/ -->

Panduan Normal Gula Darah Manusia Berdasarkan Usia

Konten [Tampil]
Panduan Normal Gula Darah Manusia




Panduan Normal Gula Darah Manusia Berdasarkan Usia - Saat di bangku sekolah, mata pelajaran biologi adalah mata pelajaran favorit. Selain tidak banyak menghitung cukup baca dan dipahami. Belajar biologi itu menyenangkan. 

Bisa tahu bagaimana sistem pencernaan pada manusia, sistem kerjanya bagaimana dan penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari sistem tubuh manusia. 

Di buku LKS Biologi, nama-nama penyakit selalu ada gambarnya. Contohnya diabetes. Guru menerangkan bahwa penyakit diabetes faktor utamanya makanan. 

Gula darah terlalu banyak akibat rusaknya pankreas. Diabetes bisa dari keturunan juga. Saat di ujung materi, biasanya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. 

Emang jarang bertanya kali ya, jadi penasaran sampai sekarang kenapa bisa diabetes. Kadar gula darah tubuh normal itu berapa supaya terhindar dari diabetes?



Kenali Kadar Gula Darah Manusia Dalam Tubuh

Panduan Normal Gula Darah Manusia



Apakah kamu merasakan keringat banyak saat beraktivitas yang berat? Saat tidak melakukan apa-apa selama seminggu, kamu kaget saat menimbang berat badan bertambah?Kenapa bisa begitu ya?

Segala aktivitas yang kamu lakukan hingg bercucuran keringat adalah cara kerja sistem ekskresi dengan cara mengubah energi dalam gula darah menjadi keringat. Semakin sedikit energi yang  dipakai maka akan menimbun pada tubuh pada akhirnya menjadi lemak dan gula darah dalam sirkulasi darah terus bertambah apabila tidak diubah menjadi energi.

Hal tersebut dikarenakan gula darah. Gula darah sangat penting bagi tubuh. Gula darah istilahnya pada tingkat glukosa dalam darah. Bisa kelebihan, normal maupun rendah. 

Faktor gula darah tergantung individu dalam menjaga pola hidup sehat apa yang di makan pun perlu di perhatikan. Gula darah lebih mengacu pada kadar atau jumlah kandungan gula dalam sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh. 

Fungsi Gula Darah dalam Tubuh

Ternyata glukosa berfungsi sebagai sumber utama energi dalam tubuh untuk semua sel dalam tubuh. Kalau diibaratkan motor, gula darah itu adalah petralitenya.

Maka dari itu, kandungan gula darah harus dijaga agar terhindar dari penyakit gula aka diabetes. Penting banget untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini upaya untuk mencegah resiko diabates di kemudian hari. 


Tabel Normal Gula Darah Manusia dalam Tubuh

Panduan Normal Gula Darah Manusia



Secara umum, kadar gula darah normal mempunyai perbedaan baik laki-laki maupun perempuan berdasarkan usia. Apakah kadar gula normal berbeda setiap orang? Tentunya sangat berbeda tergantung tiap orang aktivitasnya apa, makanannya, efek samping obat dan lain sebagainya.

Kadar gula darah akan berubah seiring berjalannya waktu. Penyebab utama kadar gula darah naik diantaranya hormon, stres, suhu yang cenderung ekstrem, buang air kecil sering, masalah pencernaan dan lainnnya. 

Gula darah rendah biasanya kalau kata orang sunda dikenal dengan istilah salatri atau telat makan. Orang yang gula darah rendah pasti mudah lesu lemas, tubuh gemetar, mudah lapar dan sulit berkonsentrasi.

Gula darah sebaiknya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah sesuai kadar normal saja. Karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Cara Agar Gula Darah Selalu Normal

Untuk menghindari kadar gula darah yang tinggi dan rendah yuk terapkan pola hidup sehat sedini mungkin jangan nunggu berusia lanjut. 

Dengan cara apa dengan rutin olahraga minimal satu minggu sekali atau 2 kali dalam seminggu agar lancar sirkulasi darahnya dan kadar gula darahnya pun tersalurkan dalam sel-sel menjadi energi. 

