/ -->

Pentingnya Belajar Bahasa Arab dan Ilmu Nahwu

Konten [Tampil]
Pentingnya Belajar Bahasa Arab dan Ilmu Nahwu



Pentingnya Belajar Bahasa Arab dan Ilmu Nahwu - Bahasa Arab? Apa yang terlintas Teman Linimasaade mengenai bahasa Arab? Al Qur'an, bacaan shalat, berbicara bahasa Arab. Apakah ada perasaan takut, susah dalam belajar bahasa Arab? 

Perlu di renungi, bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang penting bagi umat Islam. Karena setiap menjalankan ibadah shalat tentunya tidak terlepas dari bacaan bahasa Arab. 

Dengan memahami bahasa Arab, memudahkan dalam memahami agama islam. Muncul pertanyaan, kenapa harus belajar bahasa Arab meskipun bukan orang Arab? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa alasannya. 

Alasan Belajar Belahar Bahasa Arab

1. Bahasa Arab Bahasa Al-Qur'an Hadits

Allah berfirman dalam QS Yusuf ayat 2 yang artinya: " Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya." 

Dalam tafsir Ibnu Katsir mengkaji ayat 2 bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fasih, luas, jelas serta maknanya lebih mengena cocok untuk jiwa manusia. 


2. Belajar Bahasa Arab Bagian Dari Agama


Sahabat Rasullullah Shalallahu 'alaihi wasallam Umar bin Khattab mengatakan bahwa pelajarilah bahasa Arab, sesungguhnya ia bagian dari agama kalian. 

Masya Allah sekali ya penuturan dari Amirul Mukminin. Semakin semangat belajar bahasa Arab.

3. Bahasa Arab Bentuk Syiar Islam

Bahasa Arab adalah bahasa Al Qur'an maka dengan mempelajari Al Qur'an kita mudah memahami serta memiliki peran penting.

4. Bahasa Arab Memiliki Kekhususan 

Coba diperhatikan ketika gramatikal bahasa Arab dengan bahasa lain. Kalau di lihat jeli kita bakal terpesona dengan linguistik bahasa Arab. Bahasa Arab memang memiliki keunggulan dari kosakata sangat banyak, Huruf tertentu mempunyai banyak makna, 1 kata dalam bahasa memiliki banyak arti dan masih banyak lagi. 

 
5. Meluruskan Aqidah dan Mentaati Syariah

Jika seseorang belajar dengan serius dan memahami apa yang terkandung dalam  Al Qur'an maupun hadits, maka akan menambah keyakinan dan menentramkan jiwa. Selain itu, membuat seseorang menjadi semakin baik dalam ucapan.

6. Bahasa Arab Sebagai Pintu Belajar Disiplin Ilmu Islam

Ketika teman Linimasaade ingin belajar  seperti Ushul fFqih, Tafsir Qur'an, Ilmu Hadits dan ilmu-ilmu lainnya, maka sepatutnya pintu utama untuk belajar dengan memulai dengan belajar bahasa Arab. 

7. Peluang Berkarir di Timur Tengah Terbuka Lebar


Siapa bilang belajar bahasa Arab tidak menarik. Bagi teman Linimasaade ingin kuliah maupun kerja di daerah Timur Tengah tentunya tidak ada pilihan lain selain belajar bahasa Arab. Bisa mengerti dan paham percakapan orang Arab.

9. Mendapat Keramahan Orang Arab

Orang Arab sangat bangga ketika orang non arab dapat berbicara bahasa Arab. Hal ini memudahkan dalam berkomunikasi serta teman Linimasaade mendapatkan keramahan mereka.

Tips dan Langkah Belajar Bahasa Arab


1. Kenali huruf Arab: Langkah ini sangat penting untuk belajar bahasa Arab. Mulai dari bentuk, pelafalan serta cara menuliskannya seeprti apa. 

2. Memahami Tata bahasa Arab Nahwu dan Shorof

Ketika dalam belajar bahasa Indonesia kita mengenal subjek, predikat, objek dan keterangan. Maka di bahasa Arab di kenal istilah Nahwu dan Shorof. Kita akan tahu struktur kalimat serta perubahan setiap kata. Kita akan mengenali mana kata benda, kata sifat dan kata kerja.

3. Menghafal Kosakata 
Belajar bahasa tidak akan lepas dengan namanya kosakata. Menghafal kosakata yang mudah di hafal seperti angka, huruf. warna, hingga kata sehari-hari. 

4. Membaca Al Qur'an 
Kenapa harus dari Al Qur'an. Sudah disinggung bahwa Bahasa Al Quran menggunakan bahasa Arab.  Untuk belajar, mulailah membaca Al Qur'an.

5. Belajar dari Pengajar Berpengalaman

Ketika teknologi semakin maju. Maka informasi di internet tidak dapat terbendung lagi. Begitu pula dalam mengakses belajar bahasa Arab tidak terbatas. 

