalnya kamu suka dengan blogger.  Maka dari itu social media akan menjembatani kamu dengan komunitas blogger. jadi mudah kan?

5. Pemasaran dan Bisnis

Bisnis sekarang tidak terlepas dari yang namanya social media. Dengan social media mereka bisa menggaet konsumen secara mengglobal hingga bisa mencapai omzet yang besar. Banyak artis-artis yang endorse produk-produk. Biar apa? biar produknya banyak yang beli. Selain itu jika di endorse oleh artis itu salah satu promosi ampuh buat para pelaku bisnis sekarang. 

6. Bisa memberikan solusi dan bantuan

Ketika kita sedang apes dijalan. Enggak tahu harus menghubungi siapa? apa yang anda pikirkan? y jawabnnya meminta bantuan ke teman social media. bener gak sih?

7. Social media tempat mencari ilmu pengetahuan

Social media  kaya akan Ilmu pengetahuan banyak sih ya aplikasi-aplikasi yang memberikan kemudahan dalam meraih pengetahuan. belajar di social media tidak ada salahnya

8. Untuk mencari uang

Kalau yang ini sih paling banyak penggunanya. Mereka memanfaatkan social media bukan hanya untuk hiburan sendiri, melainkan meraup keuntungan. Misalnya jualan di instagram, facebook, Selain ruangnya luas untuk meraup pndi-pundi rupiah, mencari uang di social media bejibun banyaknya. 

Dampak Negatif Social Media
Dibalik segala macam manfaat yang ditawarkan social media, ternyata ada dampak negatifnya juga lho. Berikut Linimasaade.com rangkum dengan beberapa poin diantaranya:

1. menurunnya Kesehatan
2. Menjadi kecanduan
3. Melalaikan kewajiban
4. Menghambat cita-cita
5. Sebagai sumber informasi hoax
6. Kejahatan merajalela 
7. Menjadi sumber Cyber-bullying
8. Mudahnya mendapatkan informasi yang tidak baik
9. Menimbulkan kebencian
10. Menuurnkan daya Ingat
11. Mudahnya meluapkan perasaan di social media
12. isi di komentar ya

Tips Menggunakan Social Media

Setelah mengetahui penjelasan mengenai social media mulai dari pengertian, manfaat, dampak yang di timbulkan, alangkah lebih baik kita bijak dalam menggunakan social media. Kita tahu bahwa social media bersifat publik, nah lebih memfilter hal-hal yang tidak usah di umbar di social media. Kalau menurut saya sih ndak usah meluapkan emosi di social media toh gak akan selesai kalau di posting di social media. faktanya pembaca malahan ilfeel pada kita. 

Inilah Tips bijak menggunakan social media dari linimasaade.com :


1. hati-hati share informasi pribadi yang sangat sensitif, seperti identitas diri dan juga foto. Ingat di dunia maya tidak semua orang baik pasti ada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan identitas diri.

2. Gunakan attitude dalam menggunakan social media, bisa-bisa dijerat pasal UU ITE kalau tidak dijaga etikda dan norma dalam bersocial media.

3. Jangan langsung main sebar informasi yang tidak jelas asal-usulnya, caranya telusuri informasi yang valid agar tidak menyebar berita hoax.
4. Mulutmu harimaumu, yang jelas jangan sampai mengeluarkan kata-kata kotor. di screenshot baru tahu rasa , kalau kurangnya menahan diri saat bersocial media
5.  Gunakan social media secara bijak misalnya untuk berbisnis, mendapatkan relasi, informasi-informasi update yang jelas sumbernya.
6. Boleh ditambahkan di komentar ya 


Nah itulah Fakta mengenai social media, semoga bermanfaat readers.




Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terimakasih
EmoticonEmoticon