Selain itu, ubah pola makan yang sehat. Jaga makannya betul-betul. Menkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang seimbang. Kalau ada apa-apa silakan tanyakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut. Mencegah lebih baik daripada mengobati. 





16 Responses to "Panduan Normal Gula Darah Manusia Berdasarkan Usia"

  1. Terakhir kali aku cek gula darah kapan ya, sampe lupa karena sudah lama banget kayaknya. bener banget kak, jaga pola makan itu penting. Mencegah lebih baik daripada mengobati.. Jangan sampe kena diabetes deh, liat riwayatnya saja sudah serem banget.. 😣😣

    ReplyDelete
  2. Untuk yang punya garis keturunan mengalami diabetes, rada tricky ya menjaga gula darah untuk tetap normal tapi tetap harus diupayakan sih ya.

    ReplyDelete
  3. Iyaa bener banget Mbaaa
    Gaya hidup sehat mutlak diterapkan secara ajeg.
    supaya gula darah norma, tubuh juga sehat paripurna.
    jangan sampe deh, penyakit tertimbun akibat gaya hidup yg berantakan

    ReplyDelete
  4. Mporatne juga diabetes nih. Lagi senang berolahraga seperti sepeda supaya lebih sehat aja pola hidup walaupun menderita diabetas

    ReplyDelete
  5. terakhir cek gula darah 106..sedikit di atas normal berarti ya.. hm..harus mulai hati2 nih. trims sharingnya mba..

    ReplyDelete
  6. Suamiku umur 50 Alhamdulilah gula darah normal, agak worry juga soalnya temen di kantornya banyak yg kena diabetes. Jadi sering-sering cek gula darah.

    ReplyDelete
  7. Gula darah perlu dijaga juga ya biar nggak berlebihan dan memicu penyakit

    ReplyDelete
  8. Kalau melihat kadar gula darah ini yaa....jadi ingat betapa aku setiap hari suka konsumsi permen secara berlebihan. Belum lagi kadang minum kopi.
    Ciri-ciri yang paling gampang itu adalah aku jadi mudah mengantuk kalau gula darahnya tinggi. Gampang capek juga...

    ReplyDelete
  9. Utamanya memang kita harus menjaga.pola makan utk hihup sehat. Bunda pun biasanya setiap 6 bulan memeriksakan diri utk mengetahui kadar hjla darah. Alhamdulillah gula darah bunda normal. Namun sfh hampir 2 tahun tdk pernah cek lab. karena masa Pandemi menghambat bunda utk ke RS. Mudah2an gula darah bunda masih normal. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. buat jaga kadar gula darah ini aku kurangi makanan dan minuman manis. Ya tetap makan tapi jarang ... buat teh juga less sugar tetap enak. Kalau udah kena diabet itu godaannya duh ... semoga terhindar.

    ReplyDelete
  11. Olah raga itu penting banget ya...tapi banyak yang mager sekarang dan jadi kaum rebahan padahal jarang bergerak penyakit mengintai ya..

    ReplyDelete
  12. Kalau dites sih gula darah aku normal, jadi pingin punya alatnya juga supaya bisa cek rutin nih.
    Alhamdulillah kalau olahraga rutin. Semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan ya.

    ReplyDelete
  13. segala yang berlebihan memang gak bagus yaa, termasuk gula darah ini. Agak ngeri nih sama penyakit diabetes, semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini, amiiin

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah cek gula darah sih selama ini, tapi kalau lihat kondisi suami yang sering berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas berat, sepertinya suamiku kelebihan gula ya mbak? sebab ibunya suami memang ada penyakit diabetes. kemungkinan menurun ke suami bisakah mbak?

    ReplyDelete
  15. Mba ade makasih banyak sharingnya, emak mertuaku diabetes yang udah parah nih. Sampe nyebapin beliau struk ringan jalannya kesusahan harus dibopong. Sehat-sehat kita aamiin

    ReplyDelete
  16. ASIKLIGA. terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini bagi semua orang.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-