/

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Konten [Tampil]

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Rasulullah ﷺ bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” (HR. Ahmad ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289)

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain- Berbicara mengenai kebaikan, banyak sekali cara yang ditempuh. Ada yang menebar kebaikan melalui media yaitu membuat konten yang berisi dakwah dan self reminder agar berada dalam jalan kebaikan, ada yang melalui jalur kebaikan berbagi seperti zakat, sedekah, maupun wakaf, dan masih banyak lagi. Salah satunya yang saya tempuh dengan menebar kebaikan dengan jalan sedekah. 

Beberapa hari lalu saya mencoba kontak teman saya yang dianggap sebagai kakak. Ada hal-hal yang membuat hati saya risau dan mengganjal di hati. Dia menyarankan saya untuk sedekah istiqomah setiap hari. Untuk nominalnya terserah semampunya tanpa putus-putus. Pasalnya dia sudah merasakan nikmatnya sedekah. 

Bahwa sedekah dengan niat karena Allah. Sedekah mendekatkan hati dengan Allah. Dia sendiri telah merasakan bahwa dibalik sedekah Allahlah yang memberikan kelapangan hati. Betapa bersyukurnya apa yang dia lakukan saat bersedekah. Untuk masalah ini adalah privasi biarkan Allah dan dia yang tahu. Ada beberapa lagi kejadian yang tiada disangka-sangka. 

Setelah diberikan nasihat seperti itu, saya bergegas niat bismillah karena Allah.  Pada awal bulan puasa saya pun meniatkan sedekah karena Allah tanpa putus-putus setiap hari. Meskipun kondisi pandemi seperti ini, tidak mengecilkan niat saya untuk menebar kebaikan kepada sesama. Walaupun keadaan lapang maupun sempit sisihkan penghasilan yang tidak seberapa diniatkan  untuk sedekah.

Memang saat saya niatkan sedekah setiap hari, ada rasa ketenangan dalam diri. Mungkin setiap orang berbeda sekali merasakan spiritualnya. Memang begitu adanya. Niat sedekah setiap hari semakin banyak mencari tahu ayat alquran hadits tentang sedekah.

Beberapa ayat dan hadits yang membuat saya tersadar akan janji Allah kepada orang yang suka berbuat sedekah.

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur."(HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)
"Wahai orang-orang yang beriman infakkanlah sebagian hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan , padahal kamu sendiri mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 267)
"Sesungguhnya  orang-orang yang bersedekah  baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkankepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balsannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. Al-Hadid 57: Ayat 18)
"Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salh seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali). ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang shaleh." (QS. Al-Munafiqun 63: Ayat 10)
"Sedekah yang paling utama adalah di bulan Ramadan." HR Tirmidzi)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rosulullah ﷺ bersabda: ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah jariyah, pengetahuan yang di manfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan.” (HR Muslim)
Untuk sedekah, biasanya menyisihkan penghasilan untuk mesjid di dekat rumah, kepada penyapu jalan yang setiap hari selalu ada dan melalui yayasan terpercaya salah satunya Dompet Dhuafa. Saat pandemi seperti ini tidak selalu harus keluar rumah karena pemerintah daerah Bandung telah menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial berskala Besar).

Jadi dengan niat karena Allah, saya mempercayakan sedekah melalui Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa dipilih karena saya percaya. Dompet Dhuafa sudah dipercaya umat. Saya melihat review di fanspage Dompet Dhuafa rata-rata ulasannya feedback positif. Untuk lebih jelasnya mengenai Dompet Dhuafa bisa di cek dibawah ini




Bukan untuk riya atau apa saya ingin mengajak khalayak ramai agar senantiasa selalu terus menebar kebaikan. Karena kebaikan telah kita buat adalah untuk diri sendiri. 


Menebar Kebaikan #dirumahaja Bersama Dompet Dhuafa

Cara sedekah di Dompet Dhuafa sangat mudah. Salah satunya saya melakukan donasi menggunakan salah satu virtual account. begini caranya.


Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain
Pertama, masuk ke link https://donasi.dompetdhuafa.org/ nanti silakan isi form yang tertera. Untuk metode saya menggunakan virtual account seperti gambar diatas. 

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Silakan isi ID Virtual Account setelah itu klik next

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain
 Setelah isi, input PIN nya 

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain
 Isi OTP yang dikirim melalu SMS

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain
Gambar diatas sudah masuk akun tinggal klik Bayar

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Isi PIN Virtual Account

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Akhirnya pembayaran selesai. Lalu apakah sudah selesai? Untuk donasi sudah selesai, namun saya mencoba konfirmasi dulu apakah sudah masuk atau belum donasinya. Apa yang saya lakukan? yaitu tanya via chat online.

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain


Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Saat via tanya chat ada dua langkah untuk konfirmasi pertama melalui email dan kedua melalui whatsapp. Saya pilih melalui whatsapp. Untuk nomor whatsappnya tertera pada gambar. 

Konfirmasi melalui whatsapp cukup screenshot bukti donasinya maka pihak Dompet Dhuafa akan menginformasi keabsahan data. Di Whatsapp verifikasi lagi tentang Nama lengkap, email, domisili, no NPWP (jika punya), Nama pemilik rekening dan Tujuan donasi untuk apa. 

