/ -->

Doa Shalat Istikharah Mohon Petunjuk Arab Latin dan Artinya

Konten [Tampil]

Doa Shalat Istikharah Mohon Petunjuk Arab Latin dan Artinya


Doa Shalat Istikharah Mohon Petunjuk Arab Latin dan Artinya - Allahumma innii astakhiiruka bi’ilmika... Pernah merasa bimbang ketika berada diantara 2 pilihan? Pernah pastinya. Terkadang kita sebagai manusia sulit untuk menentukan yang terbaik umtuk kita kedepannya. Kalau pun bertanya kepada orang pasti merasa kurang jawabannya. Alih-alih curhat ke media sosial dan kepada orang yang kurang tepat, bukan mendapat petunjuk malahan nambah runyam.         

Dalam islam, segala perkara kecil pun di perhatikan apalagi tentang masalah memilih jawaban. Tentunya sudah pada tahu dong ya. Yaitu dengan cara melaksanakan shalat dan doa istikharah.

Apa itu Shalat Istikharah

Shalat istikharah adalah shalat untuk memohon petunjuk kepada Allah Ta'ala diantara 2 pilihan sesuai hajat masing-masing orang seperti pilihan jodoh, cita-cita, pekerjaan dan lain sebagainya dengan tujuan agar pilihan yang selalu di sandarkan dengan Allah menjadi baik, di ridhoi serta bernilai ibadah karena kita tidak bisa memutuskan sendiri. 

Saya pun pernah melaksanakan shalat istikharah. Dalam 2 pilihan yang sulit untuk diputuskan. Alhamdulilah setelah mengerjakan shalat istikaharah  7 kali hati tuh tenang banget udah gak mikirin hasilnya gimana setelah kita pasrahkan segalanya pada Allah. Allah Ta'ala yang menentukan hasil terbaik. 

Bisa jadi apa yang menurut kita terbaik, padahal menurut Allah Ta'ala itu buruk bagimu atau menurutmu pilihan itu buruk padahal menurut Allah Ta'ala baik bagimu. 

Cara Pelaksanaan Shalaat Istikharah

Bagaimana cara melaksanakan shalat istikaharah mulai dari niat hingga doanya? Untuk melaksanakannya,kita meski menentukan waktunya mau kapan. Kapan sih waktu pelaksanaan shalat istikharah? 

Waktu pelaksanaannya bisa kapan saja asalkan mengerjakan 2 rakaat shalat. Tapi biasanya saya mengerjakan shalat istikarah saat menjelang tidur malam. 

Pertama, pastikan sudah wudhu bersih dan suci dari hadast. 
Kedua menggunakan perlengkapan shalat seperti sajadah, mukena maupun sarung.
Ketiga Niat shalat istikharah

Niat Shalat Istikharah


اصلّي سنة الاستخارة ركعتين لله تعال
Ushollii sunatal istikharooti rok'atayni lillahi ta'ala 
Artinya:" Saya berniat shalat istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Lalu takbiratur ihram dan doa iftitah
Baca surat Alfatihah dan surat pendek. Dalam rakaat pertama disarankan membaca surat Al-kafirun.
Setelah itu ruku, tu'maninah dalam ruku
Lanjut i'tidal
Setelah itu sujud, dua diantara dua sujud. 
Sujud kedua
Setelah itu bangun untuk melakukan rakaat kedua. 
Setelah membaca alfatihah, pada rakaat kedua disarankan baca surat al ikhlas
Semuanya sama seperti shalat sunnah seperti biasa. Yang membedakan hanya niat dan doanya saja. Setelah membaca salam langsung membaca doa istikaharah,tapi pastikan sebelum membaca shalat istikarah membaca bismillah serta berselawat dulu lebih baik. 


Doa Setelah Shalat Istikharah Arab Latin

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، 
وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ 
وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ 
أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Doa Istikharah Latin 

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.


Doa Istikharah Artinya

Yaa Allah Yaa Tuhanku, sesungguhnya aku mohon petunjukmu (dalam memilih) dengan sifat ilmu-Mu, aku mohon ditakdirkan yang yang baik dengan sifat qudrah-Mu, dan aku mohon karunia-Mu yang besar, maka sesungguhnya Engkaulah yang punya kuasa, dan aku sama sekali tidak kuasa, Engkaulah yang maha tahu dan akulah bodoh, Engkau maha mengetahui segala yang gaib dan tersembunyi

Ya Allah Ya Tuhanku, jika dalam ilmu-Mu urusan ini (**sebutkan urusannya**) baik bagiku pada
agamaku, kehidupan duniaku dan akhiratku, maka takdirkan dan mudahkanlah ia bagiku, kemudian berikan aku keberkahan di dalamnya.

Dan jika dalam ilmu-Mu urusan ini (**sebutkan urusannya**) membawa bencana bagiku pada agamaku, kehidupan duniaku dan akhiratku, maka jauhkan ia dariku dan jauhkan aku darinya, takdirkanlah bagiku hanya yang baik-baik saja, kemudian ridhailah aku dengannya.

Setelah melaksanakan shalat istukharah, gimana rasanya nih? Tidak ada ganjalan di hati karena sudah lepas semua hasilnya terserah Allah mana pilihan yang baik ya. 




0 Response to "Doa Shalat Istikharah Mohon Petunjuk Arab Latin dan Artinya"

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^