Tapi, saya sarankan belajar bahasa Arab dengan guru yang berpengalaman. Karena dapat membantu dan memberikan panduan yang lebih praktis serta terstruktur dan lebih terarah. 

Kita tinggal memilih  mana sekiranya program yang cocok dan yang dibutuhkan buat kita. Setelah memilih bisa berkomitmen dengan program yang di tawarkan. 

Apakah ada kursus belajar gratis? Ada kok, cuma saya lebih rekomendasi kelas berbayar karena sudah ada kurikulum yang jelas serta membimbing dengan jelas.

Buat teman Linimasaade yang ingin belajar bahasa Arab tidak perlu khawatir karena ada kelas bahasa Arab Bimbel AL HARAMAIN.

Bimbel Al Haramain membuka pendaftaran bagi ikhwan dan akhowat yang ingin mempelajari  bahasa Arab dan gramatikalnya.

Kelas kursus bahasa arab 2023



Ada 2 kelas Khusus terdiri dari: 

1. Kelas AL MUHADTSAH ( Percakapan  bahasa Arab) 


Kelas ini khusus yang ingin bisa berbahasa Arab secara lisan dan tulisan. 70% materi yang diberikan. Penghafalan kosakata dan praktik hiwar. 30% Nahwu dan Shorof dasar yang membantu peserta untuk membentuk kalimat yang baik dan benar.

  • Durasi dan Jadwal: selama 1 bulan 8X pertemuan.
  • Jadwal kelas akhowat: Malam Sabtu dan Ahad pukul 20:15- 22:15 WIB.
  • Jadwal kelas ikhwan: Sore Sabtu dan Ahad pukul 16:00-18.00 WIB.
  • Kitab panduan: Kumpulan materi yang diambil dari catatan pengajar pada saat pertama kali belajar bahasa Arab.
  • Belajar via ZOOM.
  • Biaya kursus: Rp. 250.000,- murni untuk kepentingan bersama selama pembelajaran sewa Zoom, Wifi dan lain sebagainya.
  • Kuota hanya 20 orang saja. 10 ikhwan dan 10 akhowat. Grup dan jadwal terpisah.

2. Kelas QOWA'ID NAHWIYAHH WA SHARFIAH


Kelas ini disampaikan full bahasa Arab fushah. Titik fokus pembelajaran adalah mengasah keterampilan membaca dan menerjemahkan Arab Gundul (non-harokat)  serta meng-i'rob kata dan kalimat. 

Semua latihan dalam kelas ini adalah praktik baca kitab gundul dan meng-i'rob kata dan kalimat yang benar. 
  • Durasi dan jadwal: 2 bulan 16X pertemuan. Setiap pekan 2X pertemuan.
  • Jadwalnya bisa ditentukan peserta pertemuannya. Jadwal yang di tetapkan peserta jika disetujui pengajar.
  • Belajar via ZOOM
  • Biaya kursus; Rp. 500. 000,-
  • Kuota kelas 10 orang saja. 5 ikhwan dan 5 akhwat. Jadwal dan grup berbeda. 

3. PENGAJAR

T.MS Peraih Juara 1 Olimpiade Nahwu tahun 2020-2021 tingkat nasional. Facebook: https://www.facebook.com/SALIM0510999?mibextid=ZbWKwl alumni Lipia Aceh D2 i'dad lughowi dan Lipia Jakarta S1 Qism lughah  al 'arabiah dan sekarang Mahasiswa S1 Fakultas Syari'ah di Universitas Islam Madinah KSA.

4. Syarat Pendaftaran

  • Usia minimal 15 tahun.
  • Mampu membaca Al Qur'an.
  • Bertekad untuk menuntaskan pembelajaran hingga selesai tanpa alpa sekalipun kecuali ada udzur syar'i.
  • Mengikuti semua aturan yang ditetapkan oleh pengajar  dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh pengajar.
  • Siap dikeluarkan dari pembelajaran jika tidak hadir sebanyak  3X tanpa udzur darurat.
5. PENDAFTARAN

Dimulai  dari tanggal 28 Agustus- 7 September 2023. Pembelajaran akan dimulai 9 September 2023.

Notes: Jika kamu adalah calon Pendaftaran Universitas Islam Madinah, program ini sangat cocok. Selain mendapatkan bekal bahasa Arab yang cukup, benefit lain akan di bimbing untuk mempersiapkan berkas dan akan dibimbing  untuk mendaftar dengan baik dan benar.

Tunggu apalagi amankan segera kuota belajar ke nomor Admin Bimbel Al Haramain https://wa.me/6285323679656 . Format pendaftaran: Nama, Kelas, Pekerjaan, dan Usia.

Setelah mendaftar akan segera digabungkan dalam grup pembelajaran. 

Nah, itulah teman Linimasaade beberapa alasan serta tips jitu untuk belajar bahasa Arab. Sudah mulai termotivasikan? 


0 Response to "Pentingnya Belajar Bahasa Arab dan Ilmu Nahwu"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^