Setelah diisi alhamdulilah sudah terkonfirmasi. Dan dapat ID donasi. Jadi jika sudah berdonasi tidak perlu mengisi data diri. Alhamdulilah dengan adanya teknologi seperti ini menebar kebaikan menjadi mudah semoga donasi yang tidak seberapa dapat meringankan beban dan membuat mereka bahagia. 

Sekarang harus yakin bahwa sedekah akan menjadi saksi keimanan pada hari kiamat. Semoga kita menjadi golongan manusia yang dapat perlindungan di padang mahsyar melalui jalan sedekah. Semoga cerita saya ini menjadi ibroh (hikmah). Semoga Allah menerima segala ibadah aamiin yaa rabb.




28 Responses to "Jalan Menebar Kebaikan dan Bermanfaat Bagi Orang Lain"

  1. Alhamdulillah ya Teh semoga kita selalu dimudahkan dan dilembutkan hati untuk mudah berbagi kebaikan :D

    ReplyDelete
  2. Wah menebar kebaikan biasa lewat Dana dan Ovo ya, simple banget. Semoga penuh berkah semuanya .

    Nah, aku sepakat banget kalo menebar kebaikan untuk diri sendiri juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sedekah jadi lebih mudah klo gitu ya Teh. Rata-rata sekarang orang cashless. Pake ewallet kayak gini ide bagus. Semoga kebaikan mendatangkan keberkahan. Aamiin ya Rabb.

      Delete
    2. Iya mbak peran digital memang memudahkan untuk kebaikan kepada sesama.

      Delete
  3. Alhamdulillah sekarang berdonasi bisa lebih mudah secara online ya...tetap di rumah pun bisa bersedekah

    ReplyDelete
  4. Meski di rumah aja kita tetap bisa berbuat kebaikan ya..btw salut dengan Dompet Dhuafa yang sudah menjembatani orang-orang untuk menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  5. Salut untuk program inovatif Dompet Dhuafa yang memudahkan kita untuk berbagi yah. Apalagi di masa yang harus di rumah aja dan semua harus serba online. Ternyata bisa berdonasi via Dana juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai Dana atau virtual Account lain

      Delete
  6. Sekarang menebar kebaikan bisa semakin luas dengan adanya Dompet Dhuafa ini. Mudah banget kalau mau berdonasi di sana

    ReplyDelete
  7. Saat bukan suci Ramadhan, apa yg kita keluarkan akan berlipat ganda pahalanya, itu sudah jadi janji Allah SWT. Karena itu jangan ragu untuk berbagi sekarang juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak pintu pahala dibuka seluas-luasnya

      Delete
  8. Sekarang mudah sekali ya kalau mau berdonasi, ada pilihan pembayaran online. Mudah2an niat kita sedekah karena Allah membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain

    ReplyDelete
  9. semakin berkembangnya zaman, bahkan untuk sedekah pun sekarang bisa dilakukan secara virtual ya, teh. Semoga menang lombanya, istiqomah sedekahnya

    ReplyDelete
  10. Beruntung banget ya kita hidup di zaman yang suah canggih kayak sekarang. Jadinya, walopun kita harus di rumah terus, kita masih bisa berbagi dengan sodara-sodara kita yang lain di luar sana. Ya dengan menggunakan teknologi internet itu. Sedikit atau banyak, pasti akan sangat bermanfaat bagi soara-sodara kita yang terkena dampak wabah corona

    ReplyDelete
  11. Semoga berkah juga untuk teman/kakaknya, Mbak. Jadi reminder juga buat saya untuk bersedekah. Terutama di bulan Ramadan seperti ini, yang insya Allah kebaikan jadi berlipat ganda.

    ReplyDelete
  12. Dompet Dhuafa memang sudah sejak lama dipercaya oleh masyarakat sebagai badan yang memudahkan mereka untuk berdonasi. Semoga dengan gerakan seperti ini, banyak saudara kita yang terbantu

    ReplyDelete
  13. Dompet dhuafa termasuk lembaga zakat terdepan dan terpercaya nih. Semoga DD selalu dimudahkan urusannya sehingga lebih banyak yang terbantu

    ReplyDelete
  14. iya mbak, alhamdulillah betapa dahsyatnya efek bersedekah sehingga karena efeknya langsung diterima oleh Allah dan menenangkan hati, masyaAllah

    ReplyDelete
  15. aku alhamdulillah sudah beberapa kali menitipkan dana ke dompet dhuafa, mbak, memang sangat profesional dan amanah. reputasinya pun sangat baik di dalam dan luar negeri :)

    ReplyDelete
  16. Semoga semain banyak yang berbuat kebaikan di tengah pandemi, karena ini salah satu hal yang bisa mencegah kita dan keluarga dari keburukan.
    Aamiin~
    Barakallahu fiikum, kak Ade.

    ReplyDelete
  17. Ternyata sedekah secara online via Dopet Dhuafa itu mudah dilakukan ya Mbak. Alhamdulillah semoga sedekahnya berkah.

    ReplyDelete
  18. dari rimah aja tidak menghalangi kita semua untuk memnebar kebaikan yaa mba. Aku suka memberikan langsung kepada mereka ya ng memang membutuhkan di keluaga besar maupun lingkungan sekitar

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


data-full-width-responsive="true">

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


data-full-width-responsive="true">