/ -->

Apa Saja Usaha yang Menjanjikan di Desa? Ini Rekomendasinya

Konten [Tampil]
Apa Saja Usaha yang Menjanjikan di Desa Ini Rekomendasinya



Apa Saja Usaha yang Menjanjikan di Desa? Ini Rekomendasinya - Siapa bilang usaha hanya bisa dilakukan di kota yang padat penduduk? Karena nyatanya desa pun bisa menjadi tempat menjalankan usaha dengan prospek yang baik lho. Apalagi saat ini ada banyak contoh usaha yang menjanjikan di desa untuk ditekuni. 

Saat ini juga bukan hanya pemerintah yang memberikan perhatian khusus bagi desa untuk bisa memiliki akses terhadap dunia digital. Tapi, sudah banyak perusahaan teknologi yang membantu memberikan akses teknologi untuk masyarakat desa serta memberikan pelatihan sumber daya manusia agar  membantu memanfaatkan teknologi dengan benar. 

Dengan akses digital yang baik dan SDM yang mampu mengoperasikannya, bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat untuk lebih mandiri dengan membuka usaha di desa. Lantas, apa saja jenis usaha yang menjanjikan di desa itu? 

Rekomendasi 5 Usaha yang Menjanjikan di Desa 

Sebagai referensi, inilah beberapa ide usaha di kampung yang bisa kamu coba:


1. Jasa Pangkas Rambut 

Masyarakat desa di sekitar tempat tinggal kamu masih harus datang ke kota kecamatan atau kota kabupaten untuk memangkas rambut di  jasa barber? Tentu itu sangat merepotkan ya, karena tidak semua orang mempunyai waktu yang banyak untuk meninggalkan pekerjaannya. Apalagi jika  jarak antara kecamatan atau kabupaten jaraknya jauh dari rumah. 

Nah inilah peluang yang bisa kamu gunakan. Coba buka usaha pangkas rambut yang posisinya strategis agar banyak pelanggan yang berdatangan. Kamu juga bisa menjadwalkan 1x seminggu mengadakan jasa pangkas rambut keliling. 

Jadi, tentu pelanggan kamu bisa mencakup lebih banyak. Bila memungkinkan bisa juga menyediakan jasa pangkas rambut mobile, di mana bila  ada permintaan, kamu mendatangi mereka. 

2. Usaha Jasa Titip ke Kota

Peluang usaha yang menjanjikan di desa selanjutnya adalah membuka jasa titip (jastip) barang-barang yang ada di kota. Jadi, jika ada orang desa yang ingin mencari barang di kota bisa menitip dibelikan dulu. Sesampainya di desa kembali, si pemesan bisa membayar harga barang tersebut dan biaya jasa titipnya.

Agar lebih mudah berkomunikasi dan melakukan pemesanan, kamu bisa mengumpulkan pelanggan dalam satu grup WhatsApp. Di situ siapa pun yang ingin menitip barang bisa menyampaikan nama barang, spesifikasi seperti ukuran, warna, merek, hingga gambarnya. 

3. Usaha Isi Ulang Galon

Di desa sekarang sudah banyak rumah yang memiliki dispenser listrik untuk memudahkan mereka meminum air dingin dan air panas tanpa perlu repot harus memasaknya terlebih dulu. 
Nah, isi ulang galon bisa menjadi usaha yang menjanjikan di desa. Kamu bisa mendapatkan berbagai alat keperluan instalasi untuk usaha depot air minum dengan mudah di desa karena sudah banyak toko yang menjualnya. 

4. Jasa Jual Alat Tulis dan Fotokopi

Meskipun sekarang sudah serba digital, tapi kebutuhan akan alat tulis dan fotokopi dokumen masih sangat diperlukan untuk sekolah anak-anak mengerjakan PR maupun pekerjaan. Di desa sayangnya tidak terlalu banyak tersedia jasa fotokopi. Itulah sebabnya jasa fotokopi sekaligus tempat menyediakan produk alat tulis bisa menjadi usaha yang menjanjikan di desa.  

5. Agen Pengiriman

Terakhir, usaha yang menjanjikan di desa adalah membuka agen pengiriman. Sebab, bukan hanya di daerah kota saja yang permintaan pengiriman cukup tinggi. Di desa juga sama banyaknya.  Alasannya karena peminat kerajinan tangan asli dari desa maupun makanan ciri khas dari kampung tersebut cukup banyak diminati masyarakat kota maupun daerah lainnya. 

Untuk mendukung permintaan tersebut maka diperlukan jasa ekspedisi agar proses  pengiriman berjalan lancar dan meningkatkan kegiatan ekonomi di desa. 

Agar berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya, buatlah agen pengiriman yang memberikan banyak pelayanan seperti harga yang terjangkau, pengiriman kilat, buka 24 jam, bisa melakukan pembayaran menggunakan metode apa saja dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa bersaing dengan jasa pengiriman yang besar. 


Bagaimana, dari 5 pilihan ide usaha di desa di atas, kamu tertarik ingin membuka yang mana? 
Tak perlu khawatir, jika masalahmu adalah modal, sekarang sudah banyak lembaga keuangan yang siap memberikan bantuan dana untuk membuka usaha bagi masyarakat di desa, salah satunya Amartha. Tak hanya modal, tapi kami juga akan memberikan pendampingan berkala. 


Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari meminjam modal usaha bersama Amartha. Bersama kami pengajuan pinjaman modal usaha aman, cepat tanpa potongan admin, mudah, dan terpercaya. Cicilannya juga ringan dengan waktu pengembalian hingga 50 minggu.

1 Response to "Apa Saja Usaha yang Menjanjikan di Desa? Ini Rekomendasinya"

  1. Setuju dengan yang dikatakan penulis. Karena struggle buka usaha di kampung yang notabene tidak banyak yang berani. Jadi usaha di atas bisa dijalani pelan-pelan.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^