/ -->

11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Mudah di Aplikasikan

Konten [Tampil]
Cara menjaga kesehatan gigi



11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Mudah di Aplikasikan - Gigi. Bukan nama artis atau nama sebuah band musik ya. Gigi yang satu ini adalah salah satu hal terpenting dalam kesehatan. Dengan gigi yang bersih dan terawat akan memancarkan percaya diri. 

Coba kalau giginya tidak di gosok 1 hari aja jangan seminggu kebanyakan. Rasakan bagaimana tidak nyamannya kamu berbicara dengan teman dan keluargamu dalam kondisi tidak gosok gigi. Kalau kata guru bak keong teu damang (re:sakit). Mengeluarkan bau campur aduk. Haaaruuuummm hehe. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi 

Berbicara masalah kesehatan gigi, saya pernah mengalami sakit gigi yang membuat pipi bengkak pada usia 7 tahun. Rasanya sakit gigi ini benar-benar menganggu nafsu makan dan membuat pusing kepala. Memang masih kecil ya kalau enggak nangis ya bilang aduh aduh sakit pisan (sakit banget) hanya keluhan yang dilontarkan agar sakit gigi segera sembuh.

Sakit gigi bengkak seperti menimbulkan rasa trauma dan menyesal karena gigi geraham bolong dua-duanya akibat dari makanan manis dan coklat saat masih balita. 

Orang tua pernah cerita bahwa saya adalah ratunya coklat saat masih balita. Tidak pernah absen dari makan coklat. Kadang saat mendengar cerita itu kok saya sengotot itu makan coklat hingga gigi yang menjadi korban. 

Nasi sudah menjadi bubur. Kalau masa balita tidak tahu menahu akibatnya kan ya. Ternyata berdampak sampai dewasa. Gigi geraham belakang yang bolong itu akhirnya di cabut. 

Karena masalah hal gigi, setelah dewasa akhirnya saya sadar bahwa gigi adalah mahkota. Saking penting, banyak orang berlomba-lomba untuk menjaga giginya agar tetap sehat. 

Jika kebersihan gigi dan mulut buruk, maka menyebabkan resiko yang fatal. Bukan hanya bau mulut dan radang gusi saja tetapi resiko kesehatan jantung. Karena mulut tempat awalnya segala sesuatu makanan. Tidak heran jika mulut disebut dengan jendelanya hidup sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Teratur dan Mudah

Tidak ada yang terlambat untuk menyadari kesehatan gigi dan mulut itu penting. Apalagi lebih bagus sedini mungkin. Tidak akan terlaksana jika kamunya tidak semangat dalam menjaga kesehatan gigi. Yuk sadar bahwa kebersihan gigi sangat penting.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang biasa kamu praktikan di rumah. Apa saja caranya check this out.

1. Menggosok gigi 2 kali sehari

Menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur. Pastikan minimal 2 kali jangan berlebih juga. 


2. Gunakan pasta gigi berflourida

Pasta yang gigi yang berflourida akan menjaga kesehatan gigi karena sifatnya dapat melindungi gigi.


3. Hindari soda

Hati-hati jangan sampai mibum soda secara berlebihan karena dapat merusak gigi. Sesekali minum bolehlah. 

4. Sikat gigi yang benar

Apakah sejauh ini kita sudah melakukan sikat gigi dengan baik dan benar? Faktanya sebagian besar orang belum tahu bagaimana menggosok gigi dengan benar. Biasanya hanya di gosok-gosok aja ternyata tidak begitu aturannya. 

Setelah tanya dokter Gigi, cara menggosok gigi dengan benar dari atas kanan dulu sikat giginya ke atas kebawah bukan di geser kiri kanan. Atas kanan luar lalu ke atas kanan dalam. Setelah itu dibagian kiri. Setelah kanan selesai baru bagian bawah kanan luar dalam dan kirim luar dalam. Dibagi dengan 4 bagian. 

5. Menjaga kebersihan lidah


Lidah juga mesti dibersihkan nih. Bukan hanya gigi saja yang di bersihkan. Lidah pun juga. Karena tidak sedikit orang mengabaikan hal ini.

6. Pastikan gosok gigi sebelum tidur 

Siapa yang suka ketiduran pas bangun tidur lupa tidak gosok gigi. Kebayang kan kalau tidak sakit gigi saat tidur. Saat aktivitas seharian teeus makanan yang sudah tadi kita kunyah banyak yang menempel sisa-sisa makanan. Ngeri kalau kalau tidak sikat gigi sebelum tidur.

7. Membatasi makanan asam dan manis

Sebenarnya sah-sah saja makanan yang manis dan coklat tapi jangan berlebihan ya. Saya sudah merasakan dampak over banget dengan coklat. Walhasil gigi jadi berlubang dan warnanya juga berubah tapi itu saat anak-anak ya sekarang Alhamdulillah bersih lagi cmiiw.

