/

Apa Itu Domain? Pengertian Domain & Jenis-Jenis Domain

Konten [Tampil]

Pengertian Domain dan Jenis-Jenis Domain.

Domain

Apa Itu Domain?

Apakah kamu pernah mengamati jika mengakses internet pada browser akan muncul link yang diapit oleh www ataupun sebuah nama yang di apit dengan .com. Ya itulah adalah sebuah domain. .com adalah sebuah domain. Namun apakah kamu tahu apa pengertian domain? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Menurut KBBI domain adalah ranah, wilayah.

Domain adalah kumpulan komputer dan perangkat yang berhubungan satu dengan yang lainnya pada jaringan yang diberikan sebagai unit dengan aturan dan prosedur yang umum. Di internet, domain didefinisikan oleh alamat IP. Semua perangkat yang berbagi umum bagian dari alamat IP yang dikatakan di domain yang sama.

Sedangkan Definisi lain menyebutkan bahwa pengertian domain yaitu dalam dunia teknologi basis data/ database, domain mengacu pada deskripsi dari nilai dibolehkan atribut. Deskripsi fisik adalah sekumpulan nilai atribut dapat memiliki, dan deskripsi semantik, atau logis, arti dari atribut.

Dari semua pemaparan diatas maka Linimasaade menyimpulkan bahwa Domain adalah sebuah nama yang mempunyai karakterisitik unik dalam dunia internet, dalam mengidentifikasi server komputer di jaringan interconnected network atau dalam jaringan internet.

Setelah mengetahui apa itu domain,  berikut adalalah ulasan mengenai Fungsi Domain.

Baca Juga

  • Domain Hosting
  • Contoh Domain
  • Beli Domain 

Fungsi Domain

Fungsi Domain untuk mempermudah user/pengguna dalam mengkases internet, selain itu fungsi domain untuk mengingat nama-nama server yang dikunjungi oleh pengguna tanpa harus mengenal deretan angka IP address yang dapat membingungkan pengguna.

Apa itu TLD (Top Level Domain)?

Suka dengar persyaratan lomba harus tld? Nah disini Linimasaade akan menjelaskan mengenai tld. TLD atau Top Level Domain Name merupakan sebuah deretan kata tertinggi dalam struktur DNS di internet setelah nama blog dan di dikuti oleh dot  seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military), dan lain sebagainya. Pokoknya banyak banyak jenis tld. Linimasaade pilih tld dot com karena dari segi biaya agak murah dan secara umum kebanyakan menggunakan  dot com. Tapi kalau ingin indonesia banget pilih dot id. Untuk mengganti jadi tld banyak provider yang menyediakan seperti exabytes, hostinger, idcloudhost, namecheap, rumah web, qwords, niagahoster, domanesia ada lagi? Boleh ditambakan di komentar ya.

Macam-Macam TLD (Top Level Domain)

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu

  1. Global Top Level Domain (gTLD) dan 
  2. Country Code Top Level Domain (ccTLD). 

Global Top Level Domain (gTLD)

Global Top Level Domain adalah sebuah top level domain di peruntukkan untuk umu, biasanya tujuannya untuk membangun sebuah website bagi perusahaan. comtohnya .com, .net, .org an lain sebagainnya.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah sebuah top level domain yang di peruntukkan untuk sebuah kode  dari masing-masing negara. Contohnya adalah indonesia dengan tld .id untuk united kingdom dengan ekstensi .uk


Dari penjelasan diatas apakah kamu akan sesegera mungkin mengganti blog kamu menjadi domain? Jika ingin serius ngeblog jangan lupa ganti jadi tld yah. Karena lebih kelihatan profesiaonal dan klien juga menyukai keseriusan kita dalam ngeblog. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Responses to "Apa Itu Domain? Pengertian Domain & Jenis-Jenis Domain"

  1. Ouw, aku baru paham nih Mba, tentang domain dan jenis2nya
    Thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  2. Aku sudah paham sih tentang domain cuman semakin lebih paham lagi. Terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  3. Aku juga pake yg .com sejak 2012. Belinya di rumah web. Trima kasih infonya ya..nambah2 ilmu nih ttg domain

    ReplyDelete
  4. Domain saya belinya di Dracoola, Mbak. CSnya sigap. Oya terima kasih ulasannya, jadi makin paham :)

    ReplyDelete
  5. Sejak tahun 2007 aku pakainya yang global TLD. Beli domain di Name.com aku selama ini

    ReplyDelete
  6. Domain aku .net dan beruntung banget di bantuin mba Lidya Fitrian waktu itu hehe soale aku blm ngerti.

    ReplyDelete
  7. Domain aku com nih mbak. Dan nyesel baru beli domain di tahun 2015 padahala ngeblognya udah lumayan

    ReplyDelete
  8. Oh jdi id itu cc tld toh mbk. Krain sama tld kek dit com dll.

    Aku baru beli id nnih.. Soon blognya publish. Hehe

    ReplyDelete
  9. Ini udah mau masuk tahun ke 4 langganan domain. Alhamdulillah. Seneng deh punya blog domain sendiri akhiran com ☺️ makasih infonya mbak jadi ingat mesti bayar domain bentar lagi hehe 🤭

    ReplyDelete
  10. Untuk yang udah serius banget ngeblog, memang enakan pake yang TLD yaaa.. Jadi lebih mudah diinget alamat domainnya, terutama kalau punya nama khusus gitu.

    ReplyDelete
  11. Thanks mbaaa.. jadi mengerti bangeet dengan perbedaan TLD yang ada.

    ReplyDelete
  12. Dulu waktu awal ngeblog masih pake yang gratisan sih di blogdetik, tapi setelah mulai serius dan berniat untuk monetize, beli domain deh hehe.

    ReplyDelete
  13. aku baru tahu dan baru merasa paham tentang hal ini. selama ini bikin domain berbayar ya karena kbutuhan aja sih, karena yang bagi job biasanya pinginnya domain berbayar nggak mau yang gratisan. Terus kenapa milih dot com semata agar mudah diucapkan dan diingat... ternyata ada artinya ya.. hehehe... makasih ya informasinya

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel