Tips puasa untuk anak kecil Agar semangat puasa


Tips puasa untuk anak kecil Agar semangat puasa - Bulan ramadhan merupakan bulan dimana semua umat islam menjalankan bulan puasa setahun penuh. Untuk melakukan puasa pastikan orang yang balogh. tapi apakah anak ceil boleh berpuasa? boleh 

Anak-abak bisa puasa tapi kita harus memberikan semanagt kepada mereka. mereka. Maklum, menahan rasa lapar dan haus apalagi jika melihat makanan favorit, membuat anak-anak tidak tahan berpuasa. Lantas, bagaimana membuat anak tetap semangat untuk berpuasa? Ini dia tips jitu agar puasa anak tetap lancar sampai waktu berbuka.

Mengenalkan puasa pada anak itu sah-sah saja, kok. Puasa mengajarkan anak agar memiliki pola hidup yang disiplin, sabar, mau berbagi, serta mengendalikan diri. Orangtua boleh mulai mengenalkan puasa pada buah hatinya pada usia empat atau lima tahun.

Bagaimana cara agar anak puasa? Biasanya anak-anak belum terlalu familiar kenapa mereka harus puasa. Kita harus memberikan penjelasan sesuai kemampuan mereka agar paham tujuan puasa. Untuk pengebalan puasa ini dilakukan secara pelan-pelan. Tidak harsu puasa penuh jika usianya masih balita. menyesuaikan dengan imunitas ssi kecil. 
lalu bagaimana triknya agar si kecil semangat untuk menjalankan puasa?

Puasa merupakan aktivitas yang baik yang diwajibkan bagi setiap manusia.
Jadi, ketika Anda menunjukkan manfaat dan tujuan puasa pada anak, ia akan lebih termotivasi. Selain itu, anak pun belajar menghargai apa pun yang ia miliki. Agar puasa anak tetap semangat, jangan pernah membebani anak dengan puasa. Buatlah puasa seolah-olah adalah hal yang menyenangkan.

Pengenalan puasa bagi si kecil sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sesuaikan dengan daya tahan tubuh dan kemampuan masing-masing anak. Latih anak untuk makan sahur bersama dan berpuasa selama beberapa jam, misalnya 2 jam selama beberapa hari.
Puasa adalah kegiatan yang baik, namun Anda harus benar-benar beritahu anak manfaat puasa yang sebenarnya. Selain memperkuat keimanan dan mendapatkan pahala, puasa juga bisa menyehatkan tubuh dan belajar berbagi dengan sesama.
4. Buatlah menu dan suasana sahur yang menyenangkan
Agar anak semangat berpuasa, ciptakan menu dan suasana sahur yang menyenangkan. Ajari anak makan sahur pelan-pelan sebab mereka belum terbiasa dengan pola makan sahur yang merenggut waktu tidur dan makan di tengah malam dalam kondisi belum lapar.

Agar anak lebih mudah makan sahur, masaklah menu sahur kesukan si kecil dan hidangkan semenarik mungkin. Tidak ada salahnya Anda menanyakan langsung kepada anak, menu apa yang ingin dimakan sehingga menambah semangat sahurnya.

Untuk menu sahur, sebaiknya mengandung semua zat gizi seimbang sesuai kebutuhan anak. Pilih sumber karbohidrat dengan memiliki indeks glikemik rendah, seperti nasi merah, kentang, atau spagheti sehingga bisa memperlama rasa kenyang. Jangan lupa sertakan buah dan sayur yang juga tinggi serat.

3,
4.

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Tips puasa untuk anak kecil Agar semangat puasa

Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terimakasih