8. Pilih sikat gigi

Pilih jenis sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi dan permukaannya juga bisa menjangkau seluruh gigi yang susah dijangkau. 
Minimal gantj sikat gigi 3/bulan 4 bulan sekali. Rekomendasi dokter gigi.

9. Makanlah sayur dan buah-buahan

Selain itu jagalah asupan makanan yang kaya akan serat dan banyak manfaatnya seperti makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat membantu kesehatan Gigi. Contohnya buah stroberi dapat memutihkan gigi secara alami.

10. Minum air yang banyak

Air adalah sumber kehidupan. Perbanyak minum air putih. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan Gigi dan mulut. 

11. Hindari rokok

Memang kalau laki-laki gak bisa menghindari hal ini ya. Tapi percayalah kalau kamu menghindari rokok kebersihan gigi akan tetap terjaga. Saya pernah melihat orang yang sering merokok efek ke giginya jadi agak kecoklatan. Masa paru-paru mu mau dipenuhi nikotin bukannya udara? Yuk ah hindari ya.

Nah mungkin itu saja cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang mudah di aplikasikan sehari-hari. Saatnya jaga kesehatan Gigi kita ya. Senyumanmu adalah anugerah cieee hahah.






8 Responses to "11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Mudah di Aplikasikan"

  1. terima kasih me gingatkan utk selalu jaga kebersihan gigi ini, Kak.. Nah klo utk lidah nih yg sy blm bisa bersihkan secara khusus, klo kena sikat langsung m*ntah hiks..

    ReplyDelete
  2. Saya selalu merasa bahwa masa strategis untuk menjaga kesehatan gigi adalah ketika masih balita. Sebab inti dari menjaga kesehatan gigi adalah kebiasaan merawat gigi yang baik, dan mengajarkan kebiasaan itu mesti sejak balita.

    Semenjak anak saya masih balita, saya selalu membuatnya akrab dengan sikat gigi dan odol. Saya juga jarang kasih dia permen. Tidak mengijinkan dia makan coklat kalau mau tidur.

    Hasilnya, dia sekarang nggak suka makanan yang terlalu manis. Sehingga giginya cukup baik. Juga kalau habis makan coklat, selalu ngecek giginya di cermin, dan selalu merasa jijik kalau di sela-sela giginya ada coklatnya, sehingga dia buru-buru sikat gigi.

    ReplyDelete
  3. salah satu hal dalam menjaga kesehatan gigi yang sering terlupakan adalah membersihkan lidah, padahal itu ternyata penting. Boro-boro ingat lidah, kadang gosok giginya ngasal banget yang penting sudah gosok gigi.

    hahaha

    ReplyDelete
  4. Aku lagi stress sama masalah gigi nih Mbak.

    Jadi gini, ceritanya gigi atas kananku tuh baru tumbuh dan bikin luka pada pipi bagian dalam.

    Aku cek ke dokter gigi, ternyata giginya tumbuh di luar jalur rel pergigian. Mana katanya tumbuhnya hitam.

    Ish,, Alhasil, karena giginya harus operasi bedah dalam, dokter cuma menyarankan buat disikat giginya sampe belakang. Iya sih, semenjak aku sikat paling belakang, itu gigi rasanya kayak mulai goyang.

    Doakan dia bisa copot sendiri ya.

    ReplyDelete
  5. Masalah gigiku cuma satu, warnanya ga seragam. Ada yang putih, agak kuning, putih keruh. Sudah pakai pasta gigi khusus buat mutihin gigi, tapi ga ada perubahan. Kalau dari segi kebersihan sih bersih, alhamdulillah, sangat jarang pula sakit gigi. Terakhir sakit gigi pas masih SMP. Sekarang udah punya anak yang kuliah, udah ga lagi.

    ReplyDelete
  6. Molly udah berusaha konsisten melakukan semuanya. Berarti udah aman dong ya. Tapi masih sesekali lupa terutama bersihin lidah itu. Soalnya sukaa ribet aja gitu, padahal bisa sekalian ya. Ntar dirajinin nih bersihin lidah banyak manfaatnya soalnya.

    ReplyDelete
  7. Aku hobi sekali makan permen. Huhuu..
    Dan buahnya sekarang niih...gigiku pada gak bagus. Kalau lagi gak sakit sih..alhamdulillah.
    Yang sebel kan kalau pas kumat.
    Memang ideal banget menjaga sebelum mengobati.

    ReplyDelete
  8. Mudah ya mbak sebenernya. Ini aku berusaha aplikasikan ke anakku. Menantang sekali mencegah permen ke anak. Kita yg udah disiplin anak lain bikin anak kita pengen... Hhhm